ODP Tidak Penuh, tapi Telkom Pusat Membatalkan Pemasangan Paket Indihome Learning From Home

Yth Kepala PT. Telkom atau Kepala Indihome

Assalamualaikum wr.wb

Mohon maaf apabila dalam surat ini ada kata-kata yang kurang berkenan, karena ini merupakan keluhan, saran dan kritik yang harus saya sampaikan. Saya melakukan pemesanan paket Indihome learning from home pada tanggal 30 April 2020, setelah itu pihak Indihome menelpon saya pada tanggal 1 Mei 2020 untuk memastikan alamat saya dan supaya saya segera untuk melakukan deposit.

Setelah deposit pada tanggal 1 Mei saya mendapatkan nomor registrasi MYIR-10055176020003. Selanjutnya saya disuruh menunggu dihubungi oleh tim Indihome atau teknisi perihal pemasangan.

Selanjutnya, keesokan harinya tim survey/teknisi dari telkom datang ke rumah saya dan melakukan pengecekan adanya ODP atau tidak, lalu teknisi mengatakan bahwa ODP Tersedia dan akan dilakukan pemasangan lusa yaitu tanggal 4 Mei 2020.

Selanjutnya malah keesokan harinya tanggal 3 Mei 2020 ada teknisi lain yang datang dan dia cari ODP dan katanya penuh dan langsung pergi. Lalu teknisi pertama datang pada 4 Mei 2020.

Teknisi pertama datang dan mengatakan ODP oke dan ada dan melakukan penarikan di hari yang sama, dan melakukan pemasangan modem di sore harinya. Lalu katanya tinggal menunggu aktivasi agar bisa dipakai untuk berinternet.

Lalu teknisi meminta bukti deposit kepada saya. Lalu saya berikan.

Keesokan harinya teknisi masih bilang bahwa sedang diproses, lalu pada Tanggal 6 Mei 2020 teknisi menelepon mengatakan bahwa adanya terjadinya error deposit pada kode registrasi saya dan padahal saya sudah melakukan deposit. Lalu saya cek aplikasi MyIndihome saya dan dikatakan bahwa pemasangan gagal.

Lalu saya langsung menghubungi 147 menanyakan alasan apa sehingga pemasangan bisa gagal, Lalu Telkom 147 menjawab bahwa ODP Penuh sehingga proses pemasangan gagal. Disinilah adanya kejanggalan atas proses pemasangan Indihome Paket Learning From Home saya dimana teknisi mengatakan ODP kosong dan bisa digunakan lalu sudah dilakukan penarikan dan pemasangan modem tetapi Telkom 147 mengatakan ODP penuh. Aneh bukan? Seperti adanya permainan antar witel medan dan telkom pusat.

Lalu saya suruh 147 mengecek ke teknisi lalu akan diproses katanya, Lalu saya terus menelepon Telkom 147 sebanyak 4 kali dan dikatakan selalu disuruh untuk refund deposit karena ODP full. Dan saya dikasih solusi Refund aja dulu karena ini uda cancel lalu nanti daftar aja balik.

Lalu saya melakukan refund Deposit dan dilakukannya daftar kembali sebanyak 4 kali dan semuanya gagal karena data tidak lengkap,padahal data yang saya gunakan sama seperti data yang saya gunakan pertama kali untuk mendaftar.

Lalu pada tanggal 14 Mei saya ditelepon teknisi dan ditawarkan paket indihome lain, Aneh bukan Telkom 147 bilang ODP penuh dan teknisi telp bilang aktivasinya paket lain aja biar cepat.

Saya memohon kepada kepala Indihome agar memberikan jawaban mengenai permasalahan saya ini, pertama mengapa pesanan saya tidak dapat dianjutkan apa alasannya dan kedua mengapa tidak dari awal kalau memang pesanan saya tidak bisa di proses kenapa saya disuruh deposit? ketiga Apakah paket learning from home ini menjangkau daerah seluruh Indonesia atau daerah tertentu saja? keempat apakah ada perbedaan memesan lewat sales indihome dengan melalui website langsung, karna lewat sales lebih cepat dan dalam 1-2 langsung bisa dipasang? apakah kabel sudah ditarik dan dipasang modemnya lalu baru dibilang ODP penuh? Apakah karena paket saya murah sehingga diabaikan?

Perlu diketahui bahwa saya memesan paket learning from home ini karena saya merasa perlu untuk kebutuhan belajar dirumah, serta sesuai dengan kebijakan pemerintah untuk bekerja dan belajar di rumah selama masa wabah Covid-19 ini. Saya harap kepada Telkom atau Indihome dapat memperbaiki kinerjanya karena merupakan BUMN yang dimiliki negara yang seharusnya lebih mendukung program negara, jangan mengabaikan hak-hak konsumen karena itu semua sudah diatur dalam UU no 8 thn 1999 tentang perlindungan konsumen.

Semoga surat saya ini segera ditanggapi dan dibenahi apa yang selama ini menjadi keluhan pelanggan. Terima kasih.

Wassalamualaikum wr.wb.

