Maskapai Super Air Jet Mengubah Jadwal Penerbangan Sesukanya

Tanggal 28 Mei 2022, sesuai pesanan booking tiket penerbangan IU-332, seharusnya jadwal terbang saya pukul 16.45 WIB. Saat saya tiba di bandara siang hari, saya print boarding pass via mesin, tanpa melihat hasil print, kemudian mencari tempat makan.

Saat jadwal penerbangan tiba, saya menunjukkan tiket boarding pass ke counter. Di sini permasalahan muncul, ternyata jam penerbangan saya diubah menjadi pukul 14-an secara sepihak, tanpa ada persetujuan dari penumpang, sehingga saya gak bisa berangkat.

Setelah ribut dengan CS Super Air Jet, ternyata pemberitahuan via SMS. Kenapa tidak ada telepon atau via email atau via WA?! Zaman sekarang SMS banyak penipuan dan pemberitahuan hanya melalui SMS, tanpa ada konfirmasi persetujuan dari penumpang. Seharusnya ditelepon!

Yang bikin shock, ternyata penerbangan yang saya pilih IU-332 pukul 16.45, tetap ada penerbangan sesuai jadwal dan ada juga penerbangan pukul 18-an. Lebih parahnya lagi, saya gak bisa ikut penerbangan tersebut, karena sudah penuh. Begitu juga yang pukul 18-an. CS mengusulkan jadwal penerbangan esok subuh, benar-benar mengecewakan, menyuruh subuh.

Menurut saya ini akal-akalan maskapai untuk mendapatkan penumpang/keuntungan, dengan memindahkan penumpang ke jam penerbangan yang lain seenaknya. Akhirnya saya mencari maskapai lain di sore itu mengingat keperluan (untung akhirnya ada dapat penerbangan green pukul 18-an).

Untuk dana refund akibat masalah ini masih proses di aplikasi perjalanan. Apakah bisa kembali tidaknya dana ini juga belum jelas. Keluhan ini pernah disampaikan/posting di IG Super Air Jet, tapi tidak lama kemudian dihapus oleh adminnya. Seharusnya diberikan jawaban dan penjelasan, jangan hanya image bagus saja yang diposting.

Sungguh sangat mengecewakan dan merugikan konsumen atas waktu dan biaya.

Maylinda Putri
Surabaya, Jawa Timur

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian mengenai Super Air Jet:
[Total:201    Rata-Rata: 1.9/5]

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan

24 komentar untuk “Maskapai Super Air Jet Mengubah Jadwal Penerbangan Sesukanya

    • 5 Juni 2022 - (06:08 WIB)
      Permalink

      Kuii maskapai apa mbakkapai mbok Ojo ngono nek ngrubah jadwal sakkarebmu dewe Jane numpak pesawat Poo odong- odong🤣

  • 3 Juni 2022 - (11:17 WIB)
    Permalink

    bentar-bentar, semua maskapai tidak ada yang pernah sih “meminta persetujuan penumpang”

    misal di flight itu ada 150 penumpang, 149 ditelpon sudah setuju, yang ke 150 kamu nih, ditelpon terus kamu bilang tidak mau

    mereka nelpon lagi ke 149, “eh maaf g jadi ganti schedule ya, ada yang g setuju”

    WKWKWKWKWKWKKWKW baru ngerti ada sistem kayak yang dipikiran mu

    semua pergantian schedule itu bersifat pemberitahuan dan memang mereka punya hak untuk itu, pastinya di S&K perusahaan ada

    saya jarang sih ditelpon untuk ganti schedule, biasanya SMS/email, apalagi super air jet, low cost carrier kan, beda kelas dong, sekalian aja minta mereka datang ke rumah/hotel mu minta TTD persetujuan anda untuk ganti schedule

    11
    37
    • 3 Juni 2022 - (20:39 WIB)
      Permalink

      Ivan jangan bacot sampah ga jelas di mk bacot kau membuat pembodohan. Pax pilih IU-332 pukul 16.45 dan jadwal tetap ada. Superjet yg bintang merayap ini tidak bisa pindah jadwal pax seenaknya selama jadwal penerbangan yg dipilih pax ada itu namanya hak pax.

      13
      1
    • 4 Juni 2022 - (00:51 WIB)
      Permalink

      Anda benar dari dulu memang di SMS kita harus cepat2 menghubungi pihak maskapai jika penerbangan kita dibatalkan
      Kayaknya dia baru pertama naik pesawat low cost

      3
      1
    • 4 Juni 2022 - (07:54 WIB)
      Permalink

      Kata siapa saya sayq bbrpa kali dari Citilink dan sriwijaya di telpon krn adanya perubahan jadwal trus dari lion juga .jadi klo adq perubahqn jadwal tersebut kita yg tentukqn mau di jadwal mana

      2
      1
    • 4 Juni 2022 - (14:53 WIB)
      Permalink

      mohon perhatian… kepada sdr ivan. kl balas komen otak nya jangan sampai ketinggalan… terima kasih.

