Klaim Asuransi Pengiriman Tokopedia yang Super Lama dan Bertele-tele

Pada tanggal 3 November 2021, saya membeli sebuah ponsel Poco X3 GT melalui toko resmi Xiaomi Indonesia yang berada di e-commerce Tokopedia. Pembelian dilakukan dengan metode tukar tambah HP yang dilakukan di Indomaret.

Setelah 6 hari menunggu, barang akhirnya sampai di Indomaret yang sudah saya pilih untuk melakukan tukar tambah.

Namun alangkah terkejutnya saya, ketika paket dibuka, barangnya sudah hancur seperti yang terlihat di bawah.

Lantas saya membawa ponsel tersebut ke Mi Service Center terdekat. Oleh customer service agent yang bertugas saat itu, saya diarahkan untuk membuat komplain kepada penjual dan kurir, karena barang baru saja saya terima dan ketika paket pengiriman ponsel tersebut dicek, tidak ada label penanganan khusus barang mudah pecah/rusak (fragile).

Percobaan komplain pertama saya ditolak, karena kurang bukti (video unboxing).

Admin Tokopedia Care kemudian mengarahkan saya untuk membuat klaim ke pihak asuransi pengiriman, karena saya sebelumnya telah membeli polis asuransi pengiriman.

Sesuai dengan sistem tracking Tokopedia seharusnya saya sudah dapat menerima hasil verifikasi klaim asuransi saya pada tanggal 10 November 2021. Namun hingga saat ini belum ada kejelasan.

Parahnya lagi, pada kolom diskusi admin Tokopedia Care hanya memberi jawaban yang bersifat ambigu dan bukan kepastian, seperti: “Dimaksimalkan, secepatnya, berkoordinasi dengan pihak asuransi, dll”.

Sebagai seorang mahasiswa dengan budget sangat terbatas, Rp4.299.000 begitu berharga bagi saya. Terlebih lagi ponsel tersebut akan saya jadikan sebagai daily driver (ponsel utama) saya. Mohon dengan sangat kepada Tokopedia Care dan PT. Asuransi Tokio Marine Indonesia sebagai penyedia asuransi pengiriman Tokopedia, agar segera menuntaskan klaim saya. Sehingga saya dapat mendapatkan hak saya kembali, yakni refund seharga barang dan ongkos kirim.

Terima kasih. Hormat saya.

Muhammad Andika Aryasatya Putra
Tangerang Selatan, Banten

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Bagikan

Belum Ada Tanggapan Atas Surat Pembaca Ini

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pihak yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Komentar

    • Kondisinya waktu itu saya terburu-buru mas, soalnya lagi di kota rantauan mau pulang

      • Karna gak ada bukti inboxing jadi lama
        Produk kalo jutaan selalu di vidio kalo mau inboxing..
        Itu si kesalahan kurir kayak nya ..

        • Sudah saya video unboxing mas, dan jadi barang bukti buat klaim asuransi...

  • Saran saya klo bli barang mahal² langsung saja ke outlet terdekat,, jgn online yg tergiur harga murah tp bermasalah

    • Selama ini saya belanja HP di toko online oranye sebelah, ga pernah seperti ini tuh, baru kali ini aja bisa rusak parah seperti ini

      • ga pernah denger tokopedia pake kurir ini... skrg ada gitu ?

        itu beli hp seken ? kok udah dipakein case bawaan ?
        Video unboxingnya ga keliatan ya.. moga bisa cepet beres.
        Saya sering sih beli di toped... 2 bulan lalu juga saya beli Poco F3 seken dan X3 pro baru. Aman sih.
        Cuma ga pernah saya tukar tambah, prosesnya bertele² dan kemurahan.

        • Saya juga pertama kali pake kurir ini di tokopedia, rupanya khusus untuk tukar tambah ajaa, aminn, terima kasih mbak

  • Halo, sekedar berbagi pengalaman dari saya yang pernah claim asuransi Tokopedia via Tokio marine.
    Proses dari pengajuan klaim sampai verifikasi dokumen yang saya alami adalah selama 18 hari. Dari tgl 10-28 januari Belum termasuk pengembalian dana kepada saya. Jadi estimasi yang tertulis adalah hanya perkiraan, namanya juga estimasi.
    Saran saya adalah tetep update di resolution center dan sabar menunggu.

    Terimakasih

    • Wah kalo sudah sampai segitu (asumsinya mas/mbak blm menerima uang refund) mending laporkan kesini saja mas/mbak....

      • alhamdulillah sudah cair.
        maka dari itu saya sarankan untuk bersabar memantau dan follow up di resolution center.

        karena yang lama itu verifikasi di tokio marine. setelah verifikasi berhasil sih sudah aman, dan bisa cair. dan kebetulan waktu itu saya lampirkan video unboxing dan foto masalahnya.
        karena setiap belanja online, mahal atau murah pasti selalu saya videokan proses unboxing dari awal. untuk mengantisipasi ada masalah pada paket.

        terimakasih

  • Tokopedia kalau buyer VS official store kayak Mi store iya langsung minta video unboxing. Sedangkan kalau lawan nya seller biasa, ga perlu unboxing, langsung acc komplain nya. Wkkwk. Pake video simulasi unboxing (paket udah di buka lalu di bungkus ulang) juga di terima. Standar ganda.

    • Kalo ga di up ke mediakonsumen/surat pembaca lain, kayanya ga bakalan gerak yah tokopedianya hehehe, soalnya lawannya perusahaan besar

  • {UPDATE}

    Pihak Tokopedia Care telah memberikan solusi di kolom diskusi berupa retur barang ke kantor Tokopedia Care dan refund dana (belum tahu apakah ongkir juga turut di refund apa tidak, rupanya juga belum termasuk dana hasil tukar tambah hp lama saya), namun untuk prosesnya juga dilakukan di kolom diskusi, bukan di bagian tindak lanjut klaim, wahh ngeri-ngeri sedap inii.

  • "Percobaan komplain pertama saya ditolak, karena kurang bukti (video unboxing)"

    Kalau tidak ada video unboxing dari awal sebelum dan sesudah paket tidak ada,jangan harap bakal dapat full refund dan klaim asuransi pun sulit.

  • Yang benar yang mana ya ? Di SP bilang tidak ada video unboxing , tapi di komentar bilang ada.. Saya kan bingung kakak...
    Kalo persyaratan lengkap Tokped gampang kok komplain, sabar aja.