Transaksi Dibatalkan oleh Sistem, Tokopedia Menghubungi Pembeli untuk Transfer Manual ke Penjual

Saya sebagai penjual di Tokopedia merasa sangat dirugikan. Kronologinya seperti ini:

Tanggal 2 Agustus 2019 saya menjual tempat minum Spiderman, dan pembeli pun melakukan transaksi via Tokopedia. Untuk mempercepat transaksi, saya mengirimkan terlebih dahulu barang tersebut ke alamat penjual pada pukul 9.18 pagi, baru memposting barang tersebut siang harinya. Setelah barang dikirim, saya pun lalu menginput nomor resi pengirimannya. Hingga saat ini tidak ada kendala (nomor transaksi Tokopedia INV/20190802/XIX/VIII/348790953).

Hingga kemudian muncul notifikasi pada aplikasi Tokopedia saya pada malam harinya sekitar pukul 11 yang mengatakan bahwa nomor resi dianggap tidak valid. Alasannya karena barang sudah dikirimkan terlebih dahulu sebelum barang dijual di Tokopedia. Saya pun diminta mengganti nomor resi ke resi yang valid.

Membaca hal tersebut, saya langsung mengontak customer service Tokopedia via Twitter di @tokopediacare dan menjelaskan alasannya. CS pun menjawab bahwa saya tidak usah khawatir karena saat ini pesanan masih diproses pihak JNE. Saya diminta menunggu hingga 5 Agustus 2019 pukul 22.36 WIB. Jika nanti barang telah diterima, admin akan membantu review dananya untuk diteruskan. Oke, saya jadi tenang mendengar jawaban itu.

Tanggal 5 Agustus 2019 pagi, setelah saya cek barang diterima dengan baik oleh pembeli, saya pun mengontak lagi CS Twitter untuk memberitahu bahwa barang telah sampai. Namun pembeli tidak bisa memberikan review karena status resi yang dianggap tidak valid. Jawaban yang saya terima masih sama seperti sebelumnya. Baik, saya tunggu hingga malam harinya. Namun ketika malam harinya, saya malah kaget karena transaksi malah dibatalkan sepihak oleh sistem.

Saya pun langsung mengontak pihak CS-nya. Namun pihak CS malah meminta saya konfirmasi ke pihak pembeli. Lho buat apa? Yang membuat saya kaget, pembeli memberitahu saya bahwa ia diminta melakukan transfer manual pembayaran transaksi kepada saya. Tentu saja saya kaget. Kenapa malah pihak Tokopedia meminta pembeli melakukan transfer manual? Lalu apa status Tokopedia sebagai toko jual beli online? Tidak hanya sekali, pembeli memberitahu bahwa ia dihubungi beberapa kali oleh Tokopedia dan disuruh untuk melakukan transfer manual ini.

Saya sudah memberitahu pihak pembeli untuk tidak usah menghiraukan telepon/chat dari pihak Tokopedia ini, dan jangan mau melakukan transfer manual. Tapi karena sepertinya pembeli sudah sangat kesal, ia pun akhirnya mentransfer pembayaran ke rekening saya. Di sini saya merasakan kekecewaan yang sangat mendalam darinya.

Pembeli yang tadinya ingin membeli barang lagi di toko saya merasa kecewa dan membatalkan keinginan itu. Toko saya pun juga dirugikan karena dianggap memberikan pelayanan yang buruk dan kehilangan pelanggan. Lalu apa tanggung jawab anda Tokopedia? Saya dan pembeli merasa sangat dirugikan. Tolong jangan lagi meneror pihak pembeli. Biarkan saya yang mengurus permasalahan ini dengan Anda.

Saya menuntut pihak Tokopedia memberikan kompensasi atas hal ini, sekaligus permintaan maaf kepada saya dan juga pembeli. Nama baik saya sebagai seller yang sudah susah payah dibangun malah dihancurkan oleh anda dengan cara seperti ini.

Hary Gimulya
Bandung, Jawa Barat

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Bagikan pendapat anda!



Bagaimana Reaksi Anda?
  • Suka
  • Senang
  • Sedih
  • Marah
  • Lucu
  • Kecewa
Berikan penilaian mengenai Tokopedia:
[Penilaian Rata-rata: 3]

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan
Loading...
Tentang Penulis
Hary Gimulya  

Just ordinary people

 Apa Komentar Anda mengenai Tokopedia?

Belum ada komentar.. Jadilah yang pertama!

Transaksi Dibatalkan oleh Sistem, Tokopedia Menghubungi Pembeli untuk …

Hary Gimulya 2 menit
0