Menunggu 2 Bulan Lebih, IndiHome Belum Juga Terpasang

Ya, sudah 2 bulan lebih IndiHome di tempat kami belum terpasang. Kami berharap dengan tulisan ini apa yang kami keluhkan dan kami harapkan ada solusi yang jitu, aamiin. Tanggal 7 Oktober 2019, kami mendaftarkan untuk pemasangan IndiHome melalui marketing. Data sudah kami sampaikan, kemudian pula sudah disurvei lokasi kami. Sudah di konfirmasi dari pihak IndiHome melalui telepon bahwa tempat kami akan dipasang IndiHome . Beberapa hari kemudian datang petugas akan memasang tiang telepon. Namun ternyata gak jadi dipasang, kata petugas ODP-nya penuh.

Kemudian kami konfirmasi ke petugas marketing, katanya di sekitar kami harus ada yang daftar IndiHome 5 orang atau 10 agar cepat dipasang. Kemudian kami coba menanyakan ke tetangga apakah ada yang akan pasang IndiHome. Ketemu 1 orang yang akan pasang IndiHome. Kami sampaikan ke tenaga marketing, jawaban masih sama, masih kurang untuk pemasangan di tempat kami. Kami harus cari lagi kalau ingin pasang lebih cepat. OK, ketemu, hanya yang ini lokasi berseberangan, sehingga tidak sejalur dengan lokasi kami.

Hari berganti hari karena tidak kunjung dipasang, sudah sudah 1 bulan kami menunggu. Tanggal 7 November 2019, kami ke kantor Telkom Wates, Kulonprogo, untuk mengecek progres pemasangan IndiHome di tempat kami dan sekalian kami sampaikan kalau tetangga ada yang akan pasang IndiHome. Jawabannya, menunggu konfirmasi dari pusat. Kemudian siang harinya ada petugas untuk survei lokasi. Jawabannya kalau sudah ada perintah pasang ya di pasang. OK, kami sedikit senang karena sudah ada secercah harapan IndiHome di tempat kami dipasang.

Namun sampai akhir bulan November pun belum terpasang. Karena belum ada tindak lanjut, kami coba hubungi petugas lapangan. Jawaban masih sama, kalau sudah ada perintah pasang ya di pasang. 1 Desember 2019 kami instal aplikasi myIndiHome, dan kami daftarkan kembali untuk pemasangan IndiHome di 2 Desember 2019. Pendaftaran sukses dan muncul order pemasangan #MYIR-10104948590005.

Di aplikasi muncul pembayaran ke virtual acount IndiHome. Kami konfirmasi via telepon ke pihak IndiHome, apa benar virtual account tersebut. Katanya benar dan kami diharapkan segera menyelesaikan pembayarannya sehingga proses pemasangan segera terealisasi. Dan tanggal 2 Desember 2019, kami selesaikan deposit ke virtual account. Saat telepon ternyata data kami, yang kami masukkan 7 Oktober 2019 di-cancel. Padahal kami tidak pernah meng-cancel untuk pemasangan IndiHome-nya.

Tanggal 3 Desember 2019 kami ditelepon dari pihak IndiHome, konfirmasi bahwa deposit kami sudah masuk dan konfirmasi mengenai paket IndiHome yang kami pasang serta disampaikan akan membantu follow up ke petugas lapangan.

Tanggal 3 Desember 2019, di WA oleh petugas, agar kami share location untuk pemasangan IndiHome. Karena kebetulan saya sedang di jalan, kami terlambat share location dan dijawab petugas bahwa sudah narik/pasang di lokasi yang lain.

Tanggal 4 Desember 2019 ditelepon sama CS, hari ini akan ada petugas lagi yang datang. Dan benar, kami di-WA petugas untuk share location untuk pemasangan IndiHome-nya. Ketemu petugas dan disampaikan kalau dari ODP terdekat membutuhkan tiang karena lokasi kami di belakang rumah tetangga. Kami diminta menunggu untuk pemasangan tiang tersebut dan kami sampaikan bahwa tetangga juga akan pasang IndiHome, sehingga bukan kami saja yang akan pasang. OK, kami menunggu lagi.

