Pesanan COD Shopee dengan Kurir J&T Sudah Diterima dan Dibayar Pembeli, tapi Pesanan Dibatalkan oleh Sistem Shopee

Saya penjual di Shopee dengan nama toko: Farmasi Online. Pada tanggal 23 Februari 2022, saya menerima pesanan melalui Shopee atas nama AH, nomor pesanan: 2202239H41NR9T. Paket dikirim pada tanggal 24 Februari 2022, melalui kurir J&T, nomor resi pengiriman otomatis: JP7359228941.

Pada tanggal 7 Maret 2022, paket sudah diterima. Hal ini diketahui dari chat pembeli yang mengatakan kalau paket sudah diterima, tapi belum bisa diklik terima. Saat itu saya menyarankan untuk menunggu, karena terkadang sistem Shopee memang agak lama update resi pengiriman.

Pada tanggal 12 Maret 2022, ketika saya cek ternyata paket sudah dibatalkan oleh sistem Shopee. Padahal status pengiriman masih di perjalanan. Saya pun lalu mencoba mengontak pembeli untuk meminta tolong pembeli membayar secara transfer saja. Namun ternyata pembeli mengatakan sudah bayar, karena pesanan COD. Pada hari yang sama, saya menghubungi pihak J&T setempat untuk meminta pertanggung jawaban, dan tanggapannya akan diproses.

Sampai hari ini tanggal 15 April 2022, masih belum ada tanggapan, apalagi pembayaran dari pihak J&T kepada saya. Ketika ditanyakan, terkesan lempar tangan. Apa pembelian COD bisa jadi modus kurir untuk merampok penjual? Ditunggu tanggapan dan tanggung jawab dari pihak J&T. Berikut bukti-bukti chat dan screenshot pemesanan yang dimaksud.

Yaya Liliana
Cianjur, Jawa Barat

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian mengenai Kurir J&T Express di Shopee:
[Total:182    Rata-Rata: 2/5]

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan

44 komentar untuk “Pesanan COD Shopee dengan Kurir J&T Sudah Diterima dan Dibayar Pembeli, tapi Pesanan Dibatalkan oleh Sistem Shopee

      • 19 April 2022 - (12:34 WIB)
        Permalink

        Shopee harus memperbaiki sistem. Tidak bisa sepenuhnya menyalahkan kurir yang curang.sebab kita penjual apalagi kalo ratusan order dan bahkan ribuan order dalam sehari seperti saya.akan kesulitan bila terjadi cod sudah bayar tapi tidak di ttd kurir yang berakibat batal otomatis.dimana itu merugikan seller yang kita ga sadari. Bukannya untung malah buntung. Kalo kita off cod masalahnya jadi sepi karna voucher2 shopee kebanyakan cod bikin kesel. Cod tanpa persiapan matang dalam hal sistem yang aman buat buyer dan seller sih terutama. Mana pajak admin shopee ke seller itu tinggi banget tapi pelayanan dan keamanan ke seller sangat amat kurang

        • 19 April 2022 - (18:16 WIB)
          Permalink

          Terima kasih komennya, saya sudah dikontak oleh perwakilan Shopee dan ternyata uang penjualan sudah dikembalikan penuh pada tanggal 12 Maret 2022. Terima kasih banyak Shopee.

    • 19 April 2022 - (18:16 WIB)
      Permalink

      Terima kasih komennya, saya sudah dikontak oleh perwakilan Shopee dan ternyata uang penjualan sudah dikembalikan penuh pada tanggal 12 Maret 2022. Terima kasih banyak Shopee.

