Pelayanan Jakartanotebook.com yang Antiretur

Selamat siang,

Saya menulis ini karena tergelitik oleh banyak e-commerce (platform berbelanja) yang merasa menjual barang dan tak mengacuhkan UU Perlindungan Konsumen, dimana saya melihat mereka tidak ingin dikomplain atau retur barang karena merasa benar.

Dari pengalaman saya berbelanja kesekian kali di jakartanotebook.com, ini sangat-sangat parah dan mengecewakan. Mereka menulis suatu produk secara spesifik, jadi saya membeli tempered glass untuk Apple Watch 4 – 44 mm seperti foto dibawah ini.

Sudah menulis produk dengan pasti dan jelas, sudah pastinya sebagai penjual harusnya paham mengkualifikasikan dan telah mengetahui spesifikasi dengan baik. Selanjutnya saya membeli produk ini, dengan penekanan bahwa tidak ada suatu disclaimer notes yang ada pada saat saya membeli (ini menjadi sumber masalah).

Selanjutnya datanglah produk di tangan saya, pada saat saya ingin melakukan pemasangan, saya melihat barang tidak sesuai dengan judul “Apple Watch 4 – 44mm”.

Saya komplain melalui chatbox yang ada, lalu dari CS yang melayani menyatakan akan menyanyakan dengan orang gudang tentang barang tersebut. Saya sudah sampaikan barang tidak cocok makanya saya retur saja tidak saya gunakan kok.

Ini CS menyatakan bahwa menunggu feedback dari Gudang, lalu setelah orang gudang mengirimkan foto barang dan spesifikasi barang, saya sampaikan juga spesifikasi layar pada website apple resmi dan memang terlihat barang tidak akan fit dengan “Apple watch 4 – 44mm”, saya sampaikan bahwa saya meminta retur barang dan pengembalian uang karena memang dijual tidak sesuai.

Dimintalah menunggu dulu, padahal semua sudah jelas setiap bukti yang diberikan. Lalu saya sampaikan apa yang perlu ditunggu, disampaikan tunggu konfirmasi dari team. Oke saya tunggu, tiba-tiba datang dengan pernyataan bahwa itu sudah sesuai keterangan “Tempered glass tidak full layar. Kemasan dapat berubah sewaktu-waktu tanpa konfirmasi kepada pihak pembeli.”

Ini saya menunggu hampir sekitar 10 menit, datang pernyataan ini. Saya langsung sampaikan kepada CS bahwa kalian pasti baru merubah keterangan pada website kalian sendiri ini karena saya yakin betul sebelumnya tidak terdapat hal ini. Saya sampaikan kecurigaan saya juga berdasar, kalau keterangan tersebut sudah ada maka dari awal pembicaraan seharusnya langsung sampaikan terdapat notes ini, case close tapi ini menunggu orang gudang, nanti sebentar CS bilang menunggu orang konten, saya sampaikan berarti kalau orang konten artinya adalah orang yang mengedit konten pada barang tersebut.

Saya debat panjang lebar, sampai diminta menunjukkan bukti bahwa awal memang tidak ada notes. Sekarang website ini tidak seperti Tokopedia yang memiliki screenshot terhadap barang pada saat dibeli.

Saat saya diminta membuktikan, saya meminta pembuktian terbalik untuk menunjukkan log update atas website, lucunya mereka langsung menyatakan ini adalah rahasia perusahaan dan bukan menunjukkannya, ini adalah suatu hal yang menurut saya patut dicurigai karena tidak berani membagikan atas log perubahan atas barang tersebut.

Saya melihat banyak hal yang menyesatkan diberikan dan melanggar UU Perlindungan Konsumen :

  1. Keterangan barang yang telah dijelaskan secara spesifik “Apple Watch 4 – 44mm”, keterangan dimana menyesatkan dengan tiba-tiba menaruh suatu keterangan pembebasan tanggung jawab. Padahal dalam UU Perlindungan Konsumen Pasal 10 dan Pasal 11 menyatakan Pelaku Usaha dilarang memberikan suatu informasi menyesatkan.
  2. Menyatakan suatu klausula baku tentang tidak adanya suatu retur, dimana ini telah melanggar Pasal 18 ayat 1 huruf b UU Perlindungan Konsumen, yang dimana dilarang untuk menuliskan tersebut.
  3. Menolak melakukan retur atas dasar adanya suatu klausula baku, padahal Pasal 19 telah mengatur ganti kerugian yang harus diberikan oleh pelaku usaha.