Tanggal 7 Desember 2019 di-WA oleh petugas, untuk share location karena akan pasang IndiHome. Petugas tidak jadi ke rumah hanya via WA menanyakan apa sudah di pasang tiang. Kami sampaikan belum terpasang. Dan kami pun menunggu lagi.

Tanggal 9 Desember 2019 kami ditelepon oleh pihak share location, menanyakan bagaimana apa IndiHomenya sudah terpasang? Kami sampaikan kalau petugas untuk cek lokasi sudah ada namun pemasangan belum. Kami diminta menunggu sambil akan dibantu follow up kembali ke petugas lapangan.

SDan sampai saya menulis ini pun, belum ada konfirmasi via telepon atau petugas yang datang ke rumah untuk survei ataupun pemasangan IndiHome. Sambil kami menunggu, kami terus ngobrol sama tetangga yang akan pasang IndiHome juga dan kami juga menanyakan apa tetangga tersebut sudah di survei ataupun ditelepon dari pihak IndiHomedan dijawab belum. Tanggal 10 Desember 2019, tetangga saya berhasil telepon CS dan menanyakan progres IndiHome. Dia kaget karena data yang sudah disampaikan untuk pendaftaran IndiHome tanggal 8 November 2019 ternyata belum masuk. Padahal kami serahkan langsung ke kantor Telkom Wates, Kulonprogo.

D akhir tulisan ini, kami ingin menanyakan:

1. Apa benar untuk pemasangan di tempat kami untuk lebih cepat, kami harus mengajak 5 orang atau 10 orang supaya lebih cepat?

2. Apa memang prosesnya lama seperti ini? Sedangkan setelah kami selesaikan deposit melalui aplikasi myIndiHome kami ditelepon oleh pihak IndiHome, katanya proses pemasangan 3 sampai 7 hari setelah kami selesaikan deposit. Sementara ini lebih dari 7 hari.

3. Dari tetangga saya yang akan pasang, yang datanya belum masuk, padahal sudah diserahkan ke Telkom tanggal 8 November 2019. Akhirnya diserahkan lagi/ulang 12 Desember 2019. Tetangga saya ke Telkom Wates Kulonprogo, dan disampaikan dari petugasnya kalau hanya 2 rumah yang pasang, petugas lapangan tidak mau tarik kabelnya, minimal 4 rumah. Apa benar demikian?

Demikian yang ingin kami sampaikan, mohon maaf kalau ada salah dalam penyampaian kami, dan harapan kami pemasangan IndiHome di tempat kami segera terealisasikan.

Terima kasih.

Misbahul Munir a.n. Sarwan
Temon, D I Yogyakarta

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian mengenai Telkom IndiHome:
[Total:43    Rata-Rata: 1.5/5]
Tanggapan PT Telkom atas surat Bapak Misbahul Munir

Dengan hormat, Sehubungan dengan surat Bapak Misbahul Munir di mediakonsumen.com pada tanggal 15 Desember 2019 perihal pengajuan pasang indihome berjudul...
Baca Selengkapnya

Loading...

8 komentar untuk “Menunggu 2 Bulan Lebih, IndiHome Belum Juga Terpasang

  • 15 Desember 2019 - (18:23 WIB)
    Permalink

    Saya juga mau berbagi atas kinerja indihome di daerah saya , cerita ini hampir mirip dengan yang saya alami ,tepatnya saya pernah mendaftar di plasa telkom pada bulan september lalu tetapi waktu petugas datang dia memeriksa bahwa odp saya full juga , akhirnya saya dimasukin ke waiting list tiap bulan nya saya melakukan komplen ke cs indihome di plasa telkom nya , hasilnya?? Tetap zonk. Mencoba dari aplikasi untuk mendaftar kemudian salah satu petugas menghubungi saya melalui whatsapp , dia bertanya :apakah sudah pernah dilakukan survei di lokasi anda ? Saya jawab iya dan kemudian dia bertanya lagi apa balasan dari petugas berikut. Saya jawab : full bang. Saya menyesal karena mengatakan full, sebab itu juga petugas tersebut tidak pernah datang. Sampai akhirnya saya ditemukan dengan kenalan petugas indihome dan mulai negosiasi dalam hal pemasangan dengan mengeluarkan beberapa uang , saya pun akhirnya dapat dipasangkan indihome dengan cara menarik kabel dari odp yang agak jauh dari rumah saya. Kalo hanya menunggu dan menunggu sampai lebaran monyet juga kaga datang lagi ni petugas.

