Berganti-ganti 12 Customer Service Telkomsel Orbit Tapi Problem Tidak Terselesaikan

Telkomsel Orbit adalah salah satu produk Telkomsel berupa perangkat modem yang dibeli bundling dengan nomor Telkomsel. Bisa dicek di https://www.MyOrbit.id/. Sejauh ini, Telkomsel Orbit menawarkan layanan customer care melalui 3 saluran: 188 (yang hanya menerima komplain mengenai kartu sim card), email (yang jawabannya tetap melalui whatsapp, dan yang paling bermasalah: bot whatsapp MyOrbit (0811-1776-706) yang hanya dapat diakses melalui chat (tidak bisa ditelepon), sering error, tiket sering ditutup tanpa persetujuan pelanggan.

Dan yang paling membuat pusing kepala: customer care yang sangat lambat, membalas tidak sesuai jam kerja, dan berganti-ganti setiap waktu. Hal ini menimbulkan permasalahan:

A. Ketika pelanggan membalas, butuh waktu 1-3 hari kerja untuk dibalas (bayangkan, saya sampai mention di instagram & email baru dibalas setelah 3 hari)

B. Ketika pelanggan tidak standby, dalam 5-20 menit tiket akan ditutup hahahaha

C. CS berganti-ganti (pengalaman saya lapor yang tidak terselesaikan sampai sekarang, CS yang melayani sudah ada beberapa, berikut saya sebutkan dari awal sampai akhir:

  1. 30 Mei 2021, CS Marsya: saya melaporkan modem tidak bisa digunakan. CS menyarankan untuk dipindah lantai, sudah dilakukan tapi modem tetap tidak aktif, tiket ditutup hanya dalam waktu 4 menit (saya membalas 14.34, tiket ditutup 14.54). 30 mei 2021 pukul 15.06 saya mengirimkan laporan secara detail namun tidak dibalas sampai 1 Juni 2021
  2. 01 Juni 2021, CS Surya: memberikan saran yang sama dengan CS marsya, padahal sudah terbukti tidak berhasil dan sudah saya balas pada 15.06 tanggal 30 mei 2021.
  3. 01 Juni 2021, CS Niko: masih memberikan saran yang sama
  4. 02 Juni 2021, CS Bagas: setidaknya mengajukan pertanyaan berbeda, detail Orbit tapi ini tetap membuat saya naik pitam karena saat saya mengajukan laporan tanggal 30 mei, saya sudah mengirimkan detailnya via email. Walaupun tetap saya kirim ya ke whatsapp. CS bagas mengakhiri pembicaraan dengan melakukan pengecekan, yang sampai surat ini saya tulis (27 Juni) tidak ada informasi lagi dari CS bagas.
  5. 03 Juni 2021, CS Laura: melaporkan bahwa kendala sedang ditangani tim terkait. Sampai surat ini saya tulis (27 Juni) tidak ada informasi lagi dari CS Laura.
  6. 04 Juni 2021, CS Zaki: melaporkan bahwa kendala sedang ditangani tim terkait. Sampai surat ini saya tulis (27 Juni) tidak ada informasi lagi dari CS Zaki. Namun tanggal 27 Juni CS Zaki membalas keluhan saya dan menanyakan detail kendala. Berarti selama ini history tidak disimpan?
  7. 04 Juni 2021, CS Davina: melaporkan bahwa kendala sedang ditangani tim terkait. Sampai surat ini saya tulis (27 Juni) tidak ada informasi lagi dari CS davina.
  8. 04 Juni 2021, CS Ryan: melaporkan bahwa kendala sedang ditangani tim terkait. Sampai surat ini saya tulis (27 Juni) tidak ada informasi lagi dari CS ryan.
  9. 04 Juni 2021, CS Zack: mengajukan tata cara factory reset
  10. 22 Juni 2021, CS Zaki: menjawab permasalahan Orbit saya tapi tetap saja tidak solved.
  11. 24 Juni 2021, CS brian: melanjutkan menjawab permasalahan Orbit saya tapi tetap saja tidak solved.
  12. 27 Juni 2021, CS Zaki: menjawab pertanyaan saya, namun menanyakan kembali beberapa hal yang sudah saya kirim jawabannya bahkan dalam bentuk video!

12 customer care sudah melayani dengan lambat, seadanya, tidak menyimpan jawaban pelanggan, dan tidak menyelesaikan masalah. Bagaimana ini Telkomsel?

Mohon bantuannya untuk menyelesaikan permasalahan modem Orbit dengan nomor simcard: 081215186726 yang tidak kunjung usai. Terima kasih.

Beberapa bukti chat saya lampirkan. Walaupun tidak semua, takut membentuk persepsi terlalu negatif mengenai tsel Orbit.

Nurul Arifah
Bandung, Jawa Barat

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian Anda!
[Total:18    Rata-Rata: 3.3/5]

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan
Loading...

6 komentar untuk “Berganti-ganti 12 Customer Service Telkomsel Orbit Tapi Problem Tidak Terselesaikan

  • 28 Juni 2021 - (21:19 WIB)
    Permalink

    Paling modemnya memang rusak, ya beli baru lagi. Mungkin pernah jatuh, kebanting, keinjak dll. Kl modemnya itu dipinjami seperti indihome kl rusak langsung ganti baru. Itu beli atau dipinjami sama telkomsel? Kl beli berarti itu milik anda, kl rusak ya beli baru solusinya.

    2
    2
    • 29 Juni 2021 - (13:12 WIB)
      Permalink

      Beli dari Tsel. Seharusnya ada garansi 7 hari, karena saya tidak tahu yg bermasalah apa, jd saya eskalasi ke cust service dulu dong ya? Nah karena mereka lama membalas dan tidak pernah memberitahukan modem rusak sampai saat ini, jd masa garansi modem tuker baru. Kalau saja dari awal sudah disarankan mengurus pergantian modem (seperti yang Bapak sarankan) pasti sudah saya urus.

    • 5 Juli 2021 - (16:11 WIB)
      Permalink

      Halo selamat sore Pak. Sudah ada kejelasan dari pihak orbit, SETELAH SURAT INI TERBIT ada CS yg menghubungi saya untuk mengirimkan perangkat ke PT Intertec. Setelah PT Intertec menerima alatnya dipastikan memang rusak & akan diganti baru. Semoga artikel ini bisa membantu konsumen lain yang memiliki kesulitan sama. Memang kadang suara individu tidak didengar. Beberapa perusahaan memang lebih suka menanggapi apabila sudah ada intervensi publik.

    • 29 Juni 2021 - (13:13 WIB)
      Permalink

      Modemnya bisa menyala, hanya indikator sim card yg selalu eror. Saya sudah coba sim card lain, tetap tidak bisa. Sim card bawaan modem saya pindah ke modem lain bisa. Perkiraan saya yg bermasalah modemnya.

  • 27 Juli 2021 - (14:58 WIB)
    Permalink

    Namun sekarang bisa jadi cuman Telkomsel saja paling jarang menanggapi surat pembaca. om DennySiregar Saja stack. Telkomsel merasa di atas angin terus. bergerak triki sejak ganti logo.

 Apa Komentar Anda?

Ada 6 komentar sampai saat ini..

Berganti-ganti 12 Customer Service Telkomsel Orbit Tapi Problem Tidak …

oleh nurul-arifah_wahyuni dibaca dalam: 2 menit
6