Surat Pembaca

Akun Shopee Diblokir, Shopee Tidak Mengembalikan Dana Retur Barang dan Pesanan yang Belum Dikirim

Selamat pagi Media Konsumen. Saya pengguna aktif Shopee dengan nama akun: ibrahiemmalikfatieh. Akun saya tiba-tiba dibatasi pada tanggal 3 April 2022 dan diblokir pada 4 April 2022, tanpa kejelasan dan tanpa pemberitahuan apa pun.

Saya sudah bertanya ke CS lewat telepon dan mengadukan perihal pemblokiran akun saya. Namun CS tidak memberi tahu saya alasan pemblokiran dan hanya meminta foto KTP untuk pengecekan lebih lanjut. Sampai saya mendapat email bahwa akun saya dalam masa tinjauan 30 hari sejak 4 April 2022.

Posisi di akun Shopee tersebut, saya sedang memesan 1 barang seharga Rp1.500.000, yang sudah saya bayar via transfer, tapi belum dikirim oleh penjual. Kemudian ada 1 pesanan yang saya kembalikan barangnya. Sudah saya kembalikan barangnya dan tinggal pencairan pengembalian barang, seharga Rp1.000.000. bahkan Shopee sudah kirim email, bahwa uangnya akan dicairkan ke saldo ShopeePay saya.

  1. Barang berupa kamera Nikon D3200 senilai Rp1.500.000. Pukul 8 pagi saya check out siangnya akun saya diblokir pada 4 April 2022. Riwayat transaksi ada diakun saya yang diblokir, harus dibuka terlebih dahulu. Mungkin karena itu juga Shopee dengan enaknya membiarkan. Nomor pesanan: 220321FUCCYXNP
  2. Barang pembelian berupa kamera Nikon D3100 dengan status dikembalikan ke penjual, senilai Rp. 1.000.000 (belum termasuk ongkir). Saya beli di Shopee masih dalam garansi Shopee, tapi karena ada minus saya kembalikan. Status sudah disetujui dana pengembaliannya oleh Shopee dan barang tersebut sudah diterima penjual. Notifikasi ke email sebagai bukti saya lampirkan. Namun sampai saat ini telah sebulan lebih dananya gak masuk ke rekening saya. Mungkin masuknya ke ShopeePay, tapi karena akun saya diblokir oleh Shopee, otomatis saya tidak bisa mengambil hak saya. Bukti email terlampir. Bukti nomor pesanan dan komplain terlampir. Nomor pengembalian: 220325215703862

Namun Shopee tidak mengembalikan dana saya, total Rp2.500.000. Akun saya diblokir dan uang saya tidak dikembalikan. Saya sangat kecewa. Karena seharusnya Shopee memberi tahu alasan kenapa saya diblokir dan kenapa uang saya yang menjadi hak saya tidak dikembalikan?

Sekarang sudah lewat dari 30 hari masa tinjau yang diinfokan sebelumnya. Saya menyatakan bahwa saya tidak melakukan tindakan transaksi fiktif, gestun atau semacamnya. Saya mengadukan perihal ini dikarenakan Shopee tidak menanggapi keluhan saya. Hak saya yang masih ada pada aplikasi Shopee, secara sepihak diblokir oleh Shopee.

Mohon bantuannya Media Konsumen. Terima kasih.

Isman Ibrahim Maulana
Kabupaten Bandung, Jawa Barat

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Bagikan

Belum Ada Tanggapan Atas Surat Pembaca Ini

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pihak yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Komentar

  • Tinggalin semua layanan layanan digital kampreto macam ini,jamannya dah mo punah

  • Kalau saya curiga sama kasusnya pengembalian camera, coba yg ini d perjelas.. sepertinya alasan pemblokirannya ada disini.. kalau nanya d blok ya transaksi yg lain2nya pun otomatis tertahan semua karena dana pasti d hold di spay.

  • Saya besok rabu tgl. 18 mei 2022 mau datangi kantor shopee.

    Saya beli 2 tinta,
    Yang satu ada notif low ink dan satu lagi tidak dikenal,
    Bukti foto sudah saya kirim,
    Anehnya shopee secara sepihak mentransfer dana saya ke penjual.

    Sepertinya ada intrik antar oknum karyawan shopee dgn penjual.

    Saya yakin kejadian spt ini sering dialami banyak orang dan gak bisa dibiarkan