  • 15 Desember 2019 - (18:49 WIB)
    Permalink

    Kalau baca2 SP tentang provider yang 1 ini belakangan ini, IMO kok lebih simpatik ISP2 yang lain2nya, yang terang2an kalau belum terjangkau ya langsung ngomong kalau tidak/belum bisa.
    Ketimbang yang ini, ngomong bisa (asal2an saja tanpa ngecek dulu kondisi real/aktual) sampai masuk “waiting list” segala. Daripada masuk “waiting list” mending bilang aja kira2 kapan proyeksi bakal *sungguh2 bisa,* entar biar calon konsumen yang daftar lagi *ketika sudah sungguh2 bisa* tersebut (itu juga kalo gak keburu sudah diterima jadi konsumen ISP lain…).
    Demikian juga app-nya, malah lebih *hebat* lagi, langsung nyuruh ngasih deposit, sementara akhirnya sama aja cuma sekedar masuk “waiting list.” Yang ini malah sudah keluar duit duluan.
    PADAHAL dari komen di atas membuktikan bahwa sebetulnya bisa2 aja dipasang asal lewat jalur belakang LOL.
    Yang bener aja mah, kalau lewat jalur belakang bisa terlaksana, kenapa kok kalau lewat jalur normal/biasa/resmi dibilang tidak bisa? Itu beneran tidak bisa, atau sesungguhnya “minta secara halus”?

  • 15 Desember 2019 - (19:09 WIB)
    Permalink

    mau share sedikit, semoga membantu 🙂
    iitu kadang ada permainan orang lapangan kak, sama yg sy alami, daftar indihome, setelah survey kata2ny, ODP penuh, terus selang 2 hari sy tlp teknisi yg kemaren survei, sy bilang gpp sy nambah asal indihome bisa terpasang, dan besoknya dipasang dengan tarif 500rb, banyak yg bilang ODP penuh ODP penuh, coba aja agan kalo masih punya nmr tlp teknisi yg survei itu, coba bilang aja mau nambah, kalo bnr bisa di pasang, agan tau kan artinya … UUD (ujung ujungjya DUIT)
    :)) karna kalo dr kantornya, pemasangan indihome itu gratis, jadi coba aja, sapa tau mau tu kl dikasih lebih 🙂
    ATAU kalo agan tinggal di Jabodetabek, masih bnyak kok internet kabel lainnya, sy sekarang udah beralih ke firstmedia, harganya jauh beda sama indihome, atau mau yg mahal ada biznet, jgn terpaku sama indihome aja …
    semoga membantu,

  • 15 Desember 2019 - (20:12 WIB)
    Permalink

    Wuih belum jadi pelanggan aja udah disuruh jadi sales gratisan. ? Kalo nanti ada tetangganya yg daftar IndiHome, jangan lupa minta komisinya pak. ?

