Surat Pembaca

Pesanan COD Shopee dengan Kurir J&T Sudah Diterima dan Dibayar Pembeli, tapi Pesanan Dibatalkan oleh Sistem Shopee

Saya penjual di Shopee dengan nama toko: Farmasi Online. Pada tanggal 23 Februari 2022, saya menerima pesanan melalui Shopee atas nama AH, nomor pesanan: 2202239H41NR9T. Paket dikirim pada tanggal 24 Februari 2022, melalui kurir J&T, nomor resi pengiriman otomatis: JP7359228941.

Pada tanggal 7 Maret 2022, paket sudah diterima. Hal ini diketahui dari chat pembeli yang mengatakan kalau paket sudah diterima, tapi belum bisa diklik terima. Saat itu saya menyarankan untuk menunggu, karena terkadang sistem Shopee memang agak lama update resi pengiriman.

Pada tanggal 12 Maret 2022, ketika saya cek ternyata paket sudah dibatalkan oleh sistem Shopee. Padahal status pengiriman masih di perjalanan. Saya pun lalu mencoba mengontak pembeli untuk meminta tolong pembeli membayar secara transfer saja. Namun ternyata pembeli mengatakan sudah bayar, karena pesanan COD. Pada hari yang sama, saya menghubungi pihak J&T setempat untuk meminta pertanggung jawaban, dan tanggapannya akan diproses.

Sampai hari ini tanggal 15 April 2022, masih belum ada tanggapan, apalagi pembayaran dari pihak J&T kepada saya. Ketika ditanyakan, terkesan lempar tangan. Apa pembelian COD bisa jadi modus kurir untuk merampok penjual? Ditunggu tanggapan dan tanggung jawab dari pihak J&T. Berikut bukti-bukti chat dan screenshot pemesanan yang dimaksud.

Yaya Liliana
Cianjur, Jawa Barat

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Bagikan

Belum Ada Tanggapan Atas Surat Pembaca Ini

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pihak yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Komentar

  • kurir cod dari j&t payah. . .gx mau antar paket. . .cuma nongkrong di gerai saja. . .apa gunanya kurir pengantar paket. . beda dengan yg lainya

    • Terima kasih komennya, saya sudah dikontak oleh perwakilan Shopee dan ternyata uang penjualan sudah dikembalikan penuh pada tanggal 12 Maret 2022. Terima kasih banyak Shopee.

  • Sistem shope BOBROK, paket statusnya d krm namun d batalkan oleh sistemnya secara sepihak tanpa ada pemberitahuan (ngeri" sedap). Layanan j&t kualitasnya menurun drastis. Cs nya GK brguna. Ketika laporan mau kita muat d media konsumen dll,barula laporan kita d prioritaskan. Takut d denda baik admin shope / cs expedisi. Saran sy nonaktifkan az codnya.