Menunggu Surat Keterangan Lunas Bank Mega Sesuai Perjanjian

Saya nasabah kartu kredit Bank Mega dari tahun 2014, dengan nomor kartu kredit 4201 9201 078* 8***, yang terdampak pandemi Covid-19 di bulan Juni 2020, sehingga saya dirumahkan (tidak bekerja). Hal ini mengakibatkan keuangan saya kacau, sehingga pembayaran kartu kredit Bank Mega saya macet sejak bulan September 2020.

Ketika itu saya meminta untuk restruktur (penundaan), tapi terkendala biaya di awal untuk ikut program tersebut. Sehingga akhirnya saya tidak bisa mengikuti program tersebut. Padahal kartu kredit bank lain yang saya punya tidak mengenakan biaya.

Ketika saya cek SLIK OJK di bulan April 2021 status nama saya menjadi Kolek 5. Karena saya ingin mencoba kembali melamar pekerjaan, maka saya berniat membereskan tunggakan saya di Bank Mega. Saya menghubungi kolektor Bank Mega yang bernama Ibu Esti (beliau yang menagih saya pada awal bulan Maret 2021).

Singkat cerita, saya meminta kepada beliau keringanan potongan tagihan kartu kredit Bank Mega. Beliau menyuruh saya untuk membuat surat permohonan keringanan dan melampirkan dokumen KTP saya. Setelah saya isi surat tersebut, lalu saya kirim kembali ke Ibu Esti. Selang 2 jam, saya mendapatkan draft persetujuan dari Bank Mega yang menyetujui permohonan saya, dan surat lunas akan diterbitkan setelah 14 hari kerja dari pembayaran.

Setelah mendapatkan surat tersebut, tanggal 22 April 2021 saya menuju kantor Bank Mega yang terletak di Kuningan (dekat RS Mata Aini) untuk melakukan pembayaran melalui teller sesuai dengan instruksi dari Ibu Esti.

Tanggal 3 Mei 2021, saya menanyakan perihal surat keterangan lunas saya melalui whatsapp kepada Ibu Esti, tanggal berapa saya bisa ambil surat tersebut? Jawabannya sangat tidak mengenakkan sekali. Beliau bilang bukan hanya saya saja yang sudah melakukan pembayaran, jadi saya disuruh bersabar. Saya bilang ke Ibu Esti “Kok jadi berbeda begini ketika saya belum melakukan pembayaran dengan sesudah?”.

Saya hanya menanyakan tanggal berapa saya bisa ambil Surat Keterangan Lunas saya? Karena di draft persetujuan 14 hari kerja. Jadi saya hanya memastikan saja tanggal tersebut, tapi Ibu Esti menjawab dengan tidak mengenakkan, dan memblokir nomor WA saya.

Saya mohon kepada pihak Bank Mega, untuk menindaklanjuti masalah saya, dan update SLIK OJK saya. Karena saya sudah melunasi kewajiban saya sesuai dengan kesepakatan dari kolektor Bank Mega. Saya sangat merasa dirugikan bila status saya di OJK tidak di-update.

Rendy Mamola
Jakarta Selatan

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian mengenai Bank Mega:
[Total:34    Rata-Rata: 1.4/5]
Tangapan Bank Mega atas Surat Bapak Rendy Mamola

Kepada Yth. Redaksi mediakonsumen.com Redaksi yang terhormat, Sehubungan dengan surat Bapak Rendy Mamola di mediakonsumen.com yang disampaikan pada Hari Kamis,...
Baca Selengkapnya

9 komentar untuk “Menunggu Surat Keterangan Lunas Bank Mega Sesuai Perjanjian

  • 6 Mei 2021 - (19:23 WIB)
    Permalink

    bu, biasanya surat perlunasan bisa langsung kok,….tp.emang bank mega ini terkenal paling brutal, pas nagih itu bisa nonstop 24 jam, dan minta keringanan jg sulit…..,

    • 7 Mei 2021 - (19:09 WIB)
      Permalink

      Perhari ini surat lunas sudah saya dapatkan, setelah harus bersusah payah melaporkan lewat ojk, dan pengaduan langsung lewat email ke bank mega.

      Sekarang saya sedang menunggu update dari bank mega di slik ojk, dikarenakan Setiap bulan bank wajib update nasabah ke ojk yang sebener benernya, bila ada telat bayar, maupun bila sudah melunasi kewajibannya…

      Terima kasih juga untuk media konsumen, yg sudah membantu menshare permasalahan saya.

      3
      1
  • 7 Mei 2021 - (09:38 WIB)
    Permalink

    Jd intinya kalau sudah nunggak di bank ini, mending sekalian galbay aj yah. Karna dibayar pun sama sj. Slik ojk gak bakal mereka update

    • 7 Mei 2021 - (15:54 WIB)
      Permalink

      Saya setuju. Nagih nya juga ke orang yang gak ada hubungan sama sekali, bahkan hingga bikin malu ke RT.. Kalau sudah nunggak di bank satu ini sih mending gagal bayar sekalian

  • 9 Juni 2021 - (20:25 WIB)
    Permalink

    Sangat tidak benar nomor saya sulit dihubungin… Justru bila saya tidak share ke media konsumen,ke ojk, dan email pribadi ke pihak bank mega, mungkin saya akan dipermainkan dan diulur surat keterangan lunas dan update slik OJK.

    Masalah ini sudah clear, dan semoga bank Mega membina oknum kolektor yang nakal(mempermainkan nasabah) dan tidak mempunyai komitmen.

    Terima kasih.

 Apa Komentar Anda mengenai Bank Mega?

Ada 9 komentar sampai saat ini..

Menunggu Surat Keterangan Lunas Bank Mega Sesuai Perjanjian

oleh Rendy dibaca dalam: 1 menit
9