Pelayanan Buruk Gojek kepada Calon Mitranya

Saya coba mendaftar untuk menjadi mitra GoCar, dengan tahap awal mengisi data melalui link yang direferensikan teman saya (mitra Gojek). Saya pun mengisi data-data yang dibutuhkan. Saya mendapatkan informasi bahwa lolos tahap awal.

Kemudian saya dapat WhatsApp undangan untuk datang ke kantor Gojek pada tanggal 12 November 2021 pukul 10 pagi sampai 16. Saya datang sesuai jadwal, kurang lebih pukul 8:45 sudah di lokasi berharap dapat antrian urutan pertama. Namun ternyata petugasnya baru datang pukul 10:40 kurang lebih. Pelayanan macam apa ini? Gak menghargai waktu.

Akhirnya pukul 11:05 saya dipanggil untuk verifikasi data yang sudah saya input sebelumnya. Ketika sedang diverifikasi, saya mendapat SMS kalau pendaftaran saya DITOLAK.

Lucunya, ketika saya minta penjelasan kenapa pendaftaran saya ditolak, jawabannya: “Maaf pak, pendaftaran bapak ditolak. Sebelumnya bapak ada perubahan nama di KTP?”. Saya jawab iya. Saya pernah update data di KTP, tapi sudah lama.

Kemudian lucunya lagi petugas itu bilang kalau data di Dukcapil belum update, masih dengan penulisan yang lama. Penulisan di KTP lama: “Muhamad”, di KTP baru “Muhammad”. Kemudian saya diminta konfirmasi ke Dukcapil atau minta surat keterangan dari Dukcapil bahwa saya ada perubahan nama.

Ini petugas verifikasi calon mitra Gojek Tangerang, pada sekolah gak sih? Jelas-jelas KTP gua ter-update, dicetak dan diberikan dari Dukcapil, masa gua suruh minta surat keterangan ubah nama ke Dukcapil atau suruh update nama di Dukcapil??

KTP saya ini ter-update, bisa saya buktikan dengan saya membuat SIM dan rekening di bank, kenapa di data Gojek ditolak? Ini bukan Dukcapil yang belum update, tapi database kalian yang basi.

Undangan pukul 10, tapi pukul 10:30 aja petugas gak stand by, jelas petugas kalian lalai gak menghargai waktu. Dengan database kalian yang gak update, jelas pelayanan kalian gak mutu.

Dimas Muhammad Trio Pamungkas
Jakarta Barat

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian mengenai Gojek:
[Total:139    Rata-Rata: 2.3/5]

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan

42 komentar untuk “Pelayanan Buruk Gojek kepada Calon Mitranya

  • 13 November 2021 - (14:03 WIB)
    Permalink

    Selagi status nya masih CALON MITRA, lupaain aja dan cari penghasilan lain. Dari pada kedepannya sakit hati terus, baik anda ke Gojek atau sebaliknya.

    11
    1
    • 14 November 2021 - (18:07 WIB)
      Permalink

      Dear semua,
      Mengenai masalah KTP yang belum update, itu memang sering terjadi. Secara print out (offline) KTP bapak memang sudah tercetak dengan nama yang benar, tapi secara online sistem belum terupdate. Kalau sistem yang di pakai nge link langsung dengan sistem Dukcapil maka satu-satunya cara ya bapak harus urus dulu ke Dukcapil, mengenai hal ini bukan salahnya Gojek. Sama seperti sistemnya BPJS meski nama di KTP sudah benar tapi kadang nyantol di Sistem Dukcapilnya, mau dipaksain ya gak bisa. Memang itu untuk salah satu bentuk pengamanan data.
      Mengenai jam Undangan itu kan jam 10 – jam 16, ya tidak salah jika mereka melayani bapak tidak tepat pukul 10.00.
      Banyak pak yang menunggu lebih lama dari sejam dua jam hanya untuk ngantri interview.
      Kita yang butuh kerja harus sabar, memang dunia kerja itu kejam, tapi kalau bapak gak sabar hasilnya malah sakit hati.
      Apakah ini pertama kali nya bapak melamar kerja? Semoga ini bisa jadi pengalaman, bahwa tidak semua keinginan kita itu bisa terpenuhi, dan semoga bapak mendapatkan pekerjaan segera.
      Terima kasih untuk Media Konsumen yang selalu menjadi jembatan untuk menyampaikan beberapa hal, meski posisinya bukan konsumen tapi ini cukup membantu.