Jenifer Chandra
MYIR-10055176020003
Medan, Sumatera Utara

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian mengenai Telkom Indihome:
[Total:12    Rata-Rata: 4.2/5]
Tanggapan PT Telkom Indonesia Regional 1 atas Surat Ibu Jenifer Chandra

Yth Redaksi mediakonsumen.com, Terima kasih kepada mediakonsumen.com yang telah menayangkan surat pembaca Ibu Jenifar Chandra pada tanggal 19 Mei 2020...
Baca Selengkapnya

Loading...

7 komentar untuk “ODP Tidak Penuh, tapi Telkom Pusat Membatalkan Pemasangan Paket Indihome Learning From Home

  • 19 Mei 2020 - (10:27 WIB)
    Permalink

    Apa jawab nya? … Kami sudah menghubungi bapak….dan permasalahan sudah selesai…. selalu begitu… memang lah Telkom ini sudah jadi sarang mafia…bejibun permasalahan tapi nol perbaikan

    • 19 Mei 2020 - (12:14 WIB)
      Permalink

      Sudah selesai mas masalahnya, Pihak Telkom dengan siggap langsung menelepon saya dan menyuruh teknisi yang terkait untuk langsung melakukan aktivasi terhadap paket Indihome LFH saya.
      Semoga kedepannya pihak Telkom Indonesia bisa lebih memetingkan kepuasan dan penanganan masalah pelanggan.

  • 19 Mei 2020 - (10:40 WIB)
    Permalink

    Saya pun ada pemasangan tgl 15 kemarin, tapi internet tdk bisa akses, kata.y menunggu maksimal 24 jam, ini sudah 4 x 24 belum bisa juga. Setiap dihubungi kata.y masih proses. Itu aja terus jawaban.y.

    • 19 Mei 2020 - (12:18 WIB)
      Permalink

      Saya juga begitu mas, lalu saya cek aplikasi myIndihome saya malah disuruh refund deposit, lalu saya telpon ke 147 malah katanya ODP penuh lalu disuruh refund.
      Lalu saya daftar ulang malah ga diopeni lagi dibilang data tidak valid.
      ini udah buat surat pembaca ini malah cepat tanggapannya.
      Coba aja ditunggu lagi mas misalnya kalo uda 7×24 jam boleh dicoba buat surat pembaca juga atau mas follow up ke 147.
      Semoga cepat selesai ya mas masalahnya.
      Semoga kedepannya pihak Telkom Indonesia bisa lebih memetingkan kepuasan dan penanganan masalah pelanggan.

  • 19 Mei 2020 - (10:46 WIB)
    Permalink

    REVISI:
    Teknisi pertama datang pada hari pertama yaitu 2 Mei dan melakukan pengecekan ODP dan tersedia 1 diujung dan akan dilakukan pengecekan kembali ke kantor katanya, Lalu pada tanggal 4 mei teknisi pertama datang dan bilang ODP itu oke dan bisa dipakai.

  • 19 Mei 2020 - (12:10 WIB)
    Permalink

    UPDATE TANGGAL 19 MEI 2020 PUKUL 12.05 PM:

    Pihak Telkom sudah menghubungi saya dan sudah dilakukannya aktivasi sesuai paket yang saya inginkan oleh teknisi yang tanggap karena langsung melakukan follow-up kepada saya agar dilakukan aktivasi, saya sudah bisa menggunakan internet di rumah saya dengan lancar.
    Masalah ini sudah selesai antar kedua belah pihak dengan solusi yang sesuai dengan keinginan saya.

    Sekali lagi saya mengucapkan terima kasih sebesar-besarnya kepada pihak Mediakonsumen sebagai wadah saya untuk menulis surat pembaca tersebut dan kepada pihak Telkom Indonesia atas respon yang cepat dan tepat dalam menangani permasalahan saya.

    Saya berharap semoga kedepannya pihak Telkom Indonesia dapat mengembangkan dan mengdepankan layanan pelanggan agar menjadi lebih baik.

  • 8 Juni 2020 - (09:15 WIB)
    Permalink

    Hallo.. Ini kemungkinan juga terjadi di saya sekarang karena blm ada kepastian pemasangan, saat ini saya sedang menunggu konfirmasi apakah bisa di pasang atau tidak dari teknisi setelah beberapa hari yang lalu men-survey dan mengatakan bahwa ODP penuh, setiap hari di follow up namun katanya pusat belum memberikan jawaban.

    after some research specially in this site, banyak sekali kejadian ODP penuh bahkan ada yang sampai mengatakan membutuhkan “pelicin” or extra cost untuk teknisi.

    Dear Indihome, apa tidak ada solusi bagi para calon customer untuk memvalidasi ODP penuh atau tidak ? misalkan di sediakan 1 page di MyIndihome untuk cek jaringan yang sudah tercover dan ODP nya penuh atau tidak. kemungkinan saya akan melakukan pembatalan per hari ini jika tidak ada kabar dan mencoba alternatif ISP lain karena saya butuh cepat untuk remote working.

 Apa Komentar Anda mengenai Telkom Indihome?

Ada 7 komentar sampai saat ini..

ODP Tidak Penuh, tapi Telkom Pusat Membatalkan Pemasangan Paket Indiho…

oleh Jenifer dibaca dalam: 2 min
7