Akun Shopee Diblokir, Shopee Tidak Mengembalikan Dana Retur Barang dan Pesanan yang Belum Dikirim

Selamat pagi Media Konsumen. Saya pengguna aktif Shopee dengan nama akun: ibrahiemmalikfatieh. Akun saya tiba-tiba dibatasi pada tanggal 3 April 2022 dan diblokir pada 4 April 2022, tanpa kejelasan dan tanpa pemberitahuan apa pun.

Saya sudah bertanya ke CS lewat telepon dan mengadukan perihal pemblokiran akun saya. Namun CS tidak memberi tahu saya alasan pemblokiran dan hanya meminta foto KTP untuk pengecekan lebih lanjut. Sampai saya mendapat email bahwa akun saya dalam masa tinjauan 30 hari sejak 4 April 2022.

Posisi di akun Shopee tersebut, saya sedang memesan 1 barang seharga Rp1.500.000, yang sudah saya bayar via transfer, tapi belum dikirim oleh penjual. Kemudian ada 1 pesanan yang saya kembalikan barangnya. Sudah saya kembalikan barangnya dan tinggal pencairan pengembalian barang, seharga Rp1.000.000. bahkan Shopee sudah kirim email, bahwa uangnya akan dicairkan ke saldo ShopeePay saya.

  1. Barang berupa kamera Nikon D3200 senilai Rp1.500.000. Pukul 8 pagi saya check out siangnya akun saya diblokir pada 4 April 2022. Riwayat transaksi ada diakun saya yang diblokir, harus dibuka terlebih dahulu. Mungkin karena itu juga Shopee dengan enaknya membiarkan. Nomor pesanan: 220321FUCCYXNP
  2. Barang pembelian berupa kamera Nikon D3100 dengan status dikembalikan ke penjual, senilai Rp. 1.000.000 (belum termasuk ongkir). Saya beli di Shopee masih dalam garansi Shopee, tapi karena ada minus saya kembalikan. Status sudah disetujui dana pengembaliannya oleh Shopee dan barang tersebut sudah diterima penjual. Notifikasi ke email sebagai bukti saya lampirkan. Namun sampai saat ini telah sebulan lebih dananya gak masuk ke rekening saya. Mungkin masuknya ke ShopeePay, tapi karena akun saya diblokir oleh Shopee, otomatis saya tidak bisa mengambil hak saya. Bukti email terlampir. Bukti nomor pesanan dan komplain terlampir. Nomor pengembalian: 220325215703862

Namun Shopee tidak mengembalikan dana saya, total Rp2.500.000. Akun saya diblokir dan uang saya tidak dikembalikan. Saya sangat kecewa. Karena seharusnya Shopee memberi tahu alasan kenapa saya diblokir dan kenapa uang saya yang menjadi hak saya tidak dikembalikan?

Sekarang sudah lewat dari 30 hari masa tinjau yang diinfokan sebelumnya. Saya menyatakan bahwa saya tidak melakukan tindakan transaksi fiktif, gestun atau semacamnya. Saya mengadukan perihal ini dikarenakan Shopee tidak menanggapi keluhan saya. Hak saya yang masih ada pada aplikasi Shopee, secara sepihak diblokir oleh Shopee.

Mohon bantuannya Media Konsumen. Terima kasih.

Isman Ibrahim Maulana
Kabupaten Bandung, Jawa Barat

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian mengenai Shopee:
[Total:163    Rata-Rata: 2/5]

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan

35 komentar untuk “Akun Shopee Diblokir, Shopee Tidak Mengembalikan Dana Retur Barang dan Pesanan yang Belum Dikirim

  • 14 Mei 2022 - (11:56 WIB)
    Permalink

    biasanya orang yang melakukan gestun, transaksi fiktif akan mengatakan ini:

    “Saya menyatakan bahwa saya tidak melakukan tindakan transaksi fiktif, gestun atau semacamnya”

    mana ada yang melakukan hal tersebut akan mengaku wkwkwk

    15
    12
    • 15 Mei 2022 - (09:51 WIB)
      Permalink

      Yang komen bela shope berarti karyawan shope. W pake tokopedia ga pernah masalah. Mending pake tokopedia punya anak bangsa.
      Komplen cepat kok ga bertele2. Tokopedia mengutamakan konsumen. Shope itu kerjanya ga bener. Apalagi kurirnya ga sopan klo kirim barang . Lama kirimnya mending jnt beli sekarang besok pasti sampai.
      Gua aja dah males pake shope. Mending pake lazada atau tokopedia.

      21
      5
      • 15 Mei 2022 - (09:54 WIB)
        Permalink

        Shope mengambil uang hak orang lain. Padahal dia perusahaan kaya . Bakar uang terus buat kasih bonus driver food . Bayarin ongkir konsumen indonesia. Bakar uang sampai milyaran. Masa uang rakyat kecil 2.5 juta disikat juga. Kasihan terzholimin

        1
        1
      • 16 Mei 2022 - (05:40 WIB)
        Permalink

        Wahh anak Tokopedia juga nih pasti maka nya bela toped, 2 marketplace itu gak ada yg bener 100%, gw aja yg jelas2 pake 1 akun di toped malah di banned, hadehh

        • 16 Mei 2022 - (06:07 WIB)
          Permalink

          Selamat pagi team media konsument,
          Pertama saya ucapkan terimakasih atas diterbitkannya surat keluhan saya yg ditujukan ke shopee oleh media konsument hari kemarin 14 Mei 2022.
          Alhamdulillah, setelah pagi hari kemarin surat keluhan saya diterbitkan siang harinya ada cs shopee yg menelpon untuk memberikan tanggapan dan permintaan klarifikasi berkaitan keluhan tersebut. Selain itu cs tersebut menginfokan jika pengaduan saya berkaitan akun dan dana akan di prioritaskan.
          Selang beberapa jam, sore sekitar jam 3 ada cs shopee yg berbeda orang menelpon untuk memberitahu jika akun saya telah di pulihkan kembali. Cs tersebut juga meminta maaf atas ketidaknyamanan saya dalam mengakses aplikasi dan dana.
          Saya ucapkan terimakasih kepada media konsument dan team shopee yang sudah berkenan membantu dan merespon keluhan saya.
          Semoga kejadian ini tidak terulang kembali.
          Terimakasih team shopee.
          Terimakasih media konsument.

      • 16 Mei 2022 - (05:54 WIB)
        Permalink

        Shopee itu brjalan by system digital, bukan lagi dengan sistem manusia.. smua sdah trprogram sesuai dg tupoksinya, jika ada msalh sprti itu pasti lah ada sesuatu yg menyalahi sistem, entah disengaja atau tidak.. contoh, berburu free ongkir dg mnggunakan bberapa akun yg berbeda tp orangnya sama, itu jg mnyalahi aturan, tp bnyak yg mlkukan itu.. itu juga bukan trnsaksi fiktif, tpi itu mnyalahi aturan.. cba introspeksi aja, mngkn ada hal yg memang anda terlupa..

        1
        1
      • 16 Mei 2022 - (06:02 WIB)
        Permalink

        Kelihatan anda kurang paham dg sistem penjualan online.. kurir kan bisa pilih bos.. mau anda lewat toped atau lazada.. kan penjualnya jg bukan toped atau lazada.. kurir nya juga bisa pilih.. emng di shopee g ada pilihan JnT ?? Hadehh.. ente kira shopee itu penjual.. nulis panjang lebar tau nya ngepot…malu2 in bos..

    • 16 Mei 2022 - (16:36 WIB)
      Permalink

      Shopee punya garena itu kan. Emg ga beres dah dari jaman airpay wkwkwkwkwk. Klo ada masalah lepas tangan ajah tu dy. Tp dibenerin c setelah 1 bln gt hbs dimaki2 selama sebulan ama org bnyk wkwkwkwkwk.

