Surat Pembaca

Paket Retur Shopee via J&T Hilang Tidak Ada Kabar

Perkenalkan, nama toko online saya di Shopee adalah Amelie Butik Wholesale. Pada tanggal 18 November 2021, saya mendapat order dengan nomor: 211118UCQBVBXF di Shopee, menggunakan kurir JNT. Namun paket secara sepihak diretur oleh sistem Shopee pada tanggal 26 November 2021, karena katanya alamat tidak jelas, tanpa ada klarifikasi terlebih dahulu ke buyer maupun ke saya sebagai seller.

Dana dikembalikan ke buyer oleh Shopee, sementara status barang yaitu blazer seharga 279.000 rupiah masih tidak jelas keberadaannya. Tanggal 28 November 2021, buyer mencoba memesan blazer tersebut kembali dengan order nomor: 211128NNVHVYVM. Saya sarankan menggunakan kurir Grab, puji Tuhan langsung sampai dengan alamat yang sama persis dengan yang pertama kali order.

Saya hanya meminta pertanggungjawaban JNT karena sampai sekarang paket yang diretur ke agen belum saya terima. Sudah berkali-kali saya tanyakan ke agen, tapi tidak ada hasil sampai tanggal 15 Februari 2022 saat saya menulis surat pengaduan ini. Pihak Shopee pun juga lepas tangan karena merasa sudah mengembalikan dana ke buyer.

Sebenarnya ini bukan kejadian yang pertama, tapi sudah kasus kedua kalinya barang saya hilang ketika dikirim menggunakan kurir JNT di Shopee. Sehingga saya putuskan untuk menonaktifkan layanan kurir JNT baik di Shopee, Tokopedia, maupun Bukalapak.

Amelia Wulandari
Jakarta Barat

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Bagikan

Belum Ada Tanggapan Atas Surat Pembaca Ini

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pihak yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Komentar

  • UPDATE TERBARU :
    Voucher senilai 279.000 yang diberikan pihak Shopee TIDAK VALID alias TIDAK DAPAT DIGUNAKAN.
    Di sini saya merasa diberi harapan palsu. Padahal saya sudah memenuhi S&K yang berlaku. Saya pun sudah menghubungi CS Shopee tapi anehnya dikatakan jika saya melanggar ketentuan. Dan laporan dengan no. 1496020794888552543 langsung ditutup sepihak oleh Shopee padahal belum selesai permasalahannya.
    Padahal voucher mau saya belanjakan di toko lain berupa dress dan boneka. Kalau cuma mau PHP lebih baik tidak usah bertele2 seperti ini. Sayang sekali marketplace sebesar Shopee mempermainkan seller / konsumen seperti ini. Saya tunggu itikad baiknya. Kalau voucher tidak bisa dipakai langsung kembalikan ke Shopeepay saja seperti permintaan awal saya.

    • Tulis aja SP baru kalau Shopee kasih voucher fiktif. Lah kebangetan pake banget lagi.. Yang sabar dan terus berjuang.

  • Permasalahan ini sudah selesai.
    Terimakasih untuk Shopee yang SUDAH MEMBANTU menyelesaikan dengan baik.