Surat Pembaca

Akun Shopee Dibobol Penipu, Bisa Transaksi SPayLater Tanpa OTP!

Assalamualaikum,

Akun Shopee saya: @tianyapriliyanti. Berawal dari adanya pihak yang mengaku Shopee menghubungi saya pada tanggal 4 April 2021 dan bilang kalau saya dapat undian Rp1 juta. Saya sudah tahu sih ini pasti penipuan, tapi saya lanjut karena awalnya saya ingin tahu motifnya kayak gimana.

Kemudian dia minta nomor undiannya, katanya nanti ada yang menghubungi. Saya kasih nomor itu karena belum sadar kalau itu nomor OTP, tapi via telepon. Setelah itu dia tahu semua transaksi dan profil saya. Saya langsung ngeh, waduh berarti tadi saya kasih kode OTP untuk masuk ke akun saya.

Saya panik saat itu, tapi masih berpikir kan dia gak tahu password saya, harusnya aman kan? Saya memang mengaktifkan Shopee PayLater, tapi tidak saya gunakan karena cicilannya berat. Dia sepertinya melakukan transaksi di akun saya dan ingin membayar menggunakan SPayLater saya, karena ada masuk SMS OTP. Si pelaku meminta kode OTP tersebut, tapi saya TIDAK MEMBERIKAN KODE OTP tsb dan langsung saya tutup teleponnya.

Sekitar tanggal 6 akun saya diblokir Shopee karena ada aktivitas yang menyalahi aturan Shopee. Saya bingung, lalu saya melakukan aktivasi ulang dengan memberikan kronologi penipuan tersebut. Akun saya kembali normal dan saya MENGGANTI PASSWORD akun Shopee saya. Pikir saya, sudah aman kan? Berarti si pelaku tidak akan mengutak-atik akun saya.

Tiba-tiba pada tanggal 26 April 2021 pada jam 15.13 ada SMS OTP yang masuk ke saya. Perasaan saya tidak enak dan saya langsung lihat akun Shopee saya. Benar saja saldo PayLater saya terpakai transaksi sebesar Rp3,4 juta.

Saya panik, saya langsung membatalkan pesanan dan menghubungi penjual pada pukul 15.30. Pada saat itu penjual mengiyakan kalo transaksi saya dibatalkan. Mungkin si pelaku tahu saya membatalkan pesanan, lalu dia mencoba melakukan transaksi lain lagi, tetapi saya langsung chat penjual untuk membatalkannya.

Saya menghubungi Shopee dan akun saya dibekukan selama beberapa jam, kemudian saya mengganti password ulang.

Nah masalahnya di sini, kok bisa saya tidak memberikan kode OTP pada siapapun tapi saldo bisa terpakai? Gimana keamanan Shopee? Bisa yah 2 perangkat membuka 1 akun Shopee sekaligus?

Pada malam harinya penjual tiba-tiba mengkonfirmasi kalau dia sudah mengirim pesanan. Saya bingung, katanya tadi sore iya bisa dibatalkan, tetapi malamnya tiba-tiba bilang sudah dikirim. Ini penjualnya sekongkol atau apa?

Proses pengembalian dana memakan waktu hampir 1 minggu dan berakhir dimenangkan oleh penjual. Nah terus siapa yang bertanggung jawab membayar cicilan PayLater? Enak dong, Shopee dapat keuntungan, penjual dapat keuntungan, pembeli yang rugi.

Saya meminta kebijakan Shopee dan pertanggungjawaban dari Shopee karena saya tidak memberikan kode OTP pada orang lain, kok bisa ada transaksi yang berlangsung? Jawabannya malah dana tidak bisa ditarik. Helooo, kemarin ngapain aja? Laporan dan follow up saya gak ditanggapi dengan baik!

Saya rasa sistem keamanan Shopee memang belum baik. Jadi hati-hati, sebagai pengguna jangan sampai mengalami apa yang saya alami. Dengan menulis di sini saya harap pihak Shopee memberi kebijakan dalam cicilan PayLater karena jujur itu uang bukan uang sedikit.

Mohon bantuannya Media Konsumen. Terima kasih.

Tiany Apriliyanti
Bandung, Jawa Barat

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Bagikan

Belum Ada Tanggapan Atas Surat Pembaca Ini

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pihak yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Komentar

  • Kalo menurut saya seh, mending install 2 marketplace aja, si Merah sama si Hijau.......

    Pake 2 itu aja uang anda ngga cukup buat memenuhi hasrat anda belanja, mo ngapain pake yang jelas-jelas mudah sekali disusup gitu, lagian nomor telpon kok bisa nyebar gitu seh? Kalo saya pribadi, jika sampai nomor hape saya nyebar kemana-mana, saya akan cari tau siapa yang nyebarkan dan akan saya klarifikasi ke orangnya agar jangan menyebar nomor telpon saya kemanapun, kalo masih ngeyel yah terpaksa saya laporkan ke polisi, ngga peduli siapapun dia.

  • Menurut saya jika Anda sudah tau itu OTP pertama yang dikasih, judulnya jangan "tanpa OTP".

  • Kemudian dia minta nomor undiannya, katanya nanti ada yang menghubungi. Saya kasih nomor itu karena belum sadar kalau itu nomor OTP, tapi via telepon. Setelah itu dia tahu semua transaksi dan profil saya. Saya langsung ngeh, waduh berarti tadi saya kasih kode OTP untuk masuk ke akun saya.

    Gubraaaakkkkkk..........

  • antara Gobl*k dan penasaran itu beda.. Kalau TS sepertinya lebih ke arah Gobl*k...