    • 25 April 2022 - (18:09 WIB)
      Permalink

      Fitur COD sebenarnya bagus, melindungi buyer, semisal paket hilang, buyer ga akan kehilangan waktu dan uang.
      Seperti saat saya order emas mini dari laz waktu itu, paket saya tetiba status hilang di sistem. Ya sebagai buyer, tentu lega. Saya tidak membayar di depan

  • 17 April 2022 - (14:52 WIB)
    Permalink

    Ini celah dari shopee, atau mungkin celah dari jntnya juga, jadi uang memang sudah dibayarkan oleh buyer, tp kurir tidak (seharusnya) langsung mengklik pesanan dterima, akibatnya, kalau masa pengiriman selesai, ya sudah, pesanannya dbatalkan shopee, buyer dapat barangnya, uang dipegang kurir (secara pribadi), dan seller harus kehilangan pendapatan..

    saya tahu seperti ini di Lazada, karena kalau uang diterima kurir tp tidak diklik terima, uangnya jelas dibawa kurir, entah buat apa, yang pasti paket pesanan beresiko batal dengan sendirinya… inilah kenapa COD ini sangat tidak dianjurkan..

    heran saya, sistem ini, tidak diperbaiki oleh Marketplace, karena memang rawan disalahgunakan kurir..

    20
    2
    • 17 April 2022 - (17:01 WIB)
      Permalink

      Berarti memang benar asumsi saya kalau cod ini bisa jadi modus kurir merampok penjual. Lalu sistem market place sendiri tidak ada konfirmasi langsung main batalkan pesanan itu bagaimana

      7
      2
    • 18 April 2022 - (06:23 WIB)
      Permalink

      maaf sebelumnya bukannya membela pihak mana, saya juga penjual di shop33 dan menggunakan sistem cod.
      sepengalaman saya, memang pihak kurir tidak memberikan uang bayar dari pembeli kepada penjual, tapi dari sistem shpee sendiri . dana langsung masuk ke penghasilan anda di akun shopee

      4
      3
      • 19 April 2022 - (00:23 WIB)
        Permalink

        Anda benar tapi kalau pesanan dibatalkan oleh sistem shop33, seller mau dapat duit darimana? Pihak kurir tidak meng klik pesanan telah sampai tujuan, padahal buyer telah bayar kepada kurir (COD)

        • 19 April 2022 - (11:55 WIB)
          Permalink

          Klu pun kurir belum mengklik pesanan sudah sampai sampai beberapa hari..nnti akan ketemu sama pusat kok,malah klu kena TTD pusat malah bikin ada denda nya 🙏,jadi uang bukan di pakai pribadi sama si kurir

          1
          2
          • 19 April 2022 - (18:19 WIB)
            Permalink

            Terima kasih komennya, saya sudah dikontak oleh perwakilan Shopee dan ternyata uang penjualan sudah dikembalikan penuh pada tanggal 12 Maret 2022. Terima kasih banyak Shopee.

          • 24 April 2022 - (23:17 WIB)
            Permalink

            Apa” yg jadi selalu KURIR yg di slahin. barang rusak karna packingan kurang baik salahin Kurir, Aplikasinya yg Eror salhin Kurir, Barang telat Krna Alamat dan No tlfon Salah Salahin Kurir, SARAN AJA NGAK USAH PAKE COD” AN BIAR KAMI JUGA SEBAGAI KURIR NGK DI TUDUH PAKE UANG COD!
            KERJA HOTEL BINTANG 5, GAJI KAKI LIMA..

          • 27 April 2022 - (12:17 WIB)
            Permalink

            Kasus selalu shopee. Ini murni kesalahan system dari shopee. Saya pernah alami itu juga. Bukan kesalahan kurir. Ga semua kurir nakal. Lebih banyak kurir yg bertanggung jawab kok. Posisi saya disini sebagai pembeli juga sekaligus penjual di marketplace 3 warna. Memang yg sering banyak mengalami kendala memang di yg 1 ini. System nya yg error’ atau kinerja programernya yg jahil. Tidak ada yg tahu.

        • 19 April 2022 - (12:01 WIB)
          Permalink

          setahu saya kalo sistem sudah tracking itu ga bisa dibatalin, pesanan pasti kalo ga diterima ya tidak dikirim karena alamat tidak jelas, kalo terbatalkan seperti itu bisa jadi ada keeroran di aplikasinya

      • 19 April 2022 - (07:30 WIB)
        Permalink

        Pesanan sudah dibatalkan sistem shopee karena tracking kurir tidak berubah masih di perjalanan padahal paket sudah diterima dan dibayar pembeli.