  • 14 Mei 2022 - (20:00 WIB)
    Permalink

    Harus nya pihak Shopie jelaskan dengan detail Pelanggaran yang di lakukan, jadi kita bisa tau masalah nya.
    Akun Shopie saya ada pihak lain yang coba login, saya laporkan ke cs Shopie untuk untuk keamanan, malah saya yg dicurigai dan akun saya di batasi

    13
    1
  • 14 Mei 2022 - (22:03 WIB)
    Permalink

    Yg komen kayanya lebih tau dr shopee…
    Netizen maha benar dgn segala kampreto melihat 1 sisi masalah

    5
    2
  • 14 Mei 2022 - (22:44 WIB)
    Permalink

    Udah lah tianggalin shopee, marketplace terkenal paling tidak adil dan terlebih milik orang luar indonesia.

    Dari aku pribadi shopee lah yang salah tidak menjelaskan masalah dan paling sering melakukan tindakan semena-mena terhadap user nya.

    Mari semua pembaca utamakan layanan asal indonesia.

    11
    2
    • 16 Mei 2022 - (05:42 WIB)
      Permalink

      Shopee sama toped itu sama aja, banned akun sak enak nya sendiri tuh 2 marketplace, toped waktu asal banned di tanya alasan bilang nya alasan gak bisa ngasih tau, cihh

    • 15 Mei 2022 - (06:24 WIB)
      Permalink

      gw udah gak berani pakai shopee berjualan atau beli ,mending beli offline gan,ternyata bnyk toko yg lebih murah dari toko online kok,cuma manusia nya kadang males nanya nanya ,saya beli baseus tws encok di offline 150 ,sedangkan di toko online masih 170 keatas ,jadi pintar pintar kita ajah tanya tanya harga dulu ditoko offline gan ,dan gak akan ada masalah barang palsu,ketipu ,dan meminimalkan kerugiabndari pihak penyedia jasa layanan seperti di oranye dan lain nya

      8
      2
  • 15 Mei 2022 - (01:42 WIB)
    Permalink

    ada 2 sudut pandang yg saya tangkap disini .

    1 . Buyer Murni memang membeli dan Mengembalikan barang/Retur karna ada cacat fisik / kendala pada barang yang dibelinya dan murni kelalaian dari pihak Shopee .
    2. Buyer melakukan “JOKI RATING” untuk meningkatan Ulasan&Rating barang yg dijual ny pada akun Seller pada akun Seller yg dimilikinya hingga terindikasi pelangaran oleh shopee.
    MAAF JIKA SUDUT PANDANG KE 2 SAYA SALAH

    apapun masalah nya semoga cepat Terselesaikan

    2
    1
  • 15 Mei 2022 - (10:00 WIB)
    Permalink

    Kalau saya curiga sama kasusnya pengembalian camera, coba yg ini d perjelas.. sepertinya alasan pemblokirannya ada disini.. kalau nanya d blok ya transaksi yg lain2nya pun otomatis tertahan semua karena dana pasti d hold di spay.

  • 15 Mei 2022 - (21:07 WIB)
    Permalink

    Saya besok rabu tgl. 18 mei 2022 mau datangi kantor shopee.

    Saya beli 2 tinta,
    Yang satu ada notif low ink dan satu lagi tidak dikenal,
    Bukti foto sudah saya kirim,
    Anehnya shopee secara sepihak mentransfer dana saya ke penjual.

    Sepertinya ada intrik antar oknum karyawan shopee dgn penjual.

    Saya yakin kejadian spt ini sering dialami banyak orang dan gak bisa dibiarkan

 Apa Komentar Anda mengenai Shopee?

Ada 35 komentar sampai saat ini..

Akun Shopee Diblokir, Shopee Tidak Mengembalikan Dana Retur Barang dan…

oleh isman dibaca dalam: 1 menit
35