Surat Pembaca

Flash Sale Shopee Apakah Hanya “Flash Dream”?

Saya Gardeni. Pada tanggal 16 Juli 2021 pukul 18.00, saya berhasil melakukan transaksi pembelian Flash Sale di Shopee, dengan produk modem Mifi Pro-link, nomor pesanan: 2107163UAT36XN. Namun sampai sekarang produk Flash Sale tersebut belum dikirim.

Saya chat dengan penjual, mereka tidak mau mengirimkan produk Flash Sale tersebut dengan alasan salah harga, dan itu karena kesalahan Shopee. Saya perpanjang masa garansi Shopee dan kirim email ke CS Shopee. Mereka meminta saya untuk menunggu karena penjual masih mengemas produk tersebut.

Apakah kejadian bulan Juni terulang kembali? Pada bulan Juni, tepatnya 18 Juni 2021 pukul 00.01, saya berhasil melakukan transaksi pembelian produk Flash Sale Shopee, yaitu printer thermal portabel. Namun produk Flash Sale tersebut tidak diproses/dikirim, dengan alasan yang sama: salah harga produk Flash Sale.

Saya coba email CS Shopee, jawabnya tunggu, nanti juga dana Shopee Pay kembali utuh. Saya dihubungi oleh RM Shopee, untuk meng-klik pembatalan pembelian produk Flash Sale tersebut. Saya tidak lakukan, soalnya susah dapat Flash Sale. Kemudian tanggal 26 Juni 2021 pukul 00.01, pembatalan otomatis sistem Shopee terjadi. Dana Shopee Pay saya kembali utuh dan saya terpaksa menerima semua itu.

Saya bertanya dalam hati, apakah saya dapat Flash Sale atau Flash Dream? Karena seolah-olah transaksi tanggal 18 Juni 2021 tidak terjadi. Penantian saya sekitar seminggu, chat sana-sini untuk memperjuangkan hak saya, ternyata dianggap tidak ada.

Apakah kejadian tanggal 16 Juli 2021 akan berakhir sama?

Terima kasih.

Gardeni Arisandi
Bandung, Jawa Barat

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Bagikan

Tanggapan Atas Surat Pembaca Ini

Tanggapan Shopee atas Surat Saudara Gardeni Arisandi

Terima kasih atas masukan Saudara Gardeni Arisandi. Shopee berkomitmen untuk menyediakan platform berbelanja yang aman dan nyaman bagi para pengguna....
Baca Selengkapnya

Komentar

  • TAKEDOWN Aplikasi SHOPEE di Play Store, turunkan jadi 1 Bintang. Biar dapat warning di Google & Aplikasi akan dihapus dari Play Store. Udah banyak Seller2 Nakal & apa yang dijual jauh dari ekspektasi. Shopee selalu berpihak ke Seller & CS nya rata2 Fresh Graduate yang Amatir dalam menyelesaikan masalah...!!!

    • Terimakasih atas perhatian dan komentanya.Saya hanya ingin tanggapan dan kejelasan dari pihak terkait.Dan berbagi pengalaman ketika mengikuti program Flash Sale.

  • Kasus ini pernah terjadi dengan saya. Saya memang tidak pernah belanja di sopih, jadi ini pengalaman dengan marketplace yang lain. Di sini kita bisa melihat mana yang profesional.
    Saya beli di promo flash sale sebuah alat Rerouter MI. Biasanya harga normal IDR100-110rb. Di flash sale harganya IDR7.800,-
    Barang dikirim dan dua hari saya terima dengan baik dan bayar dengan sistem COD.
    Tiga hari kemudian datanglah kurir mengirim berita bahwa barang itu ternyata salah harga, tanpa negosiasi, kurir sudah membawa surat beramplop: "Pernyataan Tidak Bersedia Mengembalikan Barang"
    Saya tinggal tanda tangan, dan beres tanpa beban.
    Menurut saya ini sangat keren dan sangat profesional.

    • Wah...asik,itu kak pengalamannya, dapat produk bagus,harga murah, pelayanan memuaskan.
      Ternyata masih ada e-commerce,dengan begitu profesional.
      Kalau boleh tahu,warna e-commerce nya apa kak?
      Terimakasih.

      • Lazada. Keren kan?
        Dan semua transaksi di Lazada saya pakai system COD, kirim ke kantor.
        Kebetulan saya beli di Seller yang ada logo Lazmall, karena kata CS ya kalau bermasalah dengan barang yang kita beli, proses retur lebih mudah, barang akan mereka ambil balik, lewat kurir LEX (Lazada Express).
        Rasanya semua Marketplace ada plus minus nya. Kita tinggal memilih mana yang cocok dengan situasi dan mood kita.

  • Klo menurut saya sih salah input harga / ga update harga terkini itu sih masih wajar aja.
    penjual biasa pun ada kok yg seperti itu.
    biasanya barang ga dikirim/dicancel. (ini pernah terjadi disaya)

    Tapi berhubung ini penjualnya katergori Mall dan masuk ke Flash sale efeknya bisa jadi fatal.

    Saya sendiri juga merasa flash sale pada beberapa e-commerce hanya iming" belaka , terutama jika harga yg ditawarkan super Fantastis murah meriah.
    Padahal sudah standby, pada detik itu juga ternyata stock langsung habis.
    Tidak heran pembeli merasa Flash sale hanya iming" belaka.

