Lamanya Proses Pencairan Dana BNI Life Insurance (Alasan Tidak Jelas)

Perkenalkan saya Ruth, saya nasabah BNI Life Insurance dengan nomor polis BMPR91720xxxxx.

Pada tanggal 25 Maret 2019, saya datang ke kantor BNI pusat Mataram (Jalan Langko) dengan tujuan pencairan sebagian dana asuransi jiwa atas nama saya dengan nomor polis di atas. Proses diinformasikan oleh CS akan berlangsung 14 hari kerja. Untuk itu, saya tidak melakukan follow up sampai tanggal tersebut. Tetapi dana saya belum cair sampai pada tanggal tersebut.

Akhirnya saya bertanya ke CS (via WA) dan dijawab berkas baru sampai di pusat pada tanggal 12 April 2019 dan saya diminta untuk menunggu 5 hari kerja. Di sini saya kesal karena:

  1. Tidak adanya info dari CS bahwa saya bisa mengirim sendiri berkas saya secara pribadi lewat jasa ekspedisi ekspress.
  2. Tidak adanya follow up dari CS untuk berkas saya.
  3. Tidak jelasnya mekanisme pencairan UANG SAYA SENDIRI/ MILIK SAYA SENDIRI SEPENUHNYA dari CS.
  4. Saya sedang sangat membutuhkan DANA MILIK SAYA SENDIRI.

Proses terus berlangsung berkepanjangan sampai akhir bulan April. Di mana di sini saya BARU mendapat info dari pusat bahwa berkas saya mengalami pending karena:

  1. SIM saya mati, di mana SIM saya MASIH BERLAKU hingga 2022. Dan yang dibaca oleh CS adalah tanggal TANDA TANGAN (2017). Haruskah saya mengajari CS membaca?
  2. KTP saya mati, di mana KTP saya BERLAKU SEUMUR HIDUP karena E-KTP. Haruskah saya mengajari CS membaca dengan baik dan benar?
  3. CS Lombok dan CS Jakarta saling melempar kesalahan, bahwasanya CS Jakarta menyuruh saya bertanya ke CS Lombok mengapa bisa selama ini. CS Lombok juga mengatakan hal yang sama. YANG SAYA MAU TANYAKAN DI SINI: LALU APAKAH INI KESALAHAN SAYA? ITU MAKSUD KALIAN?
  4. Tanda tangan saya berbeda.

Oleh karena itu, pada tanggal 29 April 2019 SAYA MENGIRIM SEMUA BERKAS SAYA KEMBALI SECARA PRIBADI KE BNI PUSAT: FC KTP, FC SIM, FC BUKU TABUNGAN, FC POLIS, PRINT FORM WITHDRAWAL.

Pada tanggal 30 April 2019, CS Lombok baru menginfokan berkas yang dia kirim diterima pusat pada tanggal 26/16 saya lupa. (Di sini info sangat basi karena saya sudah tahu dari lama bahwa dia mengirim berkas yang sama ke Jakarta). Haruskah saya mengajari CS bahwa kalau ada kesalahan berkas harusnya digantikan? Bukannya malah diam saja (tidak menginfokan apapun ke nasabah) dan mengirim berkas yang sama?

CS di sini sangat TIDAK INFORMATIF. Di mana selama 1 bulan saya menunggu hal yang sangat SIA-SIA sementara saya sangat membutuhkan UANG SAYA SENDIRI. Saya tekankan di sini bahwa uang senilai 50 juta (yang sudah mengalami potongan dan dana mengendap) ADALAH UANG SAYA SENDIRI.

Kenapa saya harus mengemis ke BNI untuk pencairannya dan dipermainkan seperti ini? Saya telpon CS BNI Pusat bahwa berkas harus turun dari mailing room (lantai 8/9) ke bagian yg bertanggung jawab selama beberapa hari. Mengapa sangat tidak masuk akal bahwa membawa berkas untuk turun tangga saja memakan waktu berhari-hari (tidak dihitung hari libur).

Kedua, saya kecewa bahwa BNI sangat tidak kooperatif dan menginfokan bahwa “uang saya tidak akan hilang”. Untuk masalah uang hilang/tidak saya tidak peduli karena memang tanggung jawab dari pihak BNI. Saya di sini sangat kecewa dan memohon kebijakan dari BNI untuk SEGERA MENCAIRKAN UANG SAYA SENDIRI.