    • 4 Juni 2022 - (20:37 WIB)
      Permalink

      Pengalaman gw naik super air jet sudah beli tiket dan saat mau check-in 1 jam sblm boarding oleh bagian tiketing dblg bhw gw ga bs ikut penerbangan sesuai tiket yg dibeli karena kursi habis ada 1 kursi tapi rusak 🤣😂 alasan BODOH gmn bisa habis kan tiket dh di beli H-2 hrsnya sesuai donk tiket dgn kapasitas kursk dan gmn bisa ada kursi rusak.

    • 5 Juni 2022 - (08:18 WIB)
      Permalink

      Saya pernah mengalami perubahan jam penerbangan saat terbang dari Denpasar ke Jakarta dengan Citilink yang di informasikan saat saya sedang on the way ke bandara tetapi penebangan saya yang ubah jam nya tersebut di mundurkan dari jadwal yang seharusnya bukan dimajukan sehingga saya hanya lebih lama menunggu saja di Bandara karna jadwal penerbangan yang dipindahkan ke jadwal sesudah jadwal terbang yg seharusnya dan pemberitahuan dari pihak Citilink lengkap melalui SMS dan telepon. Seharusnya jika memang tetap ada penerbangan di jam 16.45 (bukan ditiadakan penerbangan di jam yg dipesan oleh Penulis) maka pihak maskapai seharusnya memprioritaskan para penumpang yang sudah booking di jam penerbangan pukul 16.45 tersebut bukan mengalihkan ke jam lain, kalau kasusnya penerbangan pukul 16.45 tersebut ditiadakan dengan alasan operasional atau alasan lain mungkin masuk diakal kalau semua penumpang (termasuk Penulis) dipindahkan ke penerbangan sebelumnya atau penerbangan setelahnya. Tetapi menurut info Penulis jadwal perbangan pada pukul 16.45 tersebut tetap ada sementara Penulis tidak dapat ikut dalam penerbangan tersebut.

      Pertanyaannya adalah :
      Siapa saja penumpang yg ikut penerbangan pada jam 16.45 itu Kalau semua penumpang yang booking di jam 16.45 tersebut termasuk Penulis dipindahkan ke penerbangan pukul 14.00 ….. ????

      Kok bisa bisanya Penulis dan penumpang lain yg booking pada jam yang sama dengan Penulis dipindahkan penerbangannya ke pukul 14.00 sementara penerbangan pukul 16.45 masih on schedule ….

    • 5 Juni 2022 - (09:18 WIB)
      Permalink

      Yang saya tau, klo keterlambatan itu mungkin terjadi dan didata kebrangkatan tercantum, tapi jika no. Flight brubah apalagi dipercepat sdangkan psawat dg no. Flight awal masih ada, artinya itu perubahan yg memang harus dikonfirmasi.. Karena memindahkan penumpang dr satu pesawat ke pesawat lain (beda flight) walaupun satu maskapai itu dah bukan lagi masalah kendala terlambat atau dipercepat. Dan jarang2 ada penerbangan diindonesia yg jadwalnya dimajukan. Ada juga melorot

  • 3 Juni 2022 - (13:25 WIB)
    Permalink

    @Maylinda
    Mbak, begini lho . Masalah jadwal penerbangan ini sebetulnya gak pernah fix . Dikarenakan beberapa kondisi. Kebanyakan kasus itu di lalulintas bandara yg padat .Ini biasanya ada salah satu maskapai yang delay/cancel sehingga slot penerbangan harus diisi oleh maskapai yg lain.
    Apesnya karena pihak otoritas bandara melihat pesawat superjet standby/parkir, nah disuruhlah maskapai tsb untuk isi slot jadwal yg kosong tadi. Soalnya ada hubungannya sama air traffic control yg di menara gitu lho. Sy kurang ngerti jg sih masalah ini mah.
    Ya mau gak mau maskapai tsb musti “minggat”.

    Soalnya sy sering kejadian di CGK kalau kirim barang via pswt makanya diwanti2 6 jam sebelum keberangkatan itu barang musti sdh ada di gudang ekor pesawat. Jadwal flight 18:00, jam 15:00 dah takeoff!
    Mending domestik, ini internasional.

