Customer Service Kurir SiCepat Sangat Tidak Profesional dalam Menangani Komplain Masalah

Saya sebagai salah satu pelapak di Bukalapak. Pada hari Selasa (3/12) malam menerima orderan dari pembeli dengan menggunakan jasa kurir SICEPAT.

Esoknya senin (4/12) , saya mendatangi salah satu gerai SICEPAT cabang Cengkareng, untuk drop barang orderan tersebut. Setelah di-input resinya yang berupa kode booking resi otomatis, dimana semua detail penerima dan alamat langsung tercantum di database SICEPAT dengan hanya memasukkan kode booking resi yang sudah saya terima. Saya menerima bukti resi pengiriman dan tidak sempat memeriksa kembali bukti resi tersebut.

Yang baru saya sadari di hari keesokannya Kamis (5/12), bahwa telah terjadi kesalahan input nomor kode booking resi dari salah satu karyawan di gerai SICEPAT tersebut, dimana yang seharusnya resi 000363330341 (benar) di-input 000363330361 (salah). Dengan kesalahan tersebut otomatis semua detail nama dan alamat berbeda dari yang seharusnya ke daerah Surabaya, menjadi ke daerah Tegal dengan nama penerima yang salah pula.

Saya langsung menghubungi customer service pusat SICEPAT, di pembicaraan dengan customer service, saya disuruh untuk ke gerai tempat saya drop barang dahulu, untuk konfirmasi kesalahan ini ke gerai tersebut untuk ditindaklanjuti.

Siangnya saya langsung ke gerai tersebut untuk mengonfirmasi telah terjadi kesalahan input kode booking resi. Dan saya menerima laporan dari salah satu karyawan di gerai tersebut, bahwa kesalahan tersebut sudah di-follow up ke pusat.

Hari Jumat (6/12), saya mencoba telepon kembali customer service pusat SICEPAT, untuk menanyakan bagaimana status laporan kesalahan input kode booking resi tersebut. Saya terkejut mendengar pernyataan dari salah satu customer service bahwa dinyatakan “di sistem kami, BELUM ADA laporan untuk koreksi kesalahan input resi tersebut”. Yang artinya saya telah dibohongi oleh salah satu karyawan di gerai SICEPAT cabang Cengkareng, bahwa kesalahan ini sudah di-follow up.

Akhirnya lewat telepon dengan customer service tersebut saya minta untuk bisa mem-follow up dan membuat laporan secepatnya atas kesalahan ini. Di akhir pembicaraan, customer service pusat SICEPAT tersebut mengatakan telah membuat laporan dan akan secepatnya menindaklanjuti masalah ini ke pihak terkait.

Hari Senin (9/12), saya mencoba telepon kembali ke customer service pusat SICEPAT, untuk menanyakan status laporan kembali. Saya kembali terkejut, mendapatkan pernyataan dari salah satu customer service bahwa “Di sistem kami, BELUM ADA laporan untuk kesalahan input resi tersebut!!”. Saya marah sekali, kenapa dimana tiap kali saya tanyakan status laporan, selalu dibilang “BELUM ADA LAPORAN dari saya”?

Sungguh TIDAK PROFESSIONAL dan BURUK sekali cara kerja customer service/sistem pelaporan, komplainan dari SICEPAT ini. Saya hanya dijanjikan akan di-follow up secepatnya dari telepon terakhir tersebut, dan sampai hari ini belum ada sama sekali mendapatkan kabar dari pihak SICEPAT, bagaimana status barang tersebut.

Sudah 2 minggu belum ada kejelasan barang saya, hanya dijanjikan dijanjikan ditangani secepatnya tanpa kejelasan yang pasti.

Dony Herman
Jakarta Utara

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian mengenai SiCepat:
[Total:3    Rata-Rata: 1.7/5]

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan
Loading...

2 komentar untuk “Customer Service Kurir SiCepat Sangat Tidak Profesional dalam Menangani Komplain Masalah

  • 20 Desember 2019 - (21:32 WIB)
    Permalink

    Makanya kalau label pengiriman itu harus diprint, bukan ditulis tangan. Kesalahan input sering terjadi karena pelapak hanya menulis tangan kode booking, tanpa menghiraukan kesalahan baca angka. Sedangkan kalau diprint, petugas tinggal scan barcode, jadi tidak mungkin salah

    • 21 Desember 2019 - (13:16 WIB)
      Permalink

      Baca dan komen lah dengan CERMAT dan SMART apa yang saya keluhkan.. saya tidak menyalahkan peng input resi.

 Apa Komentar Anda mengenai SiCepat?

Ada 2 komentar sampai saat ini..

Customer Service Kurir SiCepat Sangat Tidak Profesional dalam Menangan…

oleh Don Djuli dibaca dalam: 2 min
2