Parahnya Jaringan Listrik PLN

Saya dengan Pak Hans, tinggal di Bogor, tepatnya di kecamatan Kemang, Bogor Barat. Saya ingin menyampaikan keluhan atas parahnya jaringan listrik PLN di tempat saya. Karena hampir tiap hari mati hidup dalam waktu 2 detik, bahkan bisa terjadi dalam 3 sampai 4 kali dalam sehari.

Saya sudah berulang kali melaporkan masalah gangguan ini ke call center PLN 123 dan melalui aplikasi PLN mobile. Namun tidak ada perubahan sama sekali, malah cenderung seperti dibiarkan saja. Terkadang laporan saya secara sepihak dibatalkan tanpa ada perbaikan.

Saya sangat bergantung sekali dengan listrik, untuk komputer saya bekerja. Kemarin sampai error karena saking seringnya padam bolak balik. Saya berharap bukan hanya sekedar tanggapan, tapi perbaikan yang nyata dan tepat.

Terima kasih atas perhatiannya.

Jung Hans
Bogor, Jawa Barat

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian mengenai PLN:
[Total:51    Rata-Rata: 2.5/5]

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan

16 komentar untuk “Parahnya Jaringan Listrik PLN

  • 19 Desember 2021 - (17:22 WIB)
    Permalink

    Segera beli ups untuk backup komputer anda. Tp kl komputer anda sudah pakai ssd meski sering mati listrik bisa tetap aman. Tp kl masih pakai harddisk segera beli ups sebelum komputer anda rusak dan data anda hilang semuanya. Saya sudah pernah mengalaminya. Gangguan mati cuma 2-10 detik itu dari gardu induk kl tidak salah. Bukan gangguan lokal. Sebagai buktinya ketika listrik mati langsung ada email dr pln kl sedang terjadi pemadaman listrik. Sistem peringatan dini spt itu hanya ada di gardu induk. Kl cuma mati lokal, meski hitungan jam tidak ada peringatan dini dr pln. Ditempat saya juga seperti itu.

    • 20 Desember 2021 - (03:53 WIB)
      Permalink

      Apa bedanya HDD dan SSD komputer dgn jaringan Listrik yg mati Hidup mas..
      😄😄😄

    • 20 Desember 2021 - (07:25 WIB)
      Permalink

      Mau HDD atau SSD kalau listrik ga stabil bisa tetep bikin masalah. Tegangan listrik “goyang” tuh bisa mengakibatkan power surge & apabila psu/power supply unit gagal mengisolasi loncatan arus tersebut, selain psu itu sendiri, motherboard bisa ikut kebakar, bahkan chipsetnya pun bisa kena.
      Satu”nya cara untuk menyelamatkan PC dari kerusakan akibat loncatan arus listrik ya dengan memakai ups (uninterruptible power supply) atau nama lainnya baterai cadangan.

      Saran anda untuk memasang ups sudah tepat, tapi masalah storage drive tidak berpengaruh besar dihadapan tegangan listrik yang meloncat / power surge

      • 20 Desember 2021 - (13:40 WIB)
        Permalink

        Nah berarti anda tdk bisa bedakan apa itu hardisk dan ssd. Harddisk msh menggunakan motor untuk memutar piringannya, jika sering mati listrik mendadak apalagi pas digunakan untuk pekerjaan berat spt main game, video editing dll, akan cepat mengalamai kerusakan, apalagi jika kapasitasnya besar. Sedang ssd menggunakan memory flash spt halnya flashdisk, micro sd dll.

        • 21 Desember 2021 - (13:06 WIB)
          Permalink

          Saya ga bilang ga berpengaruh, saya bilangnya masalah loncatan listrik itu tidak hanya berdampak negatif di storage doang bro. Tolong baca dgn seksama sebelum merespon

          • 21 Desember 2021 - (13:07 WIB)
            Permalink

            Biarpun pakai ssd sekalipun, kalo motherboard yg kebakar atau psu yg meledug tetep aja wafat tuh pc

      • 21 Desember 2021 - (00:00 WIB)
        Permalink

        Ngaruh bro harddisk,hardisk kalo mati butuh proses,kalo sering tiba tiba langsung mati nanti bisa rusak,tapi gak langsung rusak,hddnya kadang bakal ngadat kaga mau ngebaca file.tidak seperti ssd yang berbentuk chip,jadi kalo dipaksa mati pun tak masalah.

  • 19 Desember 2021 - (17:33 WIB)
    Permalink

    Terima kasih atas saran ny pak herry mulyanto..iya saya udah order ups untuk pengamanan cpu saya….iyaa pak saya juga pernh di beritahu ada masalah pada gardu induk nya tapi petugas pln yg lain mengatakan bahwa itu bentuk proteksi agar tidak terbakar kabel nya karena kabel pln di perumahan saya jg bercabang sampai dekat dengan perkebunan sawit jadi sering terkena pohon atau ranting…saya tidak mengerti mana yg benar yang jelas ini sangat merugikan konsumen pengguna listrik pln..harus nya mereka bisa memberi solusi terbaik bagi pengguna bukan membiarkan terus menerus terjadi

  • 19 Desember 2021 - (18:36 WIB)
    Permalink

    Persis di daerah saya juga seperti itu.
    Saya sampe punya logbook nya.
    Mati lampu 5-10 detik, nyala, mati lampu lagi, nyala lagi.
    Biasanya kalo di daerah saya malem-malem.
    Dan bukan hanya PC tapi alat listrik lain juga terancam seperti AC, kulkas.
    Tapi masalahnya PLN mana mungkin mau ganti kalo alat-alat itu rusak.

    • 19 Desember 2021 - (19:42 WIB)
      Permalink

      Itu dia pak ardi mereka pln hanya memberi tanggapan kata2 manis tapi tanpa ada perbaikan yang memadai..betul jika rusak apa pln mau ganti rugi barang2 elektronik kita? ,itu mustahil rasanya…untuk sekedar memperbaiki aja susah apalagi mengganti…saya sudah sampai bosan lapor bolak balik

  • 20 Desember 2021 - (03:58 WIB)
    Permalink

    Sbgi mahasiswa elektro sy jdi malah seakan tertantang stelah membaca mas mas ini yg sselalu kena dampak pemadaman listrik untuk membuat generator mandiri untuk kalian2.
    Klo sj ada yg memberikan modal dan kepercayaan.

 Apa Komentar Anda mengenai PLN?

Ada 16 komentar sampai saat ini..

Parahnya Jaringan Listrik PLN

oleh Jung dibaca dalam: <1 menit
16