Bank Mandiri Saldo Berkurang tapi Uang Tunai Tidak Keluar dari ATM, dan Kasus Ditolak Call Center

Menindaklanjuti kasus dengan nomor C200428991030583241 tertanggal 28 April 2020, istri saya melakukan penarikan uang tunai di salah satu mesin ATM Bank Mandiri di Kota Batam, Namun setelah melakukan proses penarikan, uang tunai tidak kunjung keluar dari mesin. Setelah kartu ditarik dari mesin, sempat menunggu beberapa lama sampai akhirnya memutuskan untuk meninggalkan mesin ATM. Kami berasumsi mesin kehabisan uang.

Anomali terjadi, ketika kami mencoba melakukan penarikan di mesin yang lain (masih sama Bank Mandiri di area yang sama), muncul pesan saldo tidak mencukupi. Karena setelah diusut, memang penarikan melebihi batas saldo di rekening istri saya atau saldo sudah berkurang pada saat pernarikan sebelumnya. Pada saat itu juga, kami berinisiatif menelepon Mandiri Call di 14000. Seperti biasa jawaban yang kami dapat adalah menunggu sesuai SLA yakni 8 hari kerja.

8 hari kerja pun berlalu, setiap hari kami melakukan pengecekan apakah uang sudah kembali ke rekening kami atau belum. Karena sebenarnya kasus seperti ini bukan pertama kali menimpa saya dan istri, yang membedakan adalah di kasus sebelumnya hanya beberapa hari uang sudah diterima kembali di rekening kami. Nah, di kasus sekarang setelah 8 hari, dana tidak kunjung kembali.

Akhirnya hari ini tepat 8 hari kerja tanggal 12 Mei 2020, kami mencoba mengkonfirmasi kasus dengan nomor diatas untuk mengetahui bagaimana tindak lanjutnya. Jawaban yg kami terima sangat mengecewakan, call center memberi tahu kami jika kasus kami ditolak, alias uang kami “dicuri” hilang entah kemana. Kami pun bingung apa yang salah.

Kami sudah menunggu di mesin ATM dengan waktu yang tidak normal, karna uang tidak kunjung keluar. Kami disarankan untuk banding melakukan pengaduan ke cabang terdekat. Tidak mudah di situasi wabah seperti saat ini untuk melakukan aktivitas diluar seperti melakukan pengaduan ke Bank Cabang terdekat. Karena setelah kami coba mengunjungi cabang terdekat dengan rumah kami, kantor cabang tersebut tutup selama wabah ini dan dialihkan ke bank lain yang jaraknya cukup jauh dari rumah kami.

Sekian keluhan saya dan istri saya sebagai nasabah bank yang ada dalam naungan negara sebenarnya, namun untuk pelayanan yang sifatnya cukup dasar mengenai teknis di ATM yg masih sangat kurang. Juga setelah saya selidiki kasus ini  di Twitter resmi pelayanan Bank Mandiri @mandiricare, ternyata banyak nasabah yang mengalami hal yang sama. Mohon menjadi perhatian kepada pihak Bank Mandiri, untuk setidaknya memenuhi standar pelayanan dasar sebagai bank untuk kedepannya bisa lebih baik dan kejadian sama tidak terulang terus menerus.

Taufik Hidayat
Cimahi – Jawa Barat

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian mengenai Bank Mandiri:
[Total:16    Rata-Rata: 2.1/5]

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan
Loading...

Satu komentar untuk “Bank Mandiri Saldo Berkurang tapi Uang Tunai Tidak Keluar dari ATM, dan Kasus Ditolak Call Center

 Apa Komentar Anda mengenai Bank Mandiri?

Ada 1 komentar sampai saat ini..

Bank Mandiri Saldo Berkurang tapi Uang Tunai Tidak Keluar dari ATM, da…

oleh Taufik Hidayat dibaca dalam: 2 min
1