Surat Pembaca

Penipuan Berkedok Program Upgrade Kartu BCA Prioritas melalui Iklan Facebook

Halo selamat pagi para pembaca Media Konsumen,

Terima kasih telah mengizinkan saya share pengalaman saya. Pada hari Sabtu tanggal 04 Juni 2022, saya menjadi korban penipuan yang mengatasnamakan BCA dengan modus Program Upgrade Kartu BCA Prioritas. Berikut ini kronologinya:

Awalnya saya tertarik dengan iklan program upgrade kartu BCA prioritas yang saya lihat di Facebook. Kemudian setelah saya klik, link-nya mengarah kepada chat WA dengan nomor +1 (204) 400-4751 menggunakan profil logo BCA centang biru.

Setelah direspons, penipu mengirimkan link pendaftaran, yang setelah saya klik mengharuskan input nomor kartu ATM dan PIN mBCA. Kemudian saya input dan selanjutnya meminta kode OTP, saat itu tidak ada kode OTP yang masuk, sehingga saya konfirmasi kepada si penipu.

Setelah itu si penipu meminta saya stand by di chat WA untuk kode OTP-nya. Kemudian penipu mengirimkan isian berupa teks yang selanjutnya diminta untuk saya kirim ke nomor 69888 menggunakan nomor hp saya yang terdaftar di mobile banking BCA saya.

Selanjutnya saya mendapat balasan SMS yang berisikan kode OTP, kemudian saya masukan OTP tersebut ke link website yang sebelumnya diberikan.

Kemudian si penipu meminta konfirmasi apabila sudah berhasil, setelah saya konfirmasi sudah berhasil si penipu meminta KTP dan data-data pribadi lain. Di sini saya baru tiba-tiba sadar. Benar saja, setelah saya cek saldo rekening BCA saya seketika hilang total 32 juta rupiah, dengan 4 kali transaksi debit sebesar Rp10 juta sebanyak 3 kali dan Rp2 juta sebanyak 1 kali. Segera saat itu juga saya menghubungi HaloBCA resmi di 1500888 untuk melaporkan kejadian ini.

Saya hanya berharap uang yang sudah diambil penipu dapat kembali, karena itu adalah modal kerja yang susah payah saya kumpulkan selama ini. Mudah-mudahan dapat didengar dan diberikan solusi terbaik.

Achmad Nurdiansyah
Kabupaten Bandung, Jawa Barat

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Bagikan

Tanggapan Atas Surat Pembaca Ini

Tanggapan BCA atas Surat Bapak Achmad Nurdiansyah

Menanggapi keluhan Bapak Achmad Nurdiansyah di Redaksi Media Konsumen tanggal 08 Juni 2022 dengan judul “Penipuan Berkedok Program Upgrade Kartu...
Baca Selengkapnya

Komentar

  • saya sedih 2022 masih sering baca berita yg kena tipu dr no WhatsApp yg awalan nya bukan Region Indonesia....??‍♂️

    ternyata banyak juga warga Indonesia yg blm tahu perbedaan Centang Ijo palsu

  • FYI pak, biaya iklan di FB itu murah ..
    Start from under 10 rb an. Jadi semua orang bisa beriklan..

    Saya saja hampir kena jebakan beli barang / gadget yang muncul di iklan FB.
    Komentar positif di iklannya pun gk bisa buat acuan pak. Soalnya kebanyakan robot yang komentar. Cara membedakan ya dari segi bahasa dan akunnya aja. Masa orang filipina bisa komentar bahasa Indonesia :D

  • Jadi intinya minta BCA balikