Proses Akun Pegadaian Digital ke Premium Kok Terkesan Berbelit-Belit?

Saya nasabah tabungan emas digital Pegadaian, yang terdaftar di KCP Delanggu-Klaten, Jawa Tengah. Setelah saya terdaftar, saya bermaksud untuk menjadikan akun saya PREMIUM supaya dapat bertransaksi dan memanfaatkan fitur-fitur yang disediakan dengan lebih baik. Namun, ketika mencoba memproses lewat aplikasi Pegadaian Digital muncul notifikasi:

Upgrade Akun Gagal Diproses. Data yang kamu masukkan tidak sesuai. Silakan datang ke cabang Pegadaian dengan membawa KTP untuk upgrade akun kamu.

Kemarin (12/10/21), saya coba datang untuk mengurus buku tabungan emas ini, sekaligus bermaksud memproses akun seperti yang disarankan lewat notifikasi tadi. Namun, oleh pihak KCP Delanggu dibilang proses upgrade akun PREMIUM hanya bisa dilakukan lewat aplikasi. Saya juga diminta untuk log-out lalu log-in lagi dan memeriksa status akun, tapi masih sama yakni akun STANDAR.

Kemudian saya coba komplain via email customer.care@pegadaian.co.id dan mendapat jawaban:

“Mohon maaf atas ketidaknyamanan yang dialami, dapat kami bantu informasikan apabila proses upgrade akun premium secara mandiri terkendala silakan datang ke cabang Pegadaian terdaftarnya saja dengan membawa KTP asli, buku rekening tabungan emas dan buku rekening Bank lain yang akan didaftarkan. Nanti akan dibantu oleh petugas cabang kami dan dilakukan pengecekan terlebih dahulu ya.”

Saya coba jelaskan lagi bahwa di cabang tetap diminta proses melalui aplikasi, kembali CS yang saya email menjawab:

“Mohon maaf atas ketidaknyamanan yang dialami, dapat kami bantu informasikan apabila proses upgrade akun premium hanya bisa dilakukan di kantor cabang dan dibantu oleh petugas cabang. Kami sarankan untuk silakan untuk mengunjungi cabang dengan menelpon help desk melalui konfrimasi pimpinan cabang. Dan apabila permintaan ditolak maka segera hubungi kami untuk dapat kami buatkan pelaporan pengaduan.”

Memang posisi tabungan emas saya masih di bawah satu gram, karena saya ingin melihat sejauh mana kualitas aplikasi Pegadaian Digital ini. Jika hanya untuk menjadikan PREMIUM saja terkesan berbelit-belit, mungkin saya akan berpikir ulang untuk melanjutkan rencana investasi saya lewat Pegadaian.

Kiranya dimuatnya Surat Pembaca ini dapat ditindaklanjuti oleh Pihak Pegadaian.

Terima kasih.

Widodo Surya Putra
Klaten, Jawa Tengah


Update (15 Oktober 2021): Terkait surat pembaca di atas, penulis memberikan apresiasi atas tindak lanjut dari pihak Pegadaian sbb:

 

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian mengenai Pegadaian Digital:
[Total:14    Rata-Rata: 3.2/5]

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan

5 komentar untuk “Proses Akun Pegadaian Digital ke Premium Kok Terkesan Berbelit-Belit?

  • 14 Oktober 2021 - (09:34 WIB)
    Permalink

    Pake ajaa lakuemas ato tamasia Pak.. Layanan emas pegadaian gk realtime capek ngurusnya, apalagi emas min 5 gr br bs dicetak itupun makan waktu 1 bulan lebih.. Kalah jauh menurutku sm punya swasta.. Pelayanan BUMN tapi koq lelet amat. Btw, sy bukan menjelek-jelekkan y cuman kritik aja, sy juga punya akun senilai 1.1 gr d tabungan emas pegadaian, udah malas top up.. Udah coba cetak bolak2 d tamasia dan lakuemas cepat pelayanan ada via wa jg bs dilacak jg datangnya kapan..

    2
    1
    • 14 Oktober 2021 - (11:54 WIB)
      Permalink

      Terima kasih buat ceritanya dan sarannya, mas. Coba nanti saya lihat2 dan bandingkan. Kalau memang sip, bisa segera saya coba…

      • 14 Oktober 2021 - (21:24 WIB)
        Permalink

        Kasusnya sama dengan saya,mau upgrade ke premium selalu gagal, diulang lagi tetap gagal, akhirnya harus ngurus di kantor,dan csnya sangat ramah dan siap membantu cuma 10 menit selesai menjadi premium.Kelebihan pegadaian digital ini adalah saat kita butuh dana mendesak, tabungan emas ini bisa menjadi jaminan.Prosesnya sangat mudah dan cepat, tak sampai 5 menit.

        • 15 Oktober 2021 - (14:39 WIB)
          Permalink

          Terima kasih sudah berbagi pengalaman. Untuk masalah yang saya alami sudah beres sejak kemarin malam.

 Apa Komentar Anda mengenai Pegadaian Digital?

Ada 5 komentar sampai saat ini..

Proses Akun Pegadaian Digital ke Premium Kok Terkesan Berbelit-Belit?…

oleh Widodo dibaca dalam: 1 menit
5