Uang Hilang di Aplikasi DANA!

Pada tanggal 26 November 2021, saya install aplikasi DANA, dengan tujuan untuk memudahkan saya bertransaksi. Kemudian saya menerima transfer sebesar Rp400 ribu. Saya berniat untuk menarik uang tersebut. Namun aplikasi DANA meminta saya untuk upgrade ke akun DANA premium terlebih dahulu, dengan syarat foto KTP asli dan verifikasi wajah.

Saya pun melakukan persyaratan tersebut, tapi ditolak dengan alasan KTP saya pudar. Saya pun melampirkan dokumen pendukung SIM dan Kartu Keluarga, yang saya rasa sudah cukup kuat. Namun tetap saja ditolak. Anehnya lagi, nama di akun saya, tidak tahu kenapa jadi nama adik saya. Padahal username atas nama saya.

Pada tanggal 27 November 2021, dana Rp400 ribu itu jadi hanya Rp11 ribu. Padahal saya masih belum bisa melakukan transaksi apapun, baik itu transfer maupun pembelian. Karena proses verifikasi yang diminta belum selesai.

Saya berusaha telepon call center, tapi apalah daya hanya tidak lanjut yang tidak jelas yang saya dapat. Sampai uang saya hilang pun, saya belum bisa menggunakan aplikasi DANA karena gagal verifikasi akun DANA premium.

Saya dan adik saya tidak membeli pulsa dan tidak bertransaksi apa pun di akun DANA tersebut. Namun terdapat transaksi pembelian pulsa di akun DANA tersebut, yang saya tidak tahu itu nomor siapa. Setelah kejadian itu akun DANA saya dibekukan dan saya sudah tidak bisa membuka lagi akun DANA tersebut.

Lorencia Meta Yulianti
Surabaya, Jawa Timur

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Bagikan

Tanggapan Atas Surat Pembaca Ini

Tanggapan DANA terhadap Keluhan Ibu Lorencia Meta

Kepada Yth. Redaksi Media Konsumen Di Tempat Perihal: Tanggapan terhadap Keluhan Ibu Lorencia Meta di Media Konsumen, “Uang Hilang di...
Baca Selengkapnya

Komentar

  • TURUT PRIHATIN ATAS KEJADIAN YANG DIALAMI, UANG GAK BISA KEMBALI KARENA ITU PEMBELIAN PULSA YANG SAH, IKHLASKAN SAJA TIDAK MUNGKIN DIGANTI

    • iya...paling tidak saya lega sudah mengutarakan di media konsumen.karena aneh saja,saya tidak bisa bertransaksi karena verifikasi blm selesai dengan alasan KTP pudar tp kenapa ada transaksi pembelian pulsa.paling tidak masalah saya ini jd pembelajaran dan informasi tentang aplikasi Dana.Dan semoga tidaj terjadi pada Anda

      • Halo..
        Saya mau tanya.. kalau akun ada ternama adikmu.. sebaiknya anda periksa KTP di akun adikmu ya .. karena untuk jadi premium itu hanya bisa 1 akun 1 KTP saja Tidak bisa 2 akun dengan 1 KTP sama tetap tidak bisa.. karena saya pernah daftar akun baru dengan KTP sama tetap tidak karena udah terpakai ke akun lama..
        Kalau akun Anda masih masalah dan belum perbaiki.. kuharap dana dapat bantu anda dengan adil bnr..
        Semoga dana dapat respon balasan anda..

  • Ala sebelumnya ada yg coba login ke aplikasi dana anda? atau anda chat dengan orang lain? atau anda memberi akses pin dan otp kpd org lain.

    Saya pikir akses pembelian pulsa itu hanya pemilik saja yg bisa karena membutuhkan pin saat transaksi dan jika nominal besar biasanya diminta kode otp untuk verifikasi lebih lanjut.

    semoga ada titik terangnya ya, semoga digantikan lebih besar kedepannya. semangat.

    • bagaimana trima kode otp aplikasi masih blm bisa di gunakan krn blm lolos verifikasi.
      belajar membaca dengan teliti sebelum berkomentar.
      semoga kejadian ini tidak menimpa anda sekeluarga
      saya sudah mengiklaskan ,trimakasih.

      • Akun dana bisa dipakai transakasi dalam masa menunggu verifikasi, yg tidak bisa cuma transfer uang, dalam masa tunggu, akun dana masih bisa di pakai beli pulsa atau bayar tagihan..

      • Ya si mba nya belum paham betul berarti. ko seolah olah menasehati saya hehe.

        Padahal saya berkomentar tidak menyudutkan sama sekali.

        Tidak masalah belum verifikasi PREMIUM, transaksi tetap dapat di gunakan kok.

        "semoga kejadian ini tidak menimpa anda sekeluarga kedua kalinya" izin kutip. saya sudah membaca dari atas sampai bawah. trimkasih.

  • Cuma mau menambahkan, setau saya akun belum premium tetap bisa transaksi misalnya melalui merchant dengan cara scan QR. Yang tidak bisa itu pencairan uang ke bank dan transfer uang ke nomor DANA lain.