Terima kasih.
.
Catatan: sekarang tanggal 6/5 2019 dan Dana/UANG SAYA SENDIRI belum cair

Ruth Christina Wibowo
Mataram, NTB

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian mengenai BNI Life Insurance:
[Total:40    Rata-Rata: 2.8/5]
Tanggapan BNI Life atas Surat Ibu Ruth Christina Wibowo

Menanggapi surat Ibu Ruth Christina Wibowo dengan nomor polis BMPR9172067583 di mediakonsumen.com, pada pada hari Selasa tanggal 7 Mei 2019...
Baca Selengkapnya

8 komentar untuk “Lamanya Proses Pencairan Dana BNI Life Insurance (Alasan Tidak Jelas)

    • 17 Mei 2020 - (18:17 WIB)
      Permalink

      Sudah, terima kasih atas kerjasamanya dari pihak BNI Life dan terima kasih atas bantuan Media Konsumen

  • 28 Juni 2020 - (10:25 WIB)
    Permalink

    Saya mau menanyakan pada bu ruth
    Saya juga nasabah asuransi BNI life Bu, saya sudah 2,5 tahun ikut asuransi BNI life yg perbulan nya di debet 500 ribu jadi sekarang sudah di debet total selama 2,5 tahun 15 juta.
    Pertanyaan saya 1. Berapa besaran denda dan pinalti nya?
    2. Berapa lama cair nya?
    Soal nya saya juga mau batalin asuransi BNI life saya, mohon di jawab
    Firdaus, terima kasih

  • 22 Juli 2020 - (16:07 WIB)
    Permalink

    Saya kaisar saya juga nasabah BNi life
    Saya mau menanyakan kepda bu ruth
    Waktu pas pengambilan
    Itu ibu pas jatuh tempo 5 thn apa di pertengahan jalan di ambilny?
    Dan apakah kena penalty bu
    Terima kasih

  • 21 Agustus 2020 - (18:42 WIB)
    Permalink

    BNI Life ?
    Gampang masuk nya
    bahkan otomatis
    Gampang nabung setor
    Begitu mau cair jatuh tempo
    Susah dan ribet cair nya
    Bank Negara koq kayak begitu?

  • 28 Agustus 2020 - (18:05 WIB)
    Permalink

    Begitupun dengan saya saya dan ibu saya juga nasabah bni life mengajukan oengambilan dana sebenarnya kurang satu tahun tp memang kami mau ambil karena sangat membutuhkan dana tersebut dari bulan maret sampai sekarang ngk selesai selesai pengurusan dibantu sama kakak ipar yg memahmi masalah perbankan. Alasan macem macem katanya pake rek bank lain lah apa lah padahal rek bni saya auto debet yg otomatis setiap bulan dipotong 500 dari awal buka sampai sekarang saldi 0 ya ngk ganti ganti buta kali tuh cs sampai kesel kakak saya menpertanyakan ke bni graha pageran kalau mau cash ini bu 7 juta khan gila kalau mau kluar utuh ya mati dulu katanya khan bangsat pegawai itu nyuruh ibu saya mati dulu

  • 8 September 2020 - (10:22 WIB)
    Permalink

    Saya juga nasabah BNI Life Multi Pro Sekaligus, Tahunan, dan Bulanan.
    Waktu saya tutup yg bulanan saya juga dibilang tanda tangannya lain, setelah lebih 14 hari (kira-kira kurang lebih sebulan) dana yg dijanjikan cair tidak masuk rekening, akhirnya saya mendatangi CS Cabang Padang lagi, baru dijelaskan kalau harus buat Surat pernyataan kalau tanda tangan itu benar tanda tangan saya. yang saya kesal, CS Cabang Padang tidak menghubungi saya kalau ada berkas yang kurang. Padahal dulu waktu dibujuk2 buat join BLPM whatsapp/telfon tiap hari, bahkan wa cepat dibalas. Skrg kasih informasi saja susah.
    Sekarang Nominal awal waktu join BLPM Sekaligus dan tahunan saya berkurang sampai 35%. Bisa saya pahami saya rugi sekitar 15 juta dari awal investasi karna pandemi Covid-19 (skrg 8 September 2020) sudah join sekitar 4 tahun. Saya menyesal ikut BLPM, kalau deposito pasti returnnya berkisar 4.5 hingga 5.5% pertahun, bukannya mengalami rugi yang signifikan. Mungkin kalau saya yang kelola sendiri sahamnya ga akan rugi begitu banyak karna kalau tren saham mulai turun mgkn saya akan cut loss. skrg saya sedih liat kerugian, mau ditutup saat ini sayang, cuma bisa menunggu dunia saham normal kembali. Saya merasa BLPM yang dijanjikan lebih ke investasi skrg hanyalah korban dari pembayaran Premi Asuransi. Kalau begitu bagusnya dr awal saya ikut terpisah asuransi jiwa dan deposito. jadi saya tidak merasa rugi banyak. Nasib dibujuk2 mulut manis marketing BNI.

  • 29 Maret 2021 - (23:04 WIB)
    Permalink

    waduh kog resah semua jadi takut…maju remuk mundur remok…bni life tolng di beresi pelayanan nya

 Apa Komentar Anda mengenai BNI Life Insurance?

Ada 8 komentar sampai saat ini..

Lamanya Proses Pencairan Dana BNI Life Insurance (Alasan Tidak Jelas)…

oleh tjioeruth dibaca dalam: 2 menit
8