Transaksi QRIS Sukses di Aplikasi Home Credit, tapi Tidak Masuk ke Akun OVO Penerima

Pada tanggal 22 Maret 2022 saya melakukan pembelian kaca mata di Clean Optik Jl. Raya Pucung Bale Kambang Condet, Jakarta Timur. Karena saya tertarik untuk membeli kacamata baca, maka saya beli kaca mata baca dengan harga Rp50.000/pcs.

Kebetulan di tempat optik kacamata itu ada QRIS barcode untuk transaksi dan ditampung di akun OVO milik toko optik kacamata tersebut. Setelah itu saya scan pakai bayar nanti (PayLater) Home Credit, dengan cicilan Rp18.176, yang dicicil 3x sudah termasuk bunga cicilan.

Setelah di-scan dan setuju, transaksi sukses di Home Credit, tapi di rekening penampung OVO milik toko optik tidak masuk. Lalu saya ulangi men-scan barcode QRIS itu dan transaksi sukses 2 x Rp50.000, dengan cicilan masing-masing Rp18.176. Namun di rekening penampung pemilik OVO tidak masuk.

Yang jadi pertanyaan:

  • Ke mana menyangkutnya uang saya tadi?
  • Kenapa QRIS yang sudah disertifikasi oleh OJK/BI ini tidak bisa digunakan?

Perlu diingat bahwa bisnis jasa perbankan adalah bisnis kepercayaan. Sesuai dengan UU no 8 tahun 1999 tentang perlindungan konsumen Bab III bagian pertama pasal 4, hak konsumen diatur sebagai berikut: Hak atas kenyamanan, keamanan dan keselamatan dalam mengkonsumsi barang dan atau jasa.

Dimana kita sebagai konsumen mendapat hak tersebut. Dalam hal ini Otoritas Jasa Keuangan harus bergerak segera mengatasi hal ini. Karena OJK adalah lembaga pemerintah milik negara yang harus melindungi Warga Negara Indonesia.

Jakarta, 25 Maret 2022.

Budi Sasmiko
Jakarta Timur

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian mengenai Transaksi QRIS:
[Total:2    Rata-Rata: 1.5/5]
Tanggapan Home Credit atas Surat Bapak Budi Sasmiko

Yth. Redaksi Surat Pembaca MediaKonsumen.com, Sehubungan dengan keluhan dari Bapak Budi Sasmiko di MediaKonsumen.com pada 26 Maret 2022 di kolom...
Baca Selengkapnya

2 komentar untuk “Transaksi QRIS Sukses di Aplikasi Home Credit, tapi Tidak Masuk ke Akun OVO Penerima

  • 26 Maret 2022 - (20:52 WIB)
    Permalink

    PayLater udah bisa transaksi QRIS yah? Harusnya Bank Indonesia juga ikut ngatur regulasi dan pengawasannya, karena PayLater bukan hanya kredit online, tapi juga alat pembayaran transaksi seperti kartu kredit dan dompet digital.

 Apa Komentar Anda mengenai Transaksi QRIS?

Ada 2 komentar sampai saat ini..

Transaksi QRIS Sukses di Aplikasi Home Credit, tapi Tidak Masuk ke Aku…

oleh budi_sasmiko dibaca dalam: 1 menit
2