    Nah untuk ngakalinnya, inisiatif pasang Flightradar24 di henpon. Set aja di nomer pesawatnya brp nanti interval 5 menit di refresh. Ketauan deh pesawat yg mau takeoffnya itu aktualnya di jam brp.

    Ya kl mbak kesel, sudah pasti kesel/emosi/marah itu normal dan manusiawi Semoga refundnya dapat cepat.

    Untuk kedepannya, yg sering menggunakan jasa pswt trbang. Pasanglah flightradar24, lumayan cukup bantuin.

    5
    6
  • 3 Juni 2022 - (15:05 WIB)
    Permalink

    saya selalu pakai garuda, kalau ada perubahan jadwal di sms, email dan telepon tidak tahu kalau maskapai lain standarnya ternyata hanya sms. tapi meski sms pun seharusnya tetap terbaca, saya tiap dapat sms selalu saya baca baik sms normal maupun SPAM.
    Kalau persetujuan, bahkan sekelas garuda juga tidak minta persetujuan tapi pemberitahuan, tapi kalau tidak cocok dengan jadwalnya bisa minta ganti jadwal lain atau refund

  • 3 Juni 2022 - (15:06 WIB)
    Permalink

    Boarding pass diprint tidak dibaca? wah biasakan selalu baca untuk konfirmasi ulang, nama, tgl dan jam boarding, nomer pesawat, tujuan, gate

  • 3 Juni 2022 - (16:41 WIB)
    Permalink

    Ini airlines budgetkah? Mungkin kita harus hati2 yah kalo pakai airlines budget semuanya semampu mereka saja. Tapi saya pakai air asia di email,dan sms juga sih…. moga2 dapat refund kalo maju ribet juga yah…

    • 4 Juni 2022 - (00:48 WIB)
      Permalink

      Anda yang sepenuhnya SALAH
      Perasaan dari dulu pihak maskapai tidak pernah meminta persetujuan anda
      Dan mereka mengirim SMS sudah sangat benar. Anda apa baru pertama naik pesawat?

      2
      2
  • 3 Juni 2022 - (20:00 WIB)
    Permalink

    Kronologi yang diceritakan sungguh membagongkan. Hanya demi urusan perut, tidak memperhatikan tulisan di boarding pass. Kayaknya gak mungkin juga pihak maskapai hanya beberapa jam saja mengirim pemberitahuan reschedule tiket via sms. Nomor HP itu kunci, setiap pemberitahuan akan dikirimkan via SMS terlepas aplikasi apapun itu. Jadikan pelajaran kedepannya. Jangan abai terhadap hal-hal vital dlm hidup. Hal tersebut akan merugikan diri sendiri.

    6
    1
  • 4 Juni 2022 - (03:55 WIB)
    Permalink

    Kalo utk Lion Group..harus aktif liat SMS…😁😁😁..trus biasakan ya apa apa tuh di baca lagi..cek tiket..jeli dan kuping harus aktif denger announcement di Bandara.

  • 4 Juni 2022 - (07:21 WIB)
    Permalink

    Kalau ganti pesawat semisal Garuda ke Citilink aty lion ke batik air itu wajar tapi merubah jam terbang penumpang itu tetap kesalahan di maskapai sebab penumpang beli tiket sesuai kebutuhannya bukan hanya memenuhi kursi pesawat. Masa dipindahkan seenaknya saja tetap salah maskapai.

  • 4 Juni 2022 - (08:52 WIB)
    Permalink

    Yah uda tau super air jet ini satu grup lion yg terkenal jadwalnya suka2 dia. Jangan berharap byk sm low cost kaya mereka. Mending pastikan se pasti pastinya dl baik boarding pass, ticket dan jadwal sblm berangkat. Krn sering kejadian seperti ini. Terutama d low cost. Mending agak mahal tp jadwalnya pasti

  • 5 Juni 2022 - (09:36 WIB)
    Permalink

    Perubahan jadwal oleh maskapai itu sudah hal biasa.
    Dan, umumnya diberitahukan melalui 2 media, SMS dan email yang digunakan saat memesan tiket.

    Kebetulan saya sering beli tiket pesawat, dan sering juga dapat informasi perubahan jadwal secara mendadak. Pernah juga di sms H-1.

    Untungnya SMS saya setting untuk pop up, sehingga selalu terlihat kalau ada pesan yang masuk…

    1
    1

 Apa Komentar Anda mengenai Super Air Jet?

Ada 24 komentar sampai saat ini..

Maskapai Super Air Jet Mengubah Jadwal Penerbangan Sesukanya

oleh maylinda putri dibaca dalam: 1 menit
24