      12
      • 19 November 2021 - (09:21 WIB)
        Permalink

        KTP saya bukan cuma untuk dftr gojek aja pak, saya buka rekening di suatu bang swasta dengan KTP lama belum lama ini saya melakukan ganti kartu ATM dan di lakukan verifikasi oleh pihak bang, si cs bilang maaf Pak ini ada perubahan nama ya pak? Iya mba. Saya cek datanya sebentar ya pak. Gak lama pihak bang bilang, setelah di cek memang di dukcapil datanya sudah berubah ya pak, kohon menunggu kami proses penggantian kartunya.
        Kemudian februari lalu saya perpanjang SIM di mobile service, petugas SIM bilang wah namanya beda kih pak SIM lama sama KTP baru. Coba kita cek data nya sebentar ya pak.
        Trus Bpk petugas SIM bilang ini datanya sudah sesuai dengan KTP baru. Kita proses yaaaa….

        Lah kenapa gojek nyuruh saya ke dukcapil lah kocak.

  • 13 November 2021 - (17:03 WIB)
    Permalink

    Ya sama seperti seleksi, kenapa ngadu ke MK?? kayak paksa diterima gituu rasanya

    2
    8
    • 14 November 2021 - (08:11 WIB)
      Permalink

      Baru kali ini MK ada komplain lucu seperti ini bikin ngakak hahaha
      Anda mitra kan?? Istilah nya pencari kerja..
      Lah istilah pencari kerja di tolak lmaran kerja nya kok ngamuk haha,ga ada hubungan ya lagi dengan media nya,ini kan media konsumen anda konsumen ???
      Hahaha
      Baik gojek atau grab jangan sampe nerima mitra seperti ini bahaya untuk perusahaan manapun manusia macam ini

      3
      9
      • 14 November 2021 - (09:03 WIB)
        Permalink

        Kasihan penulis dibuli banyak komen ini sebagai calon mitra gak lolos ngadu ke mk bukan sebagai konsumen

  • 13 November 2021 - (20:15 WIB)
    Permalink

    Lucu ya orang sekarang. Ga lulus seleksi marah²😄😄, pakai segala ngata2in ini itu. Dan case ini apa masuk kriteria Media konsumen??

    8
    5
    • 14 November 2021 - (09:01 WIB)
      Permalink

      tapi lolos di tayangkan di MK oleh operator MK hahahahaaa, jadi hak-nya harus diterima seleksi ya gitu? haha

  • 13 November 2021 - (21:25 WIB)
    Permalink

    Kalau saya cermati & kalau tidak salah yah, gojek sudah bisa ngelink ke portal dukcapil, pas di liat di link database bisa jadi memang belum di update/di rubah namanya tapi, di sisi KTP memang sudah berubah dari “Muhamad jadi muhammad”
    Bener adminya bilang kalau bener yakin pastiin lagi cek di web link dukcapil…,

    4
    3
  • 13 November 2021 - (22:32 WIB)
    Permalink

    lah, sya punya juga begitu..
    di eKTP tertulis sudah benar “ARIS”
    eh taunya di database masih tetep salah “Haris”
    saya dulu taunya waktu mau ganti kartu BPJS, dan mbak yg diBPJS bilang, nama eKTP harus sama dgn Nama yg di database ducapil…
    dan saya baru sadar selama ini ternyata yg nulis diKTP tidak sinkron dgn yg di database.

