Pengalaman Terjebak Hutang yang Meresahkan dari Pinjaman Online

Berawal dari ingin menambah modal usaha tanpa harus membebankan suami, iseng-iseng cari aplikasi pinjaman online dan ketemulah saya dengan aplikasi bunga rendah dan dapat diangsur 2 bulan. Saat itu saya mengajukan Rp1,5 juta dan terima bersih Rp1.350 juta dengan angsuran Rp891 per 2 bulan.

Saat itu mikirnya oh bisa saja nanti dibayarkan dengan mencicil dari uang warung. tapi dengan berjalannya waktu kehidupan ke dpnnya kita tidak pernah tahu ada suatu kendala yang mengharuskan saya untuk menggunakan uang tsb yang seharusnya untuk bayar tagihan di aplikasi, namun dipakai untuk kebutuhan yang lebih mendesak. Dan di situ saya mulai bingung dan angsuran pertama itu mulai jatuh tempo dan saya harus menunggaknya selama 2 minggu dengan bunga harian yang terus berjalan.

Mulailah saya mencari aplikasi lain untuk bisa menutupi apk pertama seakan-akan kecanduan itu terus terulang demi menutup satu per satu tapi yang ada malah gali lubang tutup lubang hingga tidak saya sadari aplikasi pinjaman tersebut hingga 15 aplikasi dengan total Rp20 juta lebih. Dan ada beberapa aplikasi yang mulai melacak no telpon orang terdekat saya, mengambil data, menyebarkan data saya. Dan saya pun mulai resah dan berada dalam ketakutan karena suami mulai mempertanyakan. Sekarang saya hanya bisa pasrah semoga cepat dapat solusinya untuk ini semua. Saya cuma ingin tenang seperti semula.

Dari hal ini saya mendapatkan pelajaran yang teramat sangat berharga kuatkan iman agar tidak terperangkap dalam godaan RIBA yang menyesatkan ini dan lebih mendekatkan diri kepada Allah SWT. Buat teman-teman yang masih hanya 1 atau 2 aplikasi, stop sudah untuk mencari aplikasi lainnya untuk menutupi karena itu tidak membantu dan hanya akan menyeret kalian ke dalam RIBA yang lebih mencekik. Semoga kita semua dipermudah dan dapat solusinya, amin.

Ari Anggriyani
Balikpapan, Kalimantan Timur

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Bagikan pendapat anda!



Bagaimana Reaksi Anda?
  • Suka
  • Senang
  • Sedih
  • Marah
  • Lucu
  • Kecewa
Berikan penilaian mengenai pengalaman ini:
[Penilaian Rata-rata: 2.2]

22 komentar untuk “Pengalaman Terjebak Hutang yang Meresahkan dari Pinjaman Online

