Surat Pembaca

Shopee Melakukan Pengembalian Dana Secara Sepihak kepada Pembeli Sebelum Komplain Selesai

Kerugian akibat penyelesaian komplain secara sepihak di Shopee ini sebenarnya beberapa kali saya alami. Dengan berbagai keputusan yang kadang tidak masuk dalam nalar dan logika. Namun demikian saya sebagai seller sangat menyadari bahwa memang posisi seller sangat lemah, dimana Shopee secara masif memang nampak sekali ingin menjadikan buyer sebagai raja yang harus selalu dimenangkan guna menasbihkan Shopee sebagai marketplace terbesar di Indonesia.

Pada tanggal 16 April 2022 lalu pembeli saya mengajukan komplain karena terjadinya kesalahan warna barang yang tidak sesuai pesanan sebagaimana terlampir pada gambar. Saya sebagai penjual menyetujui pengembalian dana yang normalnya adalah dengan pengembalian barang terlebih dahulu. Solusi ini lazim berlaku di e-commerce lain yang masih mengedepankan win-win solution dalam penyelesaian masalah penjual dengan pembeli.

Saya pun secara berkomunikasi dengan pembeli terkait pengembalian barang melalui aplikasi Shopee dan mengisikan alamat pengembalian. Permasalahan yang muncul adalah ketika dalam waktu beberapa jam, permasalahan telah ditutup dengan pengembalian dana kepada pembeli dan permasalahan dinyatakan selesai.

Saya mencoba mengajukan komplain ke CS dan mendapatkan jawaban normatif, yakni akan diteruskan ke pihak terkait. Pada 20 April 2022, Shopee mengirimkan pemberitahuan kepada saya selaku penjual bahwa Shopee sudah berusaha menghubungi pembeli namun tidak mendapatkan respon dan sekali lagi masalah dinyatakan selesai. Hanya sesederhana itu.

Melalui Media konsumen ini saya meminta tanggung jawab Shopee sekaligus mempertanyakan komitmen Shopee untuk membuat sebuah platform jual beli yang bertanggung jawab dan adil bagi pembeli maupun penjual.

Saya pun menghimbau kepada para penjual untuk sangat berhati-hati, memilih produk-produk yang dijual di Shopee, terutama pada barang-barang yang berisiko tinggi, baik itu risiko pecah, rusak dalam perjalanan maupun risiko gagal transaksi baik akibat dari faktor pembeli maupun berbagai risiko lainnya.

Kejadian ini saya tulis di Media Konsumen mengingat sudah beberapa kali Shopee memberikan keputusan sepihak yang sangat tidak masuk akal dan sifatnya merugikan saya sebagai penjual.

Melalui Media Konsumen ini saya juga berharap bahwa penjual maupun pembeli dapat lebih teliti dalam memilih platform jual beli. Terkadang banyak faktor yang tidak terlihat oleh kita karena tertutupi oleh kamuflase promo-promo gratis ongkir, discount cash back dll yang sebenarnya pada kenyataannya tidaklah selalu menguntungkan, baik itu bagi pembeli maupun penjual.

Sutrisno
Sleman

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Bagikan

Belum Ada Tanggapan Atas Surat Pembaca Ini

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pihak yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Komentar

  • Sebaiknya cari kenalan advokat. Buat laporan dan penututan. 1 milyar bisa dituntut itu... Belum kerugian imateril terkait waktu dan perasaan.

  • Sabar sabar aja jualan di shopee 100 - 1000% seller pasti nggak akan dimenangkan sama shopee karena pembeli adalah maha segala benar dan harus dilayani tanpa mempedulikan seller

    • Mgkin menunggu perlindungan dan komentar dr negara lain dulu om. Kmrn jg awalnya masalah hak cipta begitu liarnya, seperti nggak ada problem. Tp platform tersebut tiba2 menjadi sangat peduli dan menertibkan hak cipta. Karena apa? Krna USTR bereaksi, memasukkan ke dalam list paltform yg memfasilitasi penjualan produk melanggar hak cipta.
      Ditunggu saja, semoga segera ada rilis platform yg paling tidak aman utk seller.

  • kalo dilihat dari ALUR komplain, sepertinya penulis tidak ngeh telah merubah solusi menjadi pengembalian dana tanpa pengembalian barang,
    di sopi tidak ada fitur tukar barang, setiap komplain solusinya kembali barang dan dana, atau kembali dana saja,
    biasanya kalo kembali barang, disuruh ngisi alamat pengembalian dst... baru konfirmasi barang telah sampai..

  • Kedepannya kalau ada komplain dari pembeli jangan klik setujui aja, lebih baik ajukan banding ke Shopee, nanti biar Shopee yang pantau pengembalian barang & dana sampai selesai. Karena untuk kasus ini, bisa jadi ada sisi salah dari seller ketika klik opsi setuju tersebut. Saya sendiri seller, dan tiap ada komplain selalu ajukan banding ke Shopee, biar si mimin yang rasa botnya itu muncul untuk pantau.

  • Ane jg udah mengarsipkan jualanan ane yg nilainya gede2, sering lihat shopee bermasalah klo barang ilang, pasti yg dirugiin penjual soalnya ga ada asuransi kerusakan kehilangan, ga kaya di toped atau BL