    2
    1
    • 13 November 2021 - (22:55 WIB)
      Permalink

      Namanya media konsumen. Jadi harus ada keluhan dari konsumen. Lah ini calon mitra, lalu konsumen nya dari mana? Namanya CALON, berarti belum tetap. Lalu MITRA, namanya mitra itu beda dari KONSUMEN.

      KONSUMEN itu orang yang belanja barang dan jasa. Kalau MITRA berarti rekan kerja. Gitu aja komplain. Ibarat lu gak lulus CPNS, lu juga bakal gugat ke MK kah? Wkwkwkk….

      kocak kocak

      4
      9
    • 14 November 2021 - (07:21 WIB)
      Permalink

      Daftar lgi lah di Grab…lagian gojek
      Juga sepi di daerah sini malah ga laku
      Pernah install aplikasi gocar
      Dan ternyata susah banget cari pengemudinya😀😀😀

      2
      5
      • 14 November 2021 - (08:09 WIB)
        Permalink

        @Abang, susah cari driver bukan berarti gak laku, tapi mungkin karena posisi anda yang jauh dari keramaian. Ngapain juga driver mangkal disitu, jika gak ada pelanggan, atau cuma ada 1-2 pelanggan.

        Ojol tidak mau mangkal di tempat yang sepi pelanggan, mereka akan cari lokasi yang ramai pelanggan, bukan di kuburan.

  • 13 November 2021 - (23:32 WIB)
    Permalink

    yaelah kenapa daftarin diri di aplikasi maling🤣 jelas” karya anak bangsa membuat aplikasi maling🤣 udh mau di tutup nih aplikasi

    5
    9
  • 13 November 2021 - (23:37 WIB)
    Permalink

    Hahaha…. Di tolak dia ngambek… Umur doang tua…. Otak masih kayak anak balita ,yg ngambek karena gak di ajak kondangan…. Kocak…kocak dah ahh..

    4
    9
  • 14 November 2021 - (01:21 WIB)
    Permalink

    Klo udh jd mitra nanti lbh buruk lg pelayanannya pak, yg dipertanyakan atau yg dipermasalahkan apa dijawabnya dan ditanggepinnya apa dan malah nantinya diberikan sanksi, kgk nyambung deh pokoknya, sebagai contoh saya mempertanyakan perihal performa saya yg tdk bertambah dan saya menganggap saya dicurangi, eh malah saya dianggap minta orderan dan mrk berkata klo mrk tdk bs memberikan orderan, yg bs itu hanyalah sistem dan selanjutnya malah akun saya jd anyep, orderan jd jeda berjam2 seperti terkena sanksi. Udh kgk nyambung malah ngasih sanksi, begitulah GO-JEK dlm menangani mitra2nya..

    4
    3
    • 14 November 2021 - (03:56 WIB)
      Permalink

      Sabar anda memang harus ke dukcapil mungkin betul belum terupdate, mau daftar aplukasi ojol lainpun pasti jawabannya sama. Alhamduillah awal 2020 saya daftar by aplikasi tanpa kekantor dan bisa on bid langsung. Buat saya ngebantu banget masih bisa kerja dan berpenghasilan dsaat pademi seperti ini, coba ja apply aplikasi grab indriver lala move ato maxim, kali kbaca di server mereka ktp anda sudah update. Kalo belum segeralah ke dukcapil, ga ribet kok. Saya tahu anda kecewa tapi anda ga bisa nyalahin pihak gojek juga, karna sistem apk mereka memang begitu dengan tujuan buat keamanan pula dan ga ada akun fiktip atau akun ganda

      6
      3
  • 14 November 2021 - (07:24 WIB)
    Permalink

    Anda calon mitra Gojek yang buruk, ditolak jadi mitra ngamuk di MK. Sudah tepat Gojek menolak anda sebagai mitra karena karakter anda tidak baik, anda bukan tipe melayani tapi pinginnya dilayani. Penolakan anda karena perbedaan nama anda di e-KTP, seharusnya anda tidak konfirmasi ke dukcapil, bukan protes di MK.