      • 19 April 2022 - (11:51 WIB)
        Permalink

        Mohon maaf sebelumnya teman”,saya adalah istri dari seorang kurir.setau saya jika barang sudah diterima tetapi tidak bisa di klik berarti sama si kurir belum di TTD,itu pun tidak bisa di anggap sepele loo.. beberapa hari kemudian jika tidak di TTD juga sama si kurir akan berakibat TTD dari pusat itu pun ujung-ujungnya pasti di setorkan sama si kurir.jadi tidak di pakai sendiri sama si kurir ya uang nya..
        Kalau emang di batalkan,pembeli kok mau saja menerima nya,kan bisa bilang sudah di batalkan dan minta si kurir untuk di retur . 🙏

        • 19 April 2022 - (18:20 WIB)
          Permalink

          Terima kasih komennya, saya sudah dikontak oleh perwakilan Shopee dan ternyata uang penjualan sudah dikembalikan penuh pada tanggal 12 Maret 2022. Terima kasih banyak Shopee.

    • 18 April 2022 - (09:20 WIB)
      Permalink

      Ini pengalaman saya,cuma saya sebagai pembeli..saya beli barang pake shopeepay,kurir pake sameday,barang udah di terima,saya bilang ke penjualnya bahwa barang udah di terima,tapi gak bisa klik slesaikan pesanan…akhirnya itu pesanan batal sendiri,shopeepay saya balik lagi,ternyata sellernya kirim pesan ada kendala di shopeenya,saya nunggu kabar dari penjual untuk lanjutannya gimana2nya,tapi gk ada kabar lagi smpe sekarang…

    • 18 April 2022 - (11:25 WIB)
      Permalink

      Maaf saya bekerja di Lazada dan sistem Lazada tidak seperti itu pak. Sistem di Lazada, ketika paket sudah diterima oleh customer, kemudian kurir melakukan yg namanya validasi.
      Artinya paket sudah diterima oleh customer dan uang COD sudah diterima oleh kurir yg mengantar.
      Kalau misalnya paket diterima customer uang COD diterima kurir tanpa melakukan validasi maka sewaktu kurir melakukan setoran ke hub akan langsung ketahuan.
      Simpelnya kalau paket sudah diterima customer maka uang COD wajib disetorkan, jika paket belum diterima customer maka sewaktu setoran paket tsb harus kembali ke gudang.
      Kalaupun misalnya paket tersebut hilang/terjatuh sewaktu pengiriman oleh kurir, maka kurir tersebut wajib mengganti seharga paket yg hilang tersebut ketika setoran.

      17
      • 19 April 2022 - (07:31 WIB)
        Permalink

        Ini saya tidak tahu, bagaimana metode verifikasi lazada? Apa benar dijalankan?

    • 19 April 2022 - (18:17 WIB)
      Permalink

      Terima kasih komennya, saya sudah dikontak oleh perwakilan Shopee dan ternyata uang penjualan sudah dikembalikan penuh pada tanggal 12 Maret 2022. Terima kasih banyak Shopee.

  • 18 April 2022 - (05:57 WIB)
    Permalink

    Lapor aja kepihak Shopee nanti uangnya juga diganti saya pernah mengalami hal seperti ini uang penjualan saya dibayar

    • 19 April 2022 - (18:21 WIB)
      Permalink

      Terima kasih komennya, saya sudah dikontak oleh perwakilan Shopee dan ternyata uang penjualan sudah dikembalikan penuh pada tanggal 12 Maret 2022. Terima kasih banyak Shopee.

