Refund JD.ID 20 Hari Tanpa Kepastian

Tanggal 16 Agustus 2019 saya melakukan pembayaran PLN melalui JD.ID dengan nomor pesanan 273327845, metode pembayaran Kartu Debit Digibank, karena ada promo diskon. Ternyata dinyatakan transaksi gagal dan uang akan direfund. Saya menghubungi live chat JD.ID, dikatakan uang akan otomatis direfund ke kartu debit/rekening saya.

Status transaksi tiba-tiba sudah berubah jadi “Pembayaran Gagal, Berhasil Refund” tapi sampai sekarang tanggal 5 September 2019 uang refund belum masuk ke rekening/kartu debit Digibank saya! Padahal sebelumnya, saya mengalami kasus yang sama, transaksi 272439944 tanggal 8 Agustus 2019 gagal, tanggal 20 dana sudah direfund ke rekening/kartu debit Permata saya. Jadi kasus refund yang kedua ini jelas sangat tidak wajar!

Dan yang sangat menjengkelkan, saya sudah berulang kali menghubungi live chat JD.ID tapi semua informasinya simpang siur!! Dana refund sudah dikembalikan ke rekening saya atau belum, mereka tidak tahu pasti! Konsumen cuma disuruh menunggu tanpa kejelasan! Bahkan lebih parah lagi, CSO JD.ID bernama Dwi meminta bukti mutasi rekening Digibank saya dari tanggal 19 Agustus 2019 sampai dengan 5 September 2019 supaya bisa dicek/diproses lebih lanjut! Apakah CSO/JD.ID waras????

Dari semua toko online yang beroperasi di Indonesia, proses refund JD.ID yang teramat sangat lama sekali dan paling berbelit-belit!! Mau berapa lama lagi JD.ID mempersulit refund konsumen??

Djuwanda
Surabaya, Jawa Timur

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian mengenai JD.ID:
[Total:4    Rata-Rata: 1.3/5]
Tanggapan JD.ID atas Surat Pembaca Bapak Djuwanda

Menanggapi surat keluhan yang ditujukan kepada kami oleh Bapak Djuwanda pada hari Jumat, 6 September 2019 lalu di kolom halaman...
Baca Selengkapnya

Loading...

5 komentar untuk “Refund JD.ID 20 Hari Tanpa Kepastian

  • 6 September 2019 - (16:15 WIB)
    Permalink

    Kalau konsumen bilang belum terima duit masuk, kita disuruh membuktikan dengan membocorkan catatan mutasi kita.
    Lah kalau mereka mengklaim bahwa mereka sudah kirim duitnya, terus cara pembuktiannya bagaimana?
    Memang satu2nya cara yang bisa dilakukan di dunia yang edan & penuh ketidak-adilan ini hanya melalui media semacam MK ataupun medsos. Begitu masuk kategori “viral” barulah perusahaan ybs kebakaran jenggot & mau melakukan tanggung jawabnya.

    Mengherankan, kenapa mesti seperti ini? Kenapa tidak bisa menjalin komunikasi yang baik secara timbal balik antara perusahaan dengan konsumen? Toh kita kan saling membutuhkan.
    Kenapa selalu berasumsi bahwa (1) sistem kami sudah sangat foolproof sehingga pasti benar sehingga (2) kalau ada keluhan, pasti ini si konsumen yang cari2 & berusaha ambil kesempatan berbuat curang? Kenapa?

    Btw, saya sih sangat jarang bertransaksi di jd.id.
    & kelihatannya keputusan saya sudah tepat untuk menghindari jd.id.

    Ya beginilah konsekuensinya buat perusahaan yang tidak mengedepankan pelayanan kepada konsumen, akhirnya mendapatkan promo negatif secara gratis. PUAS?

  • 17 Oktober 2019 - (10:27 WIB)
    Permalink

    Sama kasusnya dengan saya :((

    Saya pesan tanggal 06 Agustus 2019 – senilai Rp 1.859.000 lewat debit online BRI Mastercard.
    Saya melakukan pembatalan pemesanan dengan mengajukan refund karena kesalahan alamat.

    Karena pengajuan pengembalian dana akan masuk 7-14 hari kerja, tapi sampai tanggal 27 Agustus yang mana jauh lebih dari 14 hari kerja , dana tidak masuk juga, tentunya saya komplain via live chat dibuktikan dengan upload mutasi rekening kemudian di follow up dengan mengirimkan data rekening dll via e-mail dan dijanjikan kirim ulang sejak 28 Agustus 2019 oleh CS, di suruh menunggu 1-3 hari kerja

    Dan tau apa yang terjadi ?
    Setelah 4 hari kerja, pada tanggal 3 September 2019 belum masuk juga
    Saya komplain lagi via live chat, ganti CS lagi berulang pertanyaan sama menjelaskan sampai capek… kenapa tidak masuk juga….

    Dan ternyata yang cs sebelumnya infokan salah, harusnya Menunggu sampai 7-14 hari kerja. Kemudian Saya tunggu lagi 7-14 hari kerja dari tanggal 28 Agustus 2019
    Dan sampai sekarang , tanggal 17 Oktober 2019
    yang sudah lebih dari 14 hari kerja yang dijanjikan.
    Bisa dibayangkan dari 6 Agutsus 2019 sampai hari ini belum juga masuk!
    Menurut CS JD.ID yang saya hubungi, diinformasikan bahwa pengembalian dana sudah berhasil dilakukan pada tanggal Padahal dana tersebut belum diterima dan sudah dibuktikan dengan menunjukkan rekening koran.
    Yang lebih mengecewakan saya adalah pihak JD.ID tidak bersedia tracking dana yang ditransfer dan meminta saya untuk tracking dana yang dikirimkan oleh JD.ID.

    • 19 Oktober 2019 - (17:55 WIB)
      Permalink

      sistem & prosedur customer service Jd.id emang parah, setelah orang marah2 & menulis surat pembaca di media publik baru komplain diperhatikan, bahkan sampai dipantau berkala via telpon & email hingga dana refund kembali ke rekening saya.
      kita sebagai konsumen semua yakin Jd.id pasti bertanggung jawab, cuma sistem dan prosedur CS Jd.id memang harus diperbaiki.

      semoga refund bapak Fino dapat segera diselesaikan dengan baik.

      terima kasih Media Konsumen.

      • 29 Oktober 2019 - (08:08 WIB)
        Permalink

        Terima kasih bp. Djuwanda,
        Per hari kemarin, 28 Oktober 2019 dana saya sudah masuk. Dan saya rasa memang perlu peningkatan adalah kualitas pelayanan CS JD.ID karena seringnya dilempar sana-sini.
        – Case closed –

        • 26 November 2019 - (13:18 WIB)
          Permalink

          Saya juga mengalami kasus yang sama tapi bukan di jd.id tapi di @bukalapak transaksi pakai debit online BRI memang sih refundnya baru tanggal 23 nov kemaren apakah saya juga akan menunggu berbulan bulan juga baru masuk dananya ke rekening .

 Apa Komentar Anda mengenai JD.ID?

Ada 5 komentar sampai saat ini..

Refund JD.ID 20 Hari Tanpa Kepastian

oleh Djuwanda dibaca dalam: 1 min
5