Penghapusan Annual Fee Kartu Kredit Bank Mega

Selamat Malam Bank Mega,

Saya Iwan pengguna aktif kartu kredit Mega Metro nomor 5242-61**-****-4843. Istri saya juga pengguna aktif kartu kredit Mega Metro nomor 5242-61**-****-8732 dan Mega Visa Gold nomor 4201-92**-****-3861 yang sudah lama menggunakan.

Pada awalnya kami masih nyaman menggunakan kartu ini untuk penggunaan belanja baik online maupun offline. Namun saat ini kami merasa kurang nyaman karena banyak sekali biaya dan kebijakan baru yang bermunculan. Per Januari 2020 muncul e-billing statement (padahal sudah menggunakan email).

Di awal pandemi untuk tarik tunai juga dibatasi limitnya dan kemudian yang mulai bikin heran lagi adalah ketika annual fee mulai dinaikkan per 1 September 2020. Alih-alih tarik tunai dikecilkan limitnya tapi annual fee dinaikkan. Untuk kartu saya sendiri annual fee dari Rp.400.000 menjadi Rp.500.000 dan untuk kartu istri saya terkena kenaikan untuk Visa Gold menjadi Rp.450.000 dari Rp.400.000 dan Mega Metronya sama dengan saya.

Jadi bisa diperkirakan di tahun ini kalau ditotal kami harus membayarkan untuk annual fee saja sebesar Rp. 1.450.000. Dimana ketika masa pandemi seperti ini yang lain mulai membantu nasabahnya dengan keringanan dan sebagainya, ini malah mengurangi hak nasabah dan menambahkan bebannya.

Beberapa waktu lalu saya pernah menghubungi CS Bank Mega dan menanyakan mengenai penghapusan annual fee dan hanya dijawab hanya bisa dihapus dengan poin sebesar 500.000 poin. Perhitungannya adalah untuk kartu saya setiap belanja Rp.10.000 akan mendapat 65 poin. Jadi kalau untuk mencapai angka 500.000 poin berarti setahun saya harus membelanjakan skitar 7 jutaan dan untuk kartu istri saya perhitungannya berbeda lagi dan harus lebih dari 7 jutaan malahan. Amazing kan.

Kualitas kredit kami lancar dan belum pernah mengajukan penghapusan annual fee sampai dengan saat ini. Maka melalui surat ini kami mengajukan keberatan dan ingin dihapuskan untuk annual fee kami. Semoga ada tanggapan baik untuk surat saya ini sehingga saya masih bisa menjadi nasabah setia kartu kredit Bank Mega.

Terima kasih untuk Media Konsumen yang sudah membantu publish surat saya ini.

Iwan Prabandaru
Yogyakarta

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian mengenai Kartu Kredit Bank Mega:
[Total:25    Rata-Rata: 3.4/5]
Tanggapan Bank Mega atas Surat Bapak Iwan Prabandaru

Kepada Yth. Redaksi mediakonsumen.com Sehubungan dengan surat Bapak Iwan Prabandaru di mediakonsumen.com (11/8), “Penghapusan Annual Fee Kartu Kredit Bank Mega”,...
Baca Selengkapnya

Loading...

13 komentar untuk “Penghapusan Annual Fee Kartu Kredit Bank Mega

  • 12 Agustus 2020 - (08:33 WIB)
    Permalink

    Itu bank cacad seindonesia. Jika bank tidak ada toleransi ke nasabahnya segera tutup saja kartunya. Tahukah kamu dengan penggunaan kartu kredit bank mereka berarti kamu sudah menguntungkan mereka. Semakin banyak transaksi pakai kartu itu maka mereka untuk disetiap transaksi yang di lakukan. Tetapi balasannya dari bank justru begitu. Undur diri secepatnya sebelum terlambat. Nama terburuk di indonesia adalah Mega. Jangan pakai produknya apapun. Jangan berurusan dengan bank itu. Biarkan mereka sepi nasabah.

    7
    1
    • 13 Agustus 2020 - (05:37 WIB)
      Permalink

      Bener tuh, Bank penerbit kartu kredit tersombong. Anuall fee yang paling mahal. Gak bisa hapus. Saat pandemik juga gak bisa bantu nasabah yang sedang sulit. Beda sama bank lain yang memberikan solusi dengan berbagai kemudahan untuk nasabahnya. Cs dan debcall nya juga gak sopan dan tidak memberikan pelayanan yang ramah.