  • 18 April 2022 - (06:46 WIB)
    Permalink

    Kasusnya tidak jauh seperti yang saya alami. Saya buka aplikasi yang dimaksud saya coba COD untuk barang yang mau saya beli. Setelah pikir-pikir karena pertimbangan lain. Saya batalkan pesanannya. Tapi apa yang terjadi pesanan tidak bisa dibatalkan. Padahal diaplikasinya ada pilihan dibatalkan. Saya pikir kalau begini jangan coba-coba klik COD kalau masih ragu. Betul saja setelah dua hari dua barang yang sama datang untuk dibayar. Untungnya tidak terlalu besar.

    1
    1
    • 19 April 2022 - (07:33 WIB)
      Permalink

      Maaf pak kalau sudah keburu diproses pesanannya memang tidak bisa dibatalkan. Betul pak kalau ragu jgn pakai cod, kasihan penjual dan kurir, tapi di lapangan yg sering kejadian malah sebaliknya, yg ragu2 malah milih cod

    • 19 April 2022 - (18:23 WIB)
      Permalink

      Terima kasih komennya, saya sudah dikontak oleh perwakilan Shopee dan ternyata uang penjualan sudah dikembalikan penuh pada tanggal 12 Maret 2022. Terima kasih banyak Shopee.

  • 18 April 2022 - (09:40 WIB)
    Permalink

    Lapor saja ke cs shopee kak, sebutkan nomor pesanan yg bermasalah. nanti uangnya akan masuk diganti ke saldo penjual. saya ada banyak juga dulu orderan yg seperti itu, trus lapor shopee diganti semua kok uangnya. pesanan dibatalkan walau paket sudah sampai itu adalah akibat ada orderan orang yg minta batalkan pesanan tapi gak kita tolak pembatalannya trus langsung kita kirim ke kurir, jadi akibatnya seperti itu sistemnya. saya tau karena saya sudah pengalaman banget masalah seperti itu. sekarang gak pernah lagi kejadian kayak gitu kak, karena kalau ada pelanggan minta pembatalan trus saya tolak pembatalannya karena paket sudah dipacking, kecuali pelanggan minta batalkan chat dengan saya dulu baru saya terima pembatalannya di shopee. jadi untuk solusinya kedepan kak, kalau ada pelanggan minta pembatalan tapi paket sudah dipacking dan mau dikirim maka secepatnya tolak pembatalannya di shopee kak. itu sih pengalaman saya dan gak pwrnah terulang lagi

    • 19 April 2022 - (07:35 WIB)
      Permalink

      Shopee kalau sudah dibatalkan pesanan memangnya masih bisa diusahakan uang penjualan nya?

      • 19 April 2022 - (12:03 WIB)
        Permalink

        Maaf bapak..saran saja lain kali klu emang datang 2x barang nya..bilang saja sama kurir nya saya pesan cuman 1 ..nnti bisa kokk di retur ,disini gpp lo cod itu di retur jika emang ada masalah…

    • 19 April 2022 - (18:17 WIB)
      Permalink

      Terima kasih komennya, saya sudah dikontak oleh perwakilan Shopee dan ternyata uang penjualan sudah dikembalikan penuh pada tanggal 12 Maret 2022. Terima kasih banyak Shopee.

  • 18 April 2022 - (09:58 WIB)
    Permalink

    Saya sebagai seller juga sudah 2 kali mengalami hal serupa, dengan kurir j&t juga. Jadi ada buyer yang membeli helm ke saya sebesar 800rb dan 1200rb menggunakan pembayaran cod. Dan beberapa hari kemudian buyer chat saya “barang sudah diterima tapi belum bisa klik pesanan diterima” saya khawatir waktu itu karena itu uang yang ga sedikit. Apalagi saya seller baru yang butuh perputaran modal yang cepat, status pengiriman baik di aplikasi atau di situs cek resi masih “paket sedang dalam perjalanan ke rumah anda” hingga di hari ke 3 tulisan berubah “paket trouble” dan saat itu saya langsung menghubungi cs shopee dan syukur dalam waktu 1×24 jam saldo saya langsung bertambah walaupun status pengiriman masih seperti itu

    • 19 April 2022 - (07:36 WIB)
      Permalink

      Terima kasih info nya ka, tapi saya cukup banyak pelanggan cod jadi kurang tahu bagaimana pantau masing-masing orderan.