  • 6 Juli 2019 - (20:53 WIB)
    Gimana kalau kita buat petisi hapuskan Pinjaman Online dalam bentuk apappun, karna sudah banyak yg ingin bunuh diri karna hal ini, kehilangan suami, keluarga, teman, harga diri, pekerjaan dan semuanya… Sampai detik ini belom ada solusi pasti dr OJk, pihak LBH juga sudah berusaha, tapi ojK belom bergeming, klu lapor polisi, pertanyaannya Polisi bisa apa? Mereka kek ngeburu setan, jadi dijamin tak di proses, klu ada yg bisa bikin petisi di change, coba bikin saja, mudah2an sampai kepada PRESIDEN.. Ini bukan lagi meneror, tetapi benar2 perampasan HAM terparah..
      • 22 Juli 2019 - (09:15 WIB)
        Sma sy juga berpengalaman sprt ini.. Baru 2 hari lalu semua kontak di sms smpai2 membuat sy malu.. Sy skrg sadar sekali terjebak menciba akhirnya membuat malapetaka..
        Pinjaman online yg membuat malapetaka duit plus,baru 1 hari terlambat sdh marak ams ke semua kontak sy
    • 17 Juli 2019 - (19:47 WIB)
      Saya mau tanya , apakah foto2 di galeri bisa disebar? Dan chat di aplikasi seperti line apakah bisa disebar juga oleh mereka?
      • 22 Juli 2019 - (10:14 WIB)
        Saya jg punya hutang di pinjaman online.. bingung bayar nya gmana.. ga sangka bisa pnjm terus sampai uang saya habis.. gimana nih ?? Saya punya 6 aplikasi pinjam online yg belum di bayar.. kira2 total 15jt .. saya bingung bayar nya gmana
        . Mohon arahan nya
        • 22 Juli 2019 - (12:23 WIB)
          Assalamualaikum.. saya juga terjerat pijaman online berjumlah 20 aplikasi. Awalnya berjalan lancar gali lubang ttp lubang.
          Tapi saya mulai lelah.. bukan TDK ada itikad baik.. tapi teror2 itu mengganggu psikis saya.. gak bs konsen dll..
          Sampe saya ganti wa hapus semua kontak. Dan aplikasi pinjaman saya hapus semua..
          Bagaimana cara menghadapinya 😭
          Jujur itukan baik pasti ada. Cm kalo kita gak respon wa bahkan d spam beberapa kali sampe ratusan.
          Belom kontak hp d sadap. Ada solusi tidak 😪😪
    • 19 Juli 2019 - (00:51 WIB)
      Sya juga terjerat aplikasi online baru telat sehari data sudah nyebar semua kontak apa data foto sya juga akan tersebar minta solusinya msukin sya digroup 08956043413**
    • 31 Juli 2019 - (13:41 WIB)
      Betul sekali , saya sangat berharap Bapak Presiden dapat memberikan tindakan tegas bagi para Pinjaman Online yang sangat meresahkan ini , apalagi yang sampe mengumpat dan berkata tidak sopan kepada seluruh nomor kontak yang ada di HP kita,mereka benar-benar sangat sombong dalam berbicara,mereka tidak sadar bahwa dosa mereka lebih besar dari dosa orang-orang yang mereka teror karena mereka makan dari uang riba , saya harap mereka semua menyadari akan hal itu
    • 16 Agustus 2019 - (21:59 WIB)
      Saya juga gitu 11 aplksi smpe ada yang Uda jatuh tempo 10 hari 1,8 jadi 2800 saya bingung harus gimana temen saya ada yang Uda di SMS sama meja nanti solusi dong saya Uda putus asa ni smpe saya Uda ganti nomor sama wa skrng
  • 9 Juli 2019 - (22:24 WIB)
    pengalaman nya sm sperti sy yg saat ini sedang bingung bagaimana cara membayar hutang pinjol yg awal nya sdikit srkang jd banyak kerna bkan 1 pinjol aja tlong masukan sy k group wa untuk sharing tentang pinjol saat ini sy sedang bnr” bingung krena bnyak tagihan yg blm sy bayar kan 😢😢
    • 10 Juli 2019 - (12:49 WIB)
      Aq juga korban pinjol dataq udah disebar dan semua kontak udah ditlp disms kayak kita menggelapkan uang jutaan padahal cuma 350 harus suruh bayar 700 lebih ini namanya lintah darat dilaporkan aja ke presiden agar semua pinjol di tutup
    • 15 Juli 2019 - (19:46 WIB)
      sy juga sedang ada keterlambatan di pinjol easycash.. adakah yg pernah gagal bayar? sy telat 2 mingguan dah hp sy penuh panggilan dc… saat ini sy sedang proses kpr juga yg sy ajukan waktu awal tahun.. telat 2 minggu apakah nama sya sudah masuk di bi cheking ya ?
  • 28 Juli 2019 - (06:41 WIB)
    kalian itu aneh ya..giliran pinjem cepet banget ngga pake di pikir, pas giliran suruh bayar pada ngga mau alasan inilah itulah. solusinya ya di bayar bukan kalian lari dr tanggung jawab. kl pun ada bunga kan udah tau di awal2 pas apply.

 Apa Komentar Anda mengenai pengalaman ini?

Ada 22 komentar sampai saat ini..

Pengalaman Terjebak Hutang yang Meresahkan dari Pinjaman Online

arianggriyani 1 menit
22