Surat Pembaca

Ditipu Pihak yang Mengatasnamakan Shopee

Pada hari Senin pukul 15.37 saya ditelepon oleh pihak yang mengaku sebagai karyawan Shopee. Dia memberi tahu bahwa saya mendapatkan hadiah senilai 2 juta rupiah. Awalnya saya tidak percaya, tapi dia menyebutkan data-data di akun Shopee saya, berupa riwayat pembelian saya berikut dengan nomor rekening saya. Akhirnya saya percaya.

Tak lama kemudian, saya mendapatkan SMS dari Shopee yang berisi nomor OTP. Saya tidak memberikan nomor OTP, tapi saya disuruh klik link yang mereka kirimkan dan menyuruh saya mengaktifkan SPinjam saya. Karena syarat untuk mendapatkan 2 juta rupiah, harus mengaktifkan SPinjam tersebut.

Setelah itu dia menyuruh saya mengecek m-banking saya. Saya kaget karena tiba-tiba saja saldo saya bertambah. Kemudian si penelepon tadi menyuruh saya mentransfer ke rekening BCA a.n. Fajrin Shodiq dengan nomor: 3900620909.

Saya akhirnya mentransfer dana tersebut, karena saya tidak tahu kalau dana tersebut dari akun saya yang dibobol mereka.

Ketika saya laporkan kepada Shopee, mereka hanya membekukan akun saya saja dan tagihannya (yang jika ditotal itu 13 juta rupiah) tetap dibebankan kepada saya. Saya di sini sebagai konsumen merasa kecewa dengan lemahnya sistem keamanan, sehingga data saya bisa bocor begitu saja. Ketika sudah seperti ini, tidak ada titik terangnya.

Agis Sulistiyani
Indramayu, Jawa Barat

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Bagikan

Belum Ada Tanggapan Atas Surat Pembaca Ini

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pihak yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Komentar

  • ga ngasih kode OTP tapi klik link yg diberikan ?
    ya sama aja itu mah

    ibaratnya ente ga ngasih kunci pintu, tapi pintu y dibukain.

  • anda kasih OTP anda ke "karyawan" shopee yang alamat nya di
    FACIFIC CENTURY PLEACE TOWER

    wkkwkwkwkwkkwkwkwkwkkwkwkwkwkwkwkkwkwkwk

    • Banyak korban kena tipu shoppe, mungkin anda bukan member shoppe karena banyak sampe ratusan korban kena tipu shoppe kebanyakan korban adalah member shoppe dan di aplikasi shoppe tidak ada pemberitahuan tentang penipuan, padahal korban sudah banyak,, tolong pihak shoppe tindak lanjut keluahan korban dia adalah member shoppe, Masyarakat banyak yg kena tipu dan di rugikan . untuk penipu dia tau ID dan nama korban, itu data dari mana sampai bisa telepon.

  • Kesalahan ada pada pengguna, jelas shopee sudah melarang untuk tidak melakukan transaksi apapun di luar shopee dan tidak memberikan nomor OTP kepada siapapun itu.

  • Mungkin sebelum anda membalas, ketahui dulu kontak resmi shopee itu berapa saja. Sekelas perusahaan besar shopee tidak mungkin menggunakan nomer orang lain utk menghubungi pengguna. Pun nomer +1 itu nomor amerika. Nomor2 kayak gitu memang biasa digunakan utk menipu. Caranya dengan mencari nomor palsu di internet utk mendaftarkan di wa agar tidak dapat dilacak. Sekelas shopee yg notabene mendukung kebijakan pemerintah dan patuh pada kebijakan pemerintah RI buat apa pake nomor amerika?

    • penipu gk akan bisa tipu km walaupun punya datamu. kecuali karna km kasih data tambahan. heran aku apa yg dikatakan penipu hingga kamu transfer duit yg udh masuk ke rekening mu ke rekening penipu.

      • Turut prihatin dengan kejadian ini, terimakasih telah berbagi pengalaman biar kita yang baca bisa lebih berhati hati. Penipuan shopee ini sepertinya memang ada indikasi kerjasama oknum oknum orang dalamnya yang memang mau mencari rezeki tidak halal. Semoga kita semua selalu di lindungi.

  • Wajar akun shoppe anda di bekukan sm shoppe krna shoppe mngkin menuduh anda bekerja sm dgn penipu tsb

  • Fokus perjuangkan hak anda Pak, jangan perdulikan komen negatif
    Dan semoga diganti dengan rejeki yang lebih baik

  • hp nya sy yakin SMART phone. tp tidak diimbangi dgn otak yg SMART, ya begitu deh

    • Korban orang awam, tidak orang bodoh, andanya orang tidak tau.
      kyk anda tau karena anda banyak membaca dan ada yg ngasih tau.
      apa lg korban adalah member shoppe , apa lg penipu tau identitas korban dan ID korban, penipu banyak tipu muslihat .

  • pas jadi CS shopee selalu deh hampir tiap hari dapet case orang kena penipuan kayak gini..hadeuhh

  • Aku heran ya ndak Abis pikir sama shopee ni padahal saat 6.6 itu lagi promo gratis ongkir....bisa2 nya uangku yg ada di shopeepay segera dicairkan....padahal katanya customer services lagi 2 hari jadi....kalo aku bakalan ditipu mbok jangan lah dicairkan....rasanya and nii shopee... belanja di market ijo ndak ada penyusup begini...mana mau dibalikin uangku....salah kasi otp shopee yg punya.... padahal kulapoirin bgtu cepat skali.....heran aku uang yg bukan miliknya diambil secara illegal....astagfirullah