Sistem Tokopedia Merugikan Pembeli

Saya transaksi di Tokopedia. Beli barang dari toko Berkat Makmur Gems, dikirim via kurir Wahana. Nomor invoice INV/20190813/XIX/VIII/353986228 dan resi Wahana ATE89696. Barang tidak pernah sampai ke alamat penerima dengan alasan penerima sudah pindah. Saya konfirmasi ke penerima, ternyata tidak pernah ditelepon oleh Wahana. Kesimpulannya Wahana berbohong!

Sekarang barang dikembalikan ke agen awal. Proses dilanjutkan retur dan refund. Penjual Berkat Makmur Gems juga kurang ajar, dari 4 hari lalu diminta masukkan alamat tapi tidak memiliki niat baik untuk retur dan refund. Penjual dengan sengaja tidak input alamat sehingga menghambat proses refund dana pembeli. Kesimpulannya Toko Berkat Makmur Gems tidak recommended.

Sebagai pembeli saya butuh dana refund saya segera, tapi sistem Tokopedia menyuruh saya untuk bersabar sampai penjual memasukkan alamat untuk proses retur. Dan sampai sekarang penjual tidak mempunyai niat baik untuk memasukkan alamat. Sudah 1 minggu lebih, barang tidak diterima, dana tidak balik.

Kesimpulan: SOP dan sistem Tokopedia sangat bodoh! Seharusnya menegur penjual dengan keras atau suspend account Berkat Makmur Gems. Tokopedia mengorbankan pembeli! Komplain ke mereka cuma dijawab sedang dicek sedang dicek oleh CS- CS yang gak ngerti masalah, cuma ngerti mandatory.

Elro Joseph
Jakarta Utara

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Bagikan pendapat anda!



Bagaimana Reaksi Anda?
  • Suka
  • Senang
  • Sedih
  • Marah
  • Lucu
  • Kecewa
Berikan penilaian mengenai Tokopedia:
[Penilaian Rata-rata: 1.9]

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan

Satu komentar untuk “Sistem Tokopedia Merugikan Pembeli

 Apa Komentar Anda mengenai Tokopedia?

Ada 1 komentar sampai saat ini..

Sistem Tokopedia Merugikan Pembeli

elro joseph 1 menit
1