    • Terimakasih atas masukan, informasi dan komentar kakak.
      Betul sekali dengan pendapat kakak itu, apalagi saya sudah terjadi transaksi yang menurut saya sah,dan ini sekelas Mall.
      Saya sayangkan,pihak seller menuruti untuk tidak memproses pesanan dan pihak Relationship Manager Shopee mengirimkan email,menyuruh saya meng-klik pembatalan pesanan via aplikasi.
      Waktu berlalu dan pembatalan otomatis terjadi 26 Juni 2021.
      Dana shopee pay pada pukul.00.01 kembali utuh,saya hanya bisa kecewa,malu, capek chat sana-sini.harapan sirna dll.

  • ah itu biasa, CLICKBAIT dari penjual2 AMATIRAN. BERANI NGUYAH , tapi GAK BERANI TELAN. berani PASANG HARGA, tapi NGELES salah input. WTF! ngiput harga salah (jadikan alasan) , nyalahi shopee yang launch harga (jadikan alasan). dasar mental amatir , gak profesional. jual beli online itu resiko ya begitu. jangan tulis manusia salah dsb. kalau PEMBELI click payment , terus minta cancel apabisa pake alasang MANUSIA BISA SALAH? sebelum pembeli melakukan payment, itu sudah lewati beberapa tahap, sehingga finalisasi itu berarti PEMBELI SUDAH SADAR dan BERTANGGUNG JAWAB atas pembayarannya.

    sama juga PENJUAL! loe orang sebelum posting HARGA , sudah jelas lewati beberapa tahap! bahkan sebelum launching harga , sudah jelas melihat preview item yang akan di jual. OMONG KOSONG lah kalau posting model gini main kejar target. SEBELUM ACARA pasti sudah jauh hari ada persiapan. bau bau CLICKBAIT lah model penjual amatiran. kenapa saya bilang amatiran? karena gak berani tanggung jawab!

    https://www.dailymail.co.uk/sport/football/article-2705356/Manchester-United-blunder-gives-thousands-fans-chance-capitalise-club-website-error-offering-60-discount.html
    ini contoh , SALAH POSTING DISKON , ya harus telan! karena masalah profesional. ke penjual amatiran , jangan kau ngeles bilang ini kan perusahaan besar bla bla bla.
    kalau saya kasih contoh Penjual pribadi yang berani lepas barang , karena salah harga, mau ngeles apalagi.

    jadilah penjual BENAR dan JUJUR. 2021 masih clickbait. flashsale tapi kok mancing mania. jual beli online itu pihak pembeli gak bisa lihat barang langsung , jadi kepercayaan kepada penjual itu 100% semua dari pembeli.

    untuk seller model gitu! shame on you!

  • Saya herannya Gardeni Arisandi koq bisa sering dapat harga flash sale? bagaimana tipsnya? atau mungkin pake program apa?kalau orang biasa mau ngeklick aja dah tertulis barang habis dalam sekian menit .... saya malah merasa flash sale itu bukan flash sale yang beli paling ya alamat ghoib bikinannya shopee aja .....

    • Alhamdulillah,saya hanya bermodalkan aplikasinya terus di-update,saldo shopee pay, memantau produk flash sale dari pagi dan saya pasang alarm jam.Saya lebih sering memantau produk Mall Flash Sale,agar lebih terjamin.Setelah itu tangan bekerja dan berdoa.Untuk hasil kita serahkan pada Sang Pencipta.
      Pure tidak ada aplikasi tambahan.
      Terimakasih atas perhatian dan komentar nya kakak.

  • Alhamdulillah,ada... contoh ter-update,pihak prolink.id membantu saya mendapatkan hak produk flash sale dari toko prolink.id.Saya sangat berterimakasih untuk pelayanan, perhatian, kerjasama dari pihak prolink.id.
    Tidak hanya di aplikasi, pihak prolink.id terus melayani konsumen nya via WA.
    Seratus bintang untuk pelayanan profesional prolink.id.
    Terimakasih.

    • nah itu pasti keputusan management menengah/atas yg profesional.

      ingat yang mau dipertahankan bukan masalah nilai barang. tapi kepercayaan pembeli online kepada penjual. belum lagi Prolink ini pasti bukan kaleng-kaleng. good lah bilamana penjual mau tetap menjaga nama besar dan kepercayaan pembeli.

      • Terimakasih...kak, betul sekali dengan pendapat kakak tersebut.Konsumen sangat menghargai pelayanan seller seperti prolink.id.Dan untuk produk tidak diragukan lagi,.. pastinya TOP.
        Dan untuk blueprint,RM Shopee,I will do anything to make me feels better.

  • Dari dulu gak pernah ngarep banyak dari flashsale. Udah capek2 nunggu dan checkout sampe begadang tapi tetap akan ada drama. Entah itu bot, seller batal, dll.

    • Persis seperti yang kakak ceritakan, promosi flash sale gencar, giliran konsumen dapat...malah dipersulit, tidak diproses,dan konsumen jadi dirugikan baik moril maupun materil.
      Hal ini merugikan bagi saya pribadi yang mengalami nya...2x.
      Terimakasih.

    • Saya pun berpikiran sama sekarang ini, ternyata 2 kali dapat Flash Sale hanya karena kesalahan input harga dari Shopee ( chat dengan seller ). Untuk hoax atau tidak, nanti pihak Shopee berjanji untuk memberikan tanggapan tentang artikel ini.
      Yang pasti dapat Flash Sale Shopee ini, lama proses negosiasinya ( Juni - Agustus ) harus extra sabar,dan siap rugi ( waktu, harapan,malu,dll ).Itu pengalaman pribadi yang saya alami.
      Tapi mungkin ini jadi "pelajaran berharga" buat saya.