Surat Pembaca

Kualitas Admin Shopee Bagian Pusat Resolusi Sangat Buruk

Sebelumnya terima kasih banyak kepada Media Konsumen yang selalu membantu dalam setiap masalah kami. Surat ini saya tujukan kepada Manajemen Shopee Indonesia. Saya sebagai penjual merasa dirugikan oleh admin bagian pusat resolusi/komplain.

Sebelumnya saya merasa Shopee sudah banyak peningkatan dan perkembangan, dengan banyak terobosan barunya. Karena saya sebagai penjual di beberapa marketplace bisa melihat sejak saya mulai 10 tahun lalu.

Langsung saya cerita awal permasalahannya, pembeli membeli baby lotion 400 ml seharga Rp245.000, nomor pesanan: 2205121NA2MMNG. Saat diterima, pembeli mengaku bocor “hampir” separuh melalui chat. Saya sarankan ke pusat komplain agar dibantu klaim ke jasa kirim. Karena saya sebagai penjual telah memenuhi standar pengemasan aman sebagai berikut: bubble wrap, kardus tebal, plus stiker fragile, beserta penulisan syarat komplain umum berupa video unboxing sejak awal.

Pembeli komplain ke Pusat Resolusi Shopee, dengan nomor pengajuan: 220515210943362 dan kini ngakunya sisa separuh isinya dan melampirkan 1 foto. Dari sudut pandang saya, saya deskripsikan foto tersebut hanya box basah terbuka, itu aja. Namun itu yang dijadikan bukti yang kuat oleh admin Shopee yang kemudian menyetujui komplain pembeli. Terlalu malas menurut saya, admin yang bertugas saat itu.

Saya minta admin Shopee untuk meminta pertanggungjawaban ekspedisi saat itu. Namun sepertinya mustahil, karena di pusat komplain, hanya antara pembeli atau penjual yang rugi. Shopee dan jasa kirim tidak akan pernah rugi. Yang saya sarankan ke pembeli malah jadi bumerang.

Saya merangkum beberapa hal yang aneh, sebagai berikut:

  1. Pembeli pertama mengaku hampir separuh bocor akibat rusak, terus di pusat komplain mengaku separuh bocor.
  2. Pembeli tidak menyertakan nomor resi, jadi saya tidak tahu itu barang saya atau bukan, bahkan kardus tebal yang saya pakai tidak ikut disertakan sebagai bukti (ada nomor resi, stiker fragile di kardusnya).
  3. Separuh bocor artinya sekitar 200 ml bocor, bahkan logikanya 100 ml bocor aja. Kardus tebal luarnya uda pasti basah sekali, kenapa pembeli tetap menerimanya dan tidak menolak sejak awal?
  4. Perhatikan harga refund di foto yang diajukan pembeli Rp100.000, kenapa pembeli tidak mengajukan full jika tujuannya untuk kembalikan barang saat itu? Namun admin Shopee malah meloloskan full amount.
  5. Admin Shopee saat itu cepat-cepat menutup kasus tanpa bisa dijelaskan pendapatnya oleh penjual.

Jadi solusi yang benar menurut admin saat itu adalah penjual rugi full. Dengan terbitnya surat ini saya hanya bisa berharap pihak yang benar-benar bertanggung jawab atas kerugian ini, harap ada itikad baik untuk mengganti kerugian saya.

Sukardi
Jakarta Utara

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Bagikan

Belum Ada Tanggapan Atas Surat Pembaca Ini

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pihak yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Komentar

  • ... menuruskan..
    3. Berkepentingan konflik antara Shopee dan expedisi
    >> pengalokasian expedisi ditentukan otomatis oleh sistem Shopee dan konsumen hanya dapat mengubah setelah melakukan check-out. Nah ini sektor swasta, konsumen membayar kenapa tidak diperbolehkan memilih expedisi ketika check-out? Kenapa dipersulitkan untuk harus mengubah di halam Rincian Pesanan setelah checkout?
    >> Shopee memiliki jasa kirim iaitu Shopee Express: bagaiman Shopee bisa netral dlm memutuskan pengajuan yg melibatkan Shopee Exp? Ini spt wasit sepakbola yg juga bos tim yg sedang bertanding :D

    4. Pelayanan CS Shopee yg TIDAK pernah jelas dan efisien. Kami berikan contoh perbandingan:
    >> konsumen memesan utk dikirim via jasa Instant tapi request pengambilan paket gagal terus i) dicancel driver ojol atau ii) waktu2 tertentu yg sulit mendapatkan driver. Nah, ketika dichat meminta bantuan Shopee, diberitahu secara normatif "Akan diteruskan kepada tim terkair dan minta alamat email utk diberitahu hasil laporan". Dibandingkan si hijau di mana CSnya akan membantu mencarikan sampai dapat driver ojol.
    >> pengiriman lama di expedisi: apbila dilaporkan sering membutuhkan waktu beberapa hari utk memberitahu hasil investigasi

    5) Penjual dan konsumen sama2 membayar biaya administrasi utk setiap transaksi kepada Shopee berhak mendapatkan pelayanan yg layak dari Shopee. Solusinya ada pada Shopee bukan sekedar "kalau tidak suka kenapa masih berjualan di Shopee" :D

    Beberapa point di atas hanya sekedar berbagi dgn teman2 pembaca kolum ini. Mohon maaf jika ada kata2 yg tidak berkenan.

    • Kenapa tidak ada asuransi ? Karna apk ini murni hanya cari profit, ingin menguasai hulu-hilir. Tdk ada motivasi melayani. Ketika ada masalah tinggal benturkan aja seller-buyer-ekspedisi, beres. Padahal ekspedisi pun mereka yg tentukan otomatis, tdk semua pembeli tahu bgmna rubah ekspedisi sesuai yg mereka mau. Bisa rubah pun mereka ttp tdk bisa tau lngsg ekpedisi yg mereka inginkan/biasa mereka gunakan didaerahnya. Tdk ada Transparansi dlm sistemnya, misal mau beli brg, pembeli blm tentu tau itu brg Baru/bekas/rekondisi/repack/dsb padahal yg sy tau jualan di ecommerce ini penjual dkenakan biaya paling besar diantara ecommerce lain, belum lg pembeli dan penjual dijerat sekaligus dgn paylater/pinjol yg dikelola mrk sndri. Semoga banyak masyrakat yg menyadari ekonomi kita dijajah asing contohnya ya sperti ini.

  • Hari ini tim mediasi shopee menghubungi saya dengan menyelesaikan masalah ini dengan pergantian ganti rugi dari pihak shopee, dana estimasi cair 3-5 hari. Terima kasih kepada media konsumen. Media konsumen top banget, sangat netral karena butuh lebih banyak lampiran bukti agar isi surat konsumen benar adanya.

  • Kalau pengalaman saya SEBAGAI PEMBELI DI SHOPEE, saya HARUS PUNYA STOK KESABARAN YANG SELUAS LAPANGAN SEPAK BOLA DAN SEDALAM LAUTAN jika CHAT CS Shopee, komplain kelakuan Penjual yang tidak bertanggung jawab memenuhi kewajibannya. Pdhal saya sudah menunggu berhari hari dan penjual sdh chat siap dikirim. Ternyata barang TIDAK DIKIRIM . Uang saya tertahan sampai pembelian saya dinyatakan batal oleh sistem/pihak Shopee.