    Seandainya anda mencalonkan diri jadi ketua RT kemudian anda tidak dipilih oleh warga karena sifat anda yang buruk, apakah Anda akan ngamuk ke warga?

    Saran aja, daripada anda jadi mitra ojol, mending kendaraan anda dipakai buat jualan sayur keliling, keluar-masuk kampung dan perumahan.

    8
    7
  • 14 November 2021 - (07:25 WIB)
    Permalink

    Jangan loloskan orang ini pihak gojek. Orang ini bakal banyak masalah nanti. jadi calon aja betingkah,apalagi udah jadi. Orang orang macam ni banyak gaya. Sok sokan komplen ,hidup nya penuh dengan komplen. Saya banyak pengalaman dengan orang macam ni

    8
    3
  • 14 November 2021 - (08:02 WIB)
    Permalink

    @succed, sepakat dengan Anda. Orang macam itu berbahaya, jika dia diterima bakal marah-marah kepada penumpang, dikit-dikit protes, salah sendiri ambil rute protes ke penumpang.

    Jangankan Gojek, aplikasi ojol yang lain juga gak akan diterima jadi mitranya, jikapun dia perbaikan data di dukcapil dan lolos, gak bakal lama sudah di PM oleh aplikator. Hidupnya penuh dengan prasangka, gak bisa menerima kenyataan, maunya benar sendiri. Payah!

    7
    2
  • 14 November 2021 - (08:28 WIB)
    Permalink

    Sabar pak….
    Tuhan tdk ijinkan anda join dgn Gojek, cari aplikator lain saja, di kota anda byk pilihan.
    Sebelumnya anda cek lagi ke ducapil buat pastikan, tp saya yakin udh terupdate, mungkin dr database Gojek saja yg belum update, krn anda mungkin waktu daftar masi pake ktp lama. Harusnya petugas Gojeknya bisa fleksibel aja, krn ktp terbaru sdh update, tinggal ubah aja entry aja ktp baru, ya mungkin petugasnya kurang memahami saja, jadinya ribet.
    Btw…
    Saya saran juga sih, on time lah itu petugas2 Gojek disana, warga di kasi notifikasi sistem datang ke kantor jam sekian, ya dari manajemen gojek disana harus konsisten juga dong, jangan semaunya aja datang …… Saya yakin soal komitmen waktu dr manajamen gojek ini dialamai juga di beberapa daerah.
    Jadi kejadian ini bisa saling interopeksi saja, si Bapak calon mitra dan Manajemen Gojek sendiri.

    Sekian 🌹🇲🇨

    2
    2
    • 14 November 2021 - (08:52 WIB)
      Permalink

      Penulis komplain diatas tipe orang yang tidak sabaran. Petugas bukan tidak melayani anda tapi mungkin banyak yang lain yang sedang dilayani, apakah penulis tahu petugas di dalam sedang apa? Jika menunggu 1 jam saja udah gak mampu, bagaimana mau melayani penumpang yang terkadang harus menunggu? Apakah anda anak sultan sehingga harus segera dilayani?

      Jika penulis berpikir sedikit, jika anda melamar kerja, anda harus menunggu panggilan untuk interview sampai beberapa jam aja gak bisa, mending anda cari kerja lain saja. Jual sayur keliling aja daripada ribet sendiri jadi ojol.

      3
      3
  • 14 November 2021 - (08:40 WIB)
    Permalink

    Ga usah lah yg kyk gini di posting di d media online, bkn malah simpati, mlah malu maluin di tmbah lgi bkin citra gojek jdi buruk, di tolak kog ngambek, data eKTP bermasalah ya dtang ke Dukcapil, bkn ngadu k media online, anda itu blm dewasa, msh pake popok bayi, aku jg mitra Goride, pas pndaftaran lancar aja, pdhal SKCK ga ada, ttp d terima, saranku perbaiki diri anda dulu, tukang ngeluh, coba aj berani ga komplain klu d kasih cobaan sma Tuhan, sekian terima gaji..