  • 12 Agustus 2020 - (12:10 WIB)
    Permalink

    Sama jga sy pengguna aktif KK bank mega. Menerima pemberitahuan perubahan iuran tahunan lewat email. Hanya saja sy masih bersyukur jenis kartu sy tdk ada dalm daftar kenaikan. Yaitu Mega Visa Barca platinum….Andaikata ada pasti sdh sy mau ttp. Selama ini sy masih bebas iuran thun dn blm pernah membayar sm skali. Itupun harus lewat perjuangan dan ancaman untuk penghapusan. Memang benar bank mega memiliki biaya fantastis disetiap produknya tdk seperti bank lain yg murah
    Contoh sj tabungan mega dana biaya administrasi bulanan mencapai 22rbu perbulan. Blm termasuk biaya atm dan lainnya. Mahal sekali. bank lain hanya 7500. Masih ada lagi biaya e billing lewat email kk sudah dikenakan sebelumnya masih gratis. Lalu kenaikan iuran tahuan cukup fantastis.
    Ini adalah strategi bank mega menaikan pendapatan di luar bunga. Bandingkan bank lain gak ada seperti ini. Inikah cara bank mega berkompetisi meningkatkan pertumbuhan bisnis dengan cara menguras kantong nasabah lebih dalam

  • 12 Agustus 2020 - (15:03 WIB)
    Permalink

    Coba ancam saja dgn cara akan menutup kartu kredit tsb (dgn catatan tidak ada cicilan berjalan ketika annual fee akan keluar) biasanya berhasil. Kalau tidak bisa dan tidak mau, lebih baik tutup saja 2 kartu tsb. Rasanya tidak ada keuntungan pegang 3 kartu kredit dari bank yang sama, toh ketika ada promo (katakanlah promo 10% belanja di Transmart yang dilihat nama bank nya, bukan jenis kartunya). Dan untuk 2 kartu lain bisa ajukan ke bank yang lain yang jelas-jelas bisa kasih penghapusan annual fee tanpa banyak syarat.

  • 12 Agustus 2020 - (19:34 WIB)
    Permalink

    Ancam tutup aja. Kmren jg sy udah ngajuin penutupan kartu gara2 limit sy dikurangi 50%. Kbtulan sy ga ad tagihan apa2 di mega jd sy bs tutup cc sy tp pas ditelp mreka nahan2 merayu2 agar ga di tutup yg akhirnya mreka membabaskan biaya tahunan cc sy. Waktu it annual fee cc sy ud dibyr, dan bbrp minggu kmudian dibalikin dgn dikreditkan di limit sy. Akhrny sy ga jd tutup tp cc ny sy pake buat promo2 dr mega aj. Tp rencna ttp mash ada krn sy ad 2 cc dr bank lain

    • 12 Agustus 2020 - (20:01 WIB)
      Permalink

      Kalau boleh tau pengurangan limit itu karena apa ya? Apa karena limit terlalu banyak dan jarang dipakai kartunya. Selama ini sy sdh jrng gunakan kk bank mega. Khawatir jg kalau sampai dikurangi limit.

      • 12 Agustus 2020 - (20:08 WIB)
        Permalink

        Halo Pak Munzir,limit tarik tunainya yang dikurangi pak bukan limit untuk keseluruhannya.

  • 12 Agustus 2020 - (20:26 WIB)
    Permalink

    Terimakasih semua untuk saran dan masukannya.Mungkin memang lebih baik ditutup saja kali ya.Tadi saya dihubungi oleh Ritma/Ritna (kalo saya ga salah dengar namanya) dari CS Social Media.Konfirmasi bahwa memang harus tetap tukar point dan konfirmasi silakan menghubungi CS ketika nanti sudah tercetak tagihan yg ada annual feenya.