    • 19 April 2022 - (12:18 WIB)
      Permalink

      Bener banget langsung info ke pembeli saja..dan saya menyarankan untuk semua penjual di berbagai aplikasi berhati-hati saat mengirim paket ke alamat yg sama secara bersamaan ( mengirim paket lebih dari satu pada alamat yg sama) mohon di cek nomer pesanan nya atau nomer resi nya.. yg sering terjadi adalah nomer resi yg sama pada paket yg sama (itu kesalahan pada nomer pesanan di aplikasi) jadi nnti paket nya datang 2x pdahal nomer resi nya sama(double resi).. itu nnti byr cod nya 1x krna yg kedeteksi cuman 1 seri…semoga membantu teman”

    • 19 April 2022 - (18:17 WIB)
      Permalink

      Terima kasih komennya, saya sudah dikontak oleh perwakilan Shopee dan ternyata uang penjualan sudah dikembalikan penuh pada tanggal 12 Maret 2022. Terima kasih banyak Shopee.

  • 18 April 2022 - (10:13 WIB)
    Permalink

    Saya sebagai penjual dan pembeli di shopee, ada pengalaman sbg pembeli sistem cod dengan kurir j*t, barang tidak dikirim, saya inisiatif ambil digudang langsung. Setelah brg diterima disistem shopee tdk bisa diklik terima, saya inisiatif langsung chat admin shopee tentang mslh tersebut setelh beberapa jam ud bisa diklik, smg bisa membantu jk ada mslh tsb langsung chat ke pembeli untuk minta tolong ke admin shopee, saya juga merasakan sebagai penjual juga. Hanya share untuk pengalaman

  • 18 April 2022 - (10:42 WIB)
    Permalink

    Kayaknya sih si kurir lupa menutup order paket yg sdh diterima pembeli.. Jadi statusnya masih di perjalanan

    • 19 April 2022 - (18:18 WIB)
      Permalink

      Terima kasih komennya, saya sudah dikontak oleh perwakilan Shopee dan ternyata uang penjualan sudah dikembalikan penuh pada tanggal 12 Maret 2022. Terima kasih banyak Shopee.

    • 19 April 2022 - (18:24 WIB)
      Permalink

      Terima kasih komennya, saya sudah dikontak oleh perwakilan Shopee dan ternyata uang penjualan sudah dikembalikan penuh pada tanggal 12 Maret 2022. Terima kasih banyak Shopee.

  • 19 April 2022 - (16:50 WIB)
    Permalink

    kurir cod dari j&t payah. . .gx mau antar paket. . .cuma nongkrong di gerai saja. . .apa gunanya kurir pengantar paket. . beda dengan yg lainya

    • 19 April 2022 - (18:18 WIB)
      Permalink

      Terima kasih komennya, saya sudah dikontak oleh perwakilan Shopee dan ternyata uang penjualan sudah dikembalikan penuh pada tanggal 12 Maret 2022. Terima kasih banyak Shopee.

  • 25 April 2022 - (17:12 WIB)
    Permalink

    Sistem shope BOBROK, paket statusnya d krm namun d batalkan oleh sistemnya secara sepihak tanpa ada pemberitahuan (ngeri” sedap). Layanan j&t kualitasnya menurun drastis. Cs nya GK brguna. Ketika laporan mau kita muat d media konsumen dll,barula laporan kita d prioritaskan. Takut d denda baik admin shope / cs expedisi. Saran sy nonaktifkan az codnya.

 Apa Komentar Anda mengenai Kurir J&T Express di Shopee?

Ada 44 komentar sampai saat ini..

Pesanan COD Shopee dengan Kurir J&T Sudah Diterima dan Dibayar Pe…

oleh Apotek dibaca dalam: 1 menit
44