  • 16 Desember 2019 - (10:14 WIB)
    Permalink

    pada tanggal 28 september 2018 kami membayar cash sebuah rumah di SunVillage yang saat itu stelah 2-3 dipindahkan blok oleh pihak developer, kami tidak keberatan karena Sdr Tono (saat itu mengaku sebagai salah satu management) mengatakan bahwa April 2019 kami sudah bisa mendpatkan hak kami. Bodohnya kami memamg karena ketidaktahuan kami sampai hari jnj saya menulis artikel ini kami hanya memiliki SPR dan tanda lunas saja dari pihak JayaTerra. Sampai akhirnya kecurigaan kami stelah komunikasi via whatsapp dgn Sdr Tono di tgl 26 nov 2019 yg terkesan “melepaskan tanggung jawab” dan FAKTA nya sampai hari ini jangankan berbentuk rumah, urukan dan posisi rumah kami saja belum terlihat. tgl 30 november kami pun datang ke kantor dan tidak berhasil menemui Sdr Agus Nasroni yang katanya pimpinan pt jayaterra, kami ketemu dgn Sdr Supriyadi, bagian marketingnya yg baru bekerja di pt jayaterra belum sampai 2 bulan saat saya menulikan ini. tgl 4 desember 2019 tanpa mau mendengarkan keluhan kami yang FAKTANYA : KAMI SUDAH BAYAR LUNAS RUMAH KAMI YG KATANYA DI BLOK H3, TAPI KARENA SAMPAI SAAT INI PIHAK PT JAYATERRA SELALU INGKAR, INGKAR DAN INGKAR JANJI DIDLAM PEMBNGUNAN RUMAH KAMI, APA SALAH JIKA KAMI MEMINTA UANG KAMI KEMBALI? di tgl 4 des ituu kami diberikan surat pernytaan bersedia untuk DIPOTONG 10% dengan dalil berdasarkan aturan katanya. tgl 10 des saya datang lagi berharap bisa ketemu dgn Sdr AGUS NASRONI, lagi2 .. NIHIL. Saya sampaikan saat itu ke Sdr Supriyadi dan Sdr Fenni bahwa KMEBALIKAN UANG KAMI atau BERIKAN RUMAH KAMI SEBELUM 25 DESEMBER 2019. Srd supriyadi mengatakan bahwa Sdr Agus Nasroni katanya bisa ditemui tgl 11 des jam 14 namun karena kami ada kepentingan mendesak maka kami tidak bisa datang di tgl 11 des itu. Hari ini kami whatsapp Sdr Supriyadi berharap bisa dibantu untuk pertemukan kami dengan sdr Agus Nasroni ini. Kami hanya minta UANG KAMI DIKEMBALIKAN FULL TANPA POTONGAN KARENA FAKTANYA BANYAK ATURAN YG DILANGGAR DR PIHAK JAYATERRA KEPADA KAMI TERKAIT JUAL BELI RUMAH SECARA CASH MELALUI DEVELOPER INI, KAMI TIDAK PWRNAH DIBERIKAN PPJB, APALAGI DIOERTEMUKAN DGN NOTARIS UNTUK TANDA TANGAN ADMINISTRASI APAPUN SESUAI HAK KAMI SEBAGAI PEMBELI.
    KAMI MOHON KEMBALIKAN UANG KAMI, SEMUA BUKTI BISA SAYA LAMPIRKAN.

    HARDIANTO D
    SUNVILLGE BLOK H3

    • 5 Januari 2020 - (05:12 WIB)
      Permalink

      Indihome ..tolong tingkatkan pelayananmu. Perusahaan telkom milik negara bukan? Mengapa seburuk itu pelayanannya.. membaca nya saja ngenes. Sangat jauh dari kata “melayani dengan baik.” Sangat jauh dari kata “profesional” dan itu adalah perusahaan Telkom Indonesia bukan?

  • 17 Desember 2019 - (08:29 WIB)
    Permalink

    Saya malah di minati uang lebih dari 10jt untuk pembuatan ODP di depan rumah saya karena lokasi ODP yang ada agak jauh dari tempat saya jadi disarankan untuk di buatkan ODP di depan rumah tapi harus bayar lebih dari 10jt padahal akan pasangan paket 100Mbps tambah pajak dan 10jtaannya, gak sekalian suruh buat tower?

  • 15 Januari 2020 - (09:42 WIB)
    Permalink

    terima kasih telkom, alhamdulillah, per tanggal 15 desember 2019, indihome sudah terpasang di rumah, terima kasih media konsumen, terima kasih telkom, 147, indihome dan semua pihak

    namun kuk baru di balas tanggal 14 januari 2020 ya, apa tidak ada laporan ke atas, kalau sudah dipasang

    pokok nya alhamdulillah, dan sebelah rumah juga alhamdulillah sudah terpasang

 Apa Komentar Anda mengenai Telkom IndiHome?

Ada 8 komentar sampai saat ini..

Menunggu 2 Bulan Lebih, IndiHome Belum Juga Terpasang

oleh Misbahul Munir dibaca dalam: 3 min
8