    Saya titip pesen untuk di note dan adjust saja annual feenya tanpa harus nunggu di bulan tercetaknya.Justru harusnya mereka aware ya kalo saya notif sebelum cetak annual fee-nya.Tapi ini pun kok kayak berat banget gt maintenance customer.Disarankan menghubungi lagi nanti dan diprediksi akan mendapat jawaban yg sama untuk annual fee ga akan bisa dihapus katanya.Infonya juga bahwa yang sudah berhasil dihapus annual feenya dan ngadu lewat media seperti ini karena memang eligible pointnya atau ada program tertentu.Berarti selama 5 tahun saya ga eligible dihapus dan selama ini ga ada program peghapusan tersebut.Sebercanda itu yak 🙂 Kalo saya bad debt silakan gausah dengerin saya.Coba deh lihat track kualitas kredit saya dan selama ini saya gak rewel lo sama Bank Mega hehe.Mulai dari annual fee 300rb sampe skrg 400rb.Bukan naik tapi ganti biaya namanya!

    Kelihatan banget kalo mereka mau case closed dengan menghubungi saya dan mungkin akan menjawab dengan template standard ketika ada pengaduan di surat pembaca pada umumnya.Seolah dijanjiin dl biar reda,nah nanti urusan nanti kali.Saya minta eskalasi juga tidak diperbolehkan.

    Note:
    Saya menolak untuk di tanggapi surat saya ini oleh Bank Mega dengan result bahwa saya menerima hasil call outbound dari mereka.Saya sepenuhnya tidak menerima win2 solution dari mereka.Bagi saya belum ada solusi dari surat ini sampai annual fee saya dihapus. Mari kita tunggu saja tanggapannya.

    Sehat selalu buat kita semua.

  • 4 September 2020 - (14:56 WIB)
    Permalink

    Update hari ini saya sudah dihubungi oleh CS bermana Ritma. Semoga ke depannya Bank Mega bisa lebih memperhatikan nasabahnya ketika ingin membuat regulasi. Case closed

    • 19 September 2020 - (14:19 WIB)
      Permalink

      Saya mengalami kasus yg sama.. naiknya ngga tanggung2 dari 400 rb jadi 1 juta. Sudah di sms bhw penghapusan iuran tahunan sudah disetujui tapi pas ada tagihan ternyata hanya disc 30 persesn dan saya harus bayar 700 rb. Padahal jelas2 sms nya bilang Penghapusan bukan pengurangan. Ini iuran tahunan termahal dari kartu kredit bank lain..

  • 22 Oktober 2020 - (12:05 WIB)
    Permalink

    Jadi apakah ada solusi dari Meganya pak terkait penghapusan annual fee? Krn saya pun sudah mengajukan pengahapusan yg dibebankan dikartu saya sebesar 750.000 untuk kartu platinum dan tidak ada kebijakan promo untuk tahun ini😭. Tahun lalu sebesar 700.000 masih bisa dihapuskan dengan syarat melakukan transaksi 1000.000. Tapi tahun ini benar2 mega tidak mau memberi kelonggaran untuk penghapusan annual fee.

    • 23 Oktober 2020 - (08:38 WIB)
      Permalink

      Tergantung kebijakan banknya. Sy berharap bank mega dapat menghapus iuran tahunan kartu anda
      Karena terlalu besar dari bank lain…Jika pemakaian dan pembayaran lancar bisa dipertimbangkan untuk dihapus… Setiap saat bank dapat sj merubah syarat dan ketentuan termasuk kebijakannya.

  • 2 November 2020 - (20:47 WIB)
    Permalink

    Saya malah bulan ini tumben2an, pas nelpon cs minta penghapusan annual fee, langsung ditawarin penghapusan dengan syarat transaksi Rp 1 juta karena point ga cukup. Biasanya, saya harus pake ancaman tutup kartu dulu baru keluar itu tawaran penghapusan pakai syarat transaksi Rp 1 juta.
    Tapi emang annual fee bank mega paling mahal, belum lagi biaya2 notifikasi sms kek, e-billing kek.
    BCA yang jaringannya lebih banyak, promo segambreng, annual fee cuma seratusan ribu.

 Apa Komentar Anda mengenai Kartu Kredit Bank Mega?

Ada 13 komentar sampai saat ini..

Penghapusan Annual Fee Kartu Kredit Bank Mega

oleh Iwan dibaca dalam: 1 min
13