    3
    3
  • 14 November 2021 - (10:16 WIB)
    Permalink

    Perubahan data di dukcapil memang bisa menghambat proses verifikasi online. saya aja pindah domisili masih harus nunggu beberapa bulan agar bisa update.

    5
    1
  • 14 November 2021 - (12:55 WIB)
    Permalink

    Om TS anda sedang dalam psikis yang sedang terganggu (akibat dari masalah lain yang jauh lebih besar), rasionalitas dan toleransi anda menipis. Bisa ditebak dijalan rayapun anda sangat tempramental apalagi nanti harus membawa penumpang GoCar. Lebih baik benahi persoalan anda yang sedang berat saat ini sebelum memulai yang lain.

  • 14 November 2021 - (18:02 WIB)
    Permalink

    Ini ada orang ngeluh/curhat, tapi malah dibully….sakit jiwalah…temperamenlah…sok benarlah dll. Wahai sodara” yg paling pinter dan paling bener….ini ada orang berusaha cari kerja,baru nglamar sudah dikatain dan dicap orang ini ga bener!!! Kalian senang ya kalo ada orang susah dan susah kalo ada orang seneng!!! Jaman semakin canggih, tapi rasa kemanusiaannya luntur. Mau tau siapa yg salah?….SISTEMNYA…mikirrr!!!!

    6
    7
  • 14 November 2021 - (19:21 WIB)
    Permalink

    Gini loh, menurut saya data yg belum update emang itu di dukcapil. Karena dulu saat saya kerja di bank yg memang sistemnya terintegrasi dengan dukcapil tapi ketika pembukaan rekening baru data tidak ditemukan. Banyak kasus e-KTP memang sudah tercetak namun data belum di input/diperbaharui ke database dukcapilnya. Anda mengatakan bahwa e-KTP anda bisa buat buka rekening kan?? karena di salah satu bank contohnya BRI walaupun data e-KTP tidak ditemukan tetap bisa buka rekening dengan pengisian data manual oleh CSnya. Coba anda bisa tanyakan di semua bank BRI Unit khususnya ke mantrinya pasti pernah mengalami hal serupa, sudah e-KTP tapi tidak ditemukan datanya alhasil proses pengajuan pinjaman tidak bisa dilanjutkan dan nasabah harus mengurus atau memperbaiki dulu di dukcapil.

    • 19 November 2021 - (10:44 WIB)
      Permalink

      Saya sudah terangkan itu, KTP saya bisa di gunakan untuk ganti kartu atm di bank yang sebelumnya saya buat dengan KTP lama dan verifikasi dengan KTP baru, setelah di cek datanya relevan.
      Saya perpanjang SIM yang sebelumnya masih dengan penulisan KTP lama, dan perpanjang dengan KTP baru setelah di cek data relevan. Gimana dong pak?

  • 15 November 2021 - (10:12 WIB)
    Permalink

    anda sendiri yang tidak menghargai waktunya diri sendiri, disuruh datang jam 10, datang jam 9 kurang, yang tidak menghargai waktunya sendiri siapa? 1 jam itu bisa banyak hal deh, jangan berpura2 anda sibuk sekali sehingga orang tidak menghargai waktu anda, jelas anda pengangguran bisa datang secepat itu

    itu undangan sampe jam 4 sore pak, dan bukan hanya untuk anda saja

    • 19 November 2021 - (10:46 WIB)
      Permalink

      Maaf Pak saya pekerjaan swasta yang harus izin untuk keluar kantor, bukan pengguran. Terima kasih penilaian nya.

 Apa Komentar Anda mengenai Gojek?

Ada 42 komentar sampai saat ini..

Pelayanan Buruk Gojek kepada Calon Mitranya

oleh Dimas dibaca dalam: 1 menit
42