Saya ingin menyampaikan kepada masyarakat untuk dapat lebih cermat dan teliti atas hal ini, dan berhati-hati untuk bertransaksi di jakartanotebook.com.

Terima kasih.

Oky Handyko
Jakarta Barat

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian mengenai Jakartanotebook.com:
[Total:9    Rata-Rata: 4.4/5]
Tanggapan Jakartanotebook.com untuk Bapak Oky Handyko

Selamat Siang, Sehubungan dengan Surat yang dilayangkan oleh Bapak Oky Handyko di Media Konsumen pada tanggal 02 April 2021 dengan...
Baca Selengkapnya

Loading...

8 komentar untuk “Pelayanan Jakartanotebook.com yang Antiretur

  • 3 April 2021 - (12:33 WIB)
    Permalink

    Memang ini soal pelayanan ke konsumen, bukan soal harga
    Tapi apa gak terlalu berlebihan jika membahas UU ?

    • 5 April 2021 - (11:05 WIB)
      Permalink

      Halo Bro Rudy,

      Saya adalah practitioner hukum di Indonesia, dan hukum terlemah yang tidak diketahui oleh masyarakat adalah hukum perlindungan konsumen. Mungkin Anda juga kurang paham akan hukum ini juga seutuhnya, padahal seluruh pengusaha yang menjual apapun baik barang maupun jasa terikat dengan UU perlindungan konsumen. Dimana konsumen memiliki hak-haknya.

      Disini saya memberikan edukasi dan termasuk pemahaman akan masalah yang terjadi.

  • 4 April 2021 - (15:42 WIB)
    Permalink

    Hahaha inimah entenya aja yg lucu gan.. perkara 9 rebu perak doang.. Kalo pun mau di perkarakan, ente tinggal buktiin ke penjualnya lah kalo waktu pas ente beli kgk ada disclaimer nya, kalo ane boleh saranin, coba pake web.archive.org di situ bisa keliatan

    3
    1
    • 5 April 2021 - (11:12 WIB)
      Permalink

      Halo Bro Curut,

      1. Apakah anda akan screenshot setiap produk yang akan anda beli? Yang ada saat ini adalah tulisannya sudah ada, bagaimana saya dapat mengulang screenshot, saya tidak berharap barang juga tidak dapat digunakan.

      2. Saya mengetahui atas web tersebut, namun apakah anda tahu ada disclaimer dibawah web.achive.org setelah anda memasukkan alamat url yang dimaksud? disclaimernya adalah mereka tidak dapat dijadikan acuan tentang perubahan yang terjadi pada website yang kita masukkan. Jadi website tersebut itu tidak dapat menjamin akurasi atas perubahan yang terjadi, kecuali log dari website yang diberikan perusahaan.

      Saya sudah meminta log ini sebagai pembuktian terbalik dari perusahaan, namun mereka tidak berikan, apakah saya tidak dapat menaruh kecurigaan atas suatu hal yang disembunyikan? Karena semua sistem adalah di mereka jadi dapat dirubah sewaktu-waktu. Saya hanya berasumsi adanya kejanggalan dari jawaban yang diberikan CS dimana memerlukan waktu hingga 10 menit yang sebelumnya meminta menunggu malah berubah menjadi tidak bisa. Saya chat ini juga bukan hanya 1 – 2 menit, sebagai informasi saya chat sudah 30 menit-an lebih.

  • 11 April 2021 - (20:07 WIB)
    Permalink

    Saya sendiri adalah salah satu pelanggan jakartanotebook sejak lama, cuma memang sudah jarang transaksi karena dukungan channel pembayarannya yang kurang. Kalau soal kualitas barang, ada harga ada kualitas. Tapi kalau menyangkut pelayanan, saya setuju kalau sedikit saja kurang dalam pelayanan, kerugiannya bisa lebih terasa dari besar materinya. Semoga jakartanotebook bisa lebih meningkatkan kualitas layanannya.

 Apa Komentar Anda mengenai Jakartanotebook.com?

Ada 8 komentar sampai saat ini..

Pelayanan Jakartanotebook.com yang Antiretur

oleh Bapuk's Motor dibaca dalam: 2 menit
8