    • Betul kata sebagian besar komentar disini. Untuk transaksi sperti pembelian pulsa, Dana bisa digunakan tanpa diupgrade ke premium dan hanya memakai pin. Jika untuk transaksi sprti transfer uang, mmg harus diupgrade. Mmg sih slh satu ksulitanny waktu ngambil foto yg sering buram, yg hrus disiasati pencahayaanny saat dipotret. Trkait knp gagal upgrade slain foto identitas sdh keliatan rincianny di screenshot, sy aja dlu upgradeny sampe kesel krn gmbarny mmg hrus jlas trutama nik & nama sdgkan kualitas gmbar yg dihasilkn aplikasi jelek bgt, ya mmg kitany harus gigih.
      Jk mmg sbelum diupgrade, kaka prnah mncoba mmbeli pulsa tetpi tdk bisa, itu aneh, sebab pmbelian pulsa utk nomor yg tdk kaka ktahui itu sj berhasil ( Atau entahlh jk aplikasiny yg error).
      Hal ajaib sprti yg kaka blg nama akunny berubah jadi nama adikny. Setau sy, klo username gk trlalu mslah, sdgkan nama akun otomatis muncul ssuai ktp yg tlah didaftarkan.
      Dan terlebih lagi, ada pin yg harus diinput saat bertransaksi (lagi2 entahlh jk aplikasiny yg error).
      Ini kasus langka sih jk diliat dr sisi pnulis. Smoga ada pnyelesaian

  • nyatanya saya tidak bisa melakukan transaksi apapun sampai dengan uang saya hilang dan sampai sekarang tidak bisa karena keterangan dari Dana proses verifikasi gagal karena foto KTP pudar
    Semoga kejadian ini tidak menimpa anda sekeluarga

    • Maaf kalau saya ikut komentar, dalam akun mbaknya terdapat foto profil adik anda.Dalam hal ini berarti adik anda telah melakukan upgrade ke dana premium pakai akun anda dan sukses.Karena setiap akun dana tidak boleh ada nik lebih dari satu,maka ketika anda mau upgrade ke akun premium otomatis ditolak (gagal). Apakah akun dana atau ewallet yang lain bisa diinstal pada perangkat HP lain dengan nomor pendaftaran yang sama?
      Bisa, saya juga pengguna dana dan akun ada di HP lain, caranya,unduh aplikasi dana,pilih sudah punya akun, maka sistem meminta pin dana, karena tidak bisa maka pilih otp,otp dikirim ke nomor hp yg didaftarkan di dana, input otp, selesai sudah akun dana bisa diakses hp yang berbeda.kemudian kenapa tidak bisa transaksi? karena pin sudah diubah oleh pemegang akun dana dalam hal ini hp lain.

  • Itu maksudnya apa ya? Ada struk transaksi 24 & 25 November, tapi baru install dana tgl 26 November?

    • Bisa saja DANA bisa kirim uang ke No HP, nanti penerima/No HP tersebut mendapatkan informasi penerimaan uang, yang mana harus melalui pembuatan akun DANA terlebih dahulu, sehingga 24&25 Nov itu uang masih di perantara sampai di tanggal 26 masuk ke Rekening Dana Penerima.

  • bagi jg pengalaman saya, DANA telah sedot payleter saya buat pembelian aplikasi applemusik, awalnya ada promo gratis seminggu ya iseng aja sy klik dan selanjutnya saya gak perna buka DANA soalnua saya gunakan dana cuma buat pencairan jualan di BL, dan alangkah kagetnya mlm jam 12 iseng" cek payleter kok ada tagihan hampir 500rb secara berkala perta ,16rb ,trus 35rb sampai puncaknya total hampir 500rb, untung saya tau bsknya langsunh sy minta bekukan akun , disini yg saya heran harusnya sebelum ambil uang nasabahnya kan hrs disertai kode otp sebagai verifikasi tanda kita setuju dan mengetahui, lah ini gak ada pemberitahuan tau" asal comot dana payleter, dan skr mau nagih DC tlp bergantian sdh saya jelasin sumpah bahaya pake Dana ambil uang payleter tanpa kode otp ngeri , tp gak akan sy bayar ngapain jg saya hrs byr pembelian yg tdk saya tau , hati" saja saling mengingatkan terimakasih

    • Dana dari dulu gak pakai OTP. Dia pakai sidik jari dan Pin doank. Mungkin dipakai adiknya tp gak ngaku

    • skrng BL pemcairan dana penjualan bisa langsung masuk k rekening bank tanpa pihak k 3 (dana).

    • Kalau itu murni ketidak tahuan mbak nya, jadi biasanya sesuatu yg gratis dlm jangka wktu tertentu disebut "subscription", yg arti nya dlm kasus mba, gratis 7 hari berlangganan setelah nya bayar, nah subscription ini sifatnya harus dibatalkan manual alias seblm lewat 7 hari, kita hrs batalkan berlangganan..kalau tdk dibatalkan dy akan otomatis tagihan ke kita..

      Nah walau ini kesalahan di kita tp emang bnyk jg yg kejebak karena kurang teliti baca iklan gratis nya..

  • Kok bsa ya..Sy pnh Duit nyangkut salah trfr 1 no rek bank...Lapor Cs kembali loh duitnya mkny msh pake DANA sampe skr...

  • Itu namanya bisa berubah jadi atas nama adik mbak gimana ceritanya? Apakah adik mbak juga mendaftarkan nomor ini di ponselnya? 🤔

  • Akun saya juga dibekukan sudah 2 minggu ini laporan masih belum ada tindak lanjut notif email cuma disuruh menunggu sedang diproses,emang selama itu proses sampai membutuhkan waktu 2 minggu belum juga dibuka padahal ada uang 1.1jt di akun tersebut..jika memang tidak ada konfirmasi lebih lanjut saya bakal bikin laporan polisi bahwa pihak dana menggelapkan uang nasabah