Tokopedia Kok Melanggar Syarat dan Ketentuan yang Dibuat Sendiri?

Halo, salam sehat semuanya, dan terima kasih juga untuk Media Konsumen telah menerbitkan keluhan saya terhadap Tokopedia. Saya buka pengaduan di sini karena pihak Tim Investigasi Tokopedia serasa tidak fair melakukan tindakan terhadap toko atau iklan yang melanggar syarat dan ketentuan pelanggaran yang DIBUAT oleh Tokopedia sendiri.

Dan juga, saya buat keluhan ini karena pendapatan penjualan sangat berkurang, akibat SPAM iklan dan duplikasi toko tsb yang sudah sangat meresahkan. Berikut screenshot contoh pelanggaran yang ada di ketentuan Tokopedia:




Sudah jelas di atas, Tokopedia melarang duplikasi toko/SPAM iklan. Sudah berbulan-bulan saya melaporkan beberapa toko (lebih dari 5 nama toko) yang diduplikasi, hanya beda nama, dan juga iklan produk yang di-SPAM sampai 5 iklan per produk.

Namun sampai detik ini toko/iklan itu masih aman-aman saja. Padahal menurut saya jatuhnya sudah seperti BOT. Bayangkan jika 1 toko men-SPAM 1 jenis produk sampai 2-5 iklan sejenis, bagaimana dengan 5 toko? Sudah 10-15 iklan sejenis yang di-SPAM! Pertama kali saya report pelanggaran SPAM produk, memang beberapa hari kemudian saya cek iklan yang saya report tsb dihapus. Namun makin kesini iklan dibuat lagi dan bahkan tidak ada tindakan penghapusan atau sebagainya setelah saya report lagi.

Lucunya, di pesan bantuan Tokopedia dengan ID: 25969283 tanggal 8 April 2021 sempat dibalas oleh pihak Tokopedia bahwa SPAM iklan/toko-toko tersebut dinyatakan tidak ada pelanggaran sama sekali. Lalu saya kasih screenshot jenis-jenis pelanggaran yang ada di Tokopedia, baru mereka bilang akan melakukan investigasi lagi.

Selang satu hari kemudian, tanggal 9 April, dibalas oleh tim Tokopedia Care, katanya sudah menegur toko yang saya report. Namun saya cek toko dan iklan-iklan SPAM tsb masih terpampang bebas di halaman Tokopedia. Jadi ditegur itu dalam bentuk apa ya? Di syarat dan ketentuan yang Tokopedia buat itu pelanggaran bisa dimoderasi. Jadi yang saya pertanyakan kepada pihak tim investigasi Tokopedia itu, kenapa tidak berani menindak toko/iklan SPAM yang sudah jelas melanggar? Apakah itu cuma tulisan semata?

Ini bukti email pelaporan terakir kali dari tanggal 1 April sampai sekarang saya buat surat pembaca tanggal 18 April masih belum ada tindakan jelas, dan juga bukti SPAM produk di salah satu toko yang sudah saya report, tapi masih aktif tanpa tindakan dari Tokopedia (SPAM produk 1 jenis sampai 5 iklan serupa).


Christian
Jakarta Timur

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian mengenai Tokopedia:
[Total:12    Rata-Rata: 2.3/5]
Loading...

9 komentar untuk “Tokopedia Kok Melanggar Syarat dan Ketentuan yang Dibuat Sendiri?

  • 19 April 2021 - (15:23 WIB)
    Permalink

    saya rasa bukan melanggar ya, tapi lalai dalam melakukan moderasi

    tapi juga betulnya saya rasa bagi toko-toko yang melakukan itu betulnya merugikan diri sendiri, karena produk yang sama dibagi dalam 5 postingan berbeda, ulasan dan penjualan juga tercatat berbeda

  • 19 April 2021 - (15:34 WIB)
    Permalink

    kenapa kok di blur untuk bukti nya, apa ada nama toko nya jadi kita bisa lihat sendiri maksud anda seperti apa yang menjadi pelanggaran

  • 19 April 2021 - (17:07 WIB)
    Permalink

    Di marketplace manapun sudah biasa itu. Nah kl mau original, gambarnya anda watermark nama toko anda, meski ada yg njiplak tidak akan laku krn ada waternark toko anda. Itu bukan spam tp itu kelakuan dropshipper. Biaasanya harganya dinaikkan 50-300% . Dan sudah saatnya dropshipper itu diberantas. Dan biasanya hanya orang bodoh saja yg tidak sengaja beli di dropshipper, dikira barang mahal lebih bagus, original. Plus biasanya ketika mencari barang tidak pernah di filter, misal urut penjualan terbanyak atau rating/ulasan, dll.

    Meski saat ini marketplace sudah filter otomatis, urut berdasarkan 1. penjualan dan rating, 2. Harga yg wajar, 3. Harga tidak wajar/dropshipper. Tp mesti sudh begitu masih saja ada yg ketipu beli di dropshipper, aneh.

    • 19 April 2021 - (17:23 WIB)
      Permalink

      beda om, kalo dropshipper pasti kelihatan. Kalo yg saya laporkan ini spam 1 jenis produk bisa berkali-kali, seperti yg aku bilang diatas pas awal direport itu dihapus sama tokopedia. Tapi pas aku cek dibuat iklan serupa terus menerus tapi tidak ada tindakan lanjutan dari tokopedianya

 Apa Komentar Anda mengenai Tokopedia?

Ada 9 komentar sampai saat ini..

Tokopedia Kok Melanggar Syarat dan Ketentuan yang Dibuat Sendiri?

oleh JAMZ dibaca dalam: 1 min
9