Surat Pembaca

Maskapai Super Air Jet Mengubah Jadwal Penerbangan Sesukanya

Tanggal 28 Mei 2022, sesuai pesanan booking tiket penerbangan IU-332, seharusnya jadwal terbang saya pukul 16.45 WIB. Saat saya tiba di bandara siang hari, saya print boarding pass via mesin, tanpa melihat hasil print, kemudian mencari tempat makan.

Saat jadwal penerbangan tiba, saya menunjukkan tiket boarding pass ke counter. Di sini permasalahan muncul, ternyata jam penerbangan saya diubah menjadi pukul 14-an secara sepihak, tanpa ada persetujuan dari penumpang, sehingga saya gak bisa berangkat.

Setelah ribut dengan CS Super Air Jet, ternyata pemberitahuan via SMS. Kenapa tidak ada telepon atau via email atau via WA?! Zaman sekarang SMS banyak penipuan dan pemberitahuan hanya melalui SMS, tanpa ada konfirmasi persetujuan dari penumpang. Seharusnya ditelepon!

Yang bikin shock, ternyata penerbangan yang saya pilih IU-332 pukul 16.45, tetap ada penerbangan sesuai jadwal dan ada juga penerbangan pukul 18-an. Lebih parahnya lagi, saya gak bisa ikut penerbangan tersebut, karena sudah penuh. Begitu juga yang pukul 18-an. CS mengusulkan jadwal penerbangan esok subuh, benar-benar mengecewakan, menyuruh subuh.

Menurut saya ini akal-akalan maskapai untuk mendapatkan penumpang/keuntungan, dengan memindahkan penumpang ke jam penerbangan yang lain seenaknya. Akhirnya saya mencari maskapai lain di sore itu mengingat keperluan (untung akhirnya ada dapat penerbangan green pukul 18-an).

Untuk dana refund akibat masalah ini masih proses di aplikasi perjalanan. Apakah bisa kembali tidaknya dana ini juga belum jelas. Keluhan ini pernah disampaikan/posting di IG Super Air Jet, tapi tidak lama kemudian dihapus oleh adminnya. Seharusnya diberikan jawaban dan penjelasan, jangan hanya image bagus saja yang diposting.

Sungguh sangat mengecewakan dan merugikan konsumen atas waktu dan biaya.

Maylinda Putri
Surabaya, Jawa Timur

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Bagikan

Belum Ada Tanggapan Atas Surat Pembaca Ini

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pihak yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Komentar

  • Perubahan jadwal oleh maskapai itu sudah hal biasa.
    Dan, umumnya diberitahukan melalui 2 media, SMS dan email yang digunakan saat memesan tiket.

    Kebetulan saya sering beli tiket pesawat, dan sering juga dapat informasi perubahan jadwal secara mendadak. Pernah juga di sms H-1.

    Untungnya SMS saya setting untuk pop up, sehingga selalu terlihat kalau ada pesan yang masuk...

  • ga heran karena satu group sama Lion Air. Servis sama buruknya. Hindari Lion Group: Lion Air, Super air jet, wings air. Terbukti mreka dinobatkan sebagai airline terburuk di dunia tahun 2022 krn tingkat ketepatan waktu hanya 40% (artinya 60% lain tidak tepat waktu). Sangat heran dengan manajemennya yg tidak ada niatan untuk memperbaiki servisnya mengingat masalah ini sudah bertahun2 bahkan berdekade. Dari regulator pemerintah juga tidak jelas apa regulasinya mengenai isu ini yg sudah pasti merugikan konsumen dan tidak melindungi hak konsumen. Very sad

  • Maskapai tidak seharusnya merubah jadwal penerbangan seenaknya.
    Ada penumpang yang sudah pesan tiket kereta untuk perjalanan selanjutnya, ada yang lanjut terbang dengan maskapai lain, ada yang harus jemput anak dulu dari sekolah, ada yang harus interview kerjaan dulu. Pendeknya, orang pilih jadwal penerbangan di jam tertentu pasti ada alasannya. Dengan memindahkan penumpang seenaknya, maskapai sudah mengacaukan jadwal yang sudah disusun dengan rapi.