Surat Pembaca

Shopee Menyatakan Barang Hilang oleh Ekspedisi, Seller Dirugikan karena Hanya Diganti Senilai 10 Kali Ongkir

Saya adalah salah satu penjual di Shopee. Pada tanggal 31 Juli 2021 saya menerima orderan di Shopee senilai Rp2.363.500, dengan nomor pesanan Shopee: 210731BASQ01NM dan ekspedisi pilihan pembeli JNE Trucking, yang dikirim ke alamat di Kota Bogor. Orderan tersebut langsung diproses hari itu juga. Barang tersebut dibungkus kami bungkus dengan dus besar dan dikirim ke JNE dengan nomor resi: JT56522334327.

Pada tanggal 02 Agustus 2021 status pesanan di Shopee menyatakan: DELIVERED TO [POS JAGA RUMAH | 02-08-2021 22:18 | BOGOR ]. Namun pada tanggal 04 Agustus 2021 pembeli melakukan komplain di Shopee menyatakan belum menerima barang. Saya langsung mengirimkan bukti tracking resi karena sudah jelas saya sudah kirim barang yang diorder pembeli.

Pada tanggal 05 Agustus 2021 admin Shopee menyatakan sedang follow up ke ekspedisi JNE. Namun ujung-ujungnya dengan keputusan akhir yang sangat mengecewakan buat penjual. Pada tanggal 10 Agustus 2021, info admin Shopee berdasarkan investigasi JNE: Barang dinyatakan hilang oleh ekspedisi dan melakukan pengembalian dana penuh ke pembeli dan komplain pengaduan di Shopee ditutup.

Lalu bagaimana garansi saya sebagai penjual apa? Karena sudah jelas saya telah mengirimkan semua barang sesuai orderan dan pembeli juga tidak menyertakan asuransi untuk pembelian barangnya (Shopee juga tidak menyediakan pilihan asuransi seperti marketplace lain). Admin Shopee hanya meminta penjual untuk menunggu 1-5 hari kerja untuk proses klaim.

Dan benar saja pada tanggal 12 Agustus 2021 ada penyesuaian dana masuk dari Shopee senilai Rp475.000, dengan catatan penggantian barang hilang, yang berarti hanya diganti 10x ongkir.

Saya kecewa sekali dengan Shopee yang tidak bisa menjamin barang kiriman penjual. Jadi kalau jualan di Shopee seperti berjudi, kalau barang hilang di ekspedisi tidak akan ada penggantian yang sepadan dan Shopee main lepas tangan begitu saja. Sementara Shopee sangat tidak transaparan mengenai asuransi pengiriman. Permasalahannya di Shopee tidak menyediakan opsi asuransi seperti marketplace sebelah dan kalaupun saya mau asuransikan sendiri dengan JNE Cashless itu tidak bisa, karena sekarang pakai cashless.

Lalu untuk selisih nominal Rp1.888.5000 (Rp2.363.500 – Rp475.000) bagaimana pertanggungjawaban Shopee kepada saya, selaku penjual yang telah mengirimkan semua barang pesanan? Saya sudah menghubungi CS Shopee, tapi hanya disuruh menunggu dan menunggu, tanpa ada kepastian dan follow up lebih lanjut.

Jelvia Tjandra
Jakarta Utara

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Bagikan

Belum Ada Tanggapan Atas Surat Pembaca Ini

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pihak yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Komentar

  • Kok ente mau aja sih jualan di sop ee! Kurirnya je ente lagi, wadididiw.... sy mah ogah pake aplikasi Perusahaan asingopore

    • Seharusnya itu tanggung jawab marketplace sama perusahaan ekspedisi nya dong, mereka kan sudah menjalin kerja sama, jadi kalo ada masalah harus tangani sama sama sih menurut ku, harus ada kejelasan dari shopeee nya, karna dia yg udah nyediain pilihan pengirimannya, jadi dia dah yg ngurus ke pihak JNE nya

  • Saya mencoba berfikir seperti penjahat. Saya sebagai oknum kurir mengantarkan paket/barang pesanan, sampai tempat tujuan kemudian saya foto rumah sipenerima sebagai bukti bahwa barang telah saya antarkan (sebenarnya barang/paket saya bawa balik lagi kemudian saya gelapkan). Kemudian nanti kan ada laporan barang hilang. Terus apakah saya akan di hukum atau dipecat oleh perusahaan tempat saya bekerja??? kalau aman-aman saja, suatu saat nanti kalau ada kesempatan, hal tersebut pasti akan saya ulangi lagi, lha wong selama saya belum pernah mendengar kalau ada oknum kurir yg terbukti menghilangkan atau menggelapkan barang dihukum!!! Atau yg lebih enak kalau atasan saya juga ikut"bermain". Nanti kalau ada paket yg sekiranya berharga akan saya gelapkan, kemudian oknum atasan saya akan mencatat kalau barang hilang dalam pengiriman. Nanti kan penjual akan mendapatkan ganti rugi 10x ongkir dari perusahaan. Lha "kami" kan jelas untung, lha wong yg mengganti rugi kan perusahaan. Besok-besok kita ulangi lagi, lagi, dan lagi. Lha wong selama ini aman-aman saja kok...

    • ada, pernah terjadi di salah satu kurir sini dimana pelaku dibui.. tapi memang kasus begini biasanya tidak dipublikasikan karena bisa menimbulkan nama jelek perusahaan kurir yang bersangkutan.
      mereka melakukan secara internal sebagai efek jera buat kurir mereka sendiri.

  • Untuk @ShopeeCare tolong aktifkan opsi asuransi di Shopee biar adil dan semua merasa aman. Shopee ini kayak gak butuh saller aja selalu membela kepentingan buyer. Padahal semua saling membutuhkan. Apalah artinya shapee tanpa saller??? Pasti lgsg pulang ke Singapura sana kalo rame2 di tinggal saller.

  • kejadian ini pernah kita alami juga sama persis tetapi melalui Tokped, dan saat itu juga kita menggunakan JNE sebagai jasa layanan yg dipilih oleh buyer, tetapi pada saat status tracking sudah "on delivery" ternyata paket dinyatakan hilang oleh pihak JNE, dan pihak JNE pun tidak mengganti rugi apapun hingga hari ini meskipun paket tersebut juga tidak diasuransikan oleh pihak buyer, kita masih menyimpan foto paket yg kita kirimkan dan bukti resi dari JNE, karena kejadian tsb, kita sudah tidak pernah menggunakan layanan JNE lagi.
    Apakah memang pihak ekspedisi boleh seenaknya sendiri menghilangkan paket kiriman customer meskipun tidak diasuransikan ? dan bagaimana pertanggungjawaban kurir yg menghilangkan paket customer ?

  • Saran saya tinggal kan JNE di shopee maupun JD. ID.. cz kurang cooperarif jika barang hilang.. saya juga mengalami nya jualan di JD. ID dgn cashless JNE.. disitu juga tidak ada asuransi nya.. dan resiko kehilangan semua ditanggung seller.

    tokped n Blibli jauh lebih cz menfasilitasi ada nya asuransi

  • Tokopedia the best masalah beginian, bisa diselesaikan dg adil dan tidak berlarut larut lamaa....

  • kenapa bisa hilang. Tega bener di ganti cuma seharga 10X ongkir. Pihak" online shop kan biasanya pakai JNE halu yang cuma 5 ribu di X10 cuma 50 ribu dari harga 2 jutaan. Gila bener tuh shopee, seharusnya membantu mengklaim ke pihak Expedisi karena pengiriman otomatis dari sistem dan juga tanggung jawab dari pihak online shop.

  • saran saja. kalo di shopee jualan barang yg harganya 10x lipat ongkir, ada baiknya pilih ekspedisi yang sediakan asuransi dan bayar sendiri , sebab MP satu ini sepertinya lebih cenderung ke arah penjualan brg2 low value rumah tangga dan pernak pernik. contoh simpel, beli shampoo sachet harga seribu tapi ongkir gratis. dari surat2 sebelumnya sudah byk sekali kendala kehilangan dan seller pasti yang menanggung selisihnya sebab bagaimanapun pembeli pasti dikembalikan full. tapi ya sapa tau setelah SP ini dibaca mudah2an digantikan full.

  • Solusi paling ampuh adalah non-aktifkan JNE dari Jasa kirim toko anda. Dimedia konsumen sudah berapa kali tulisan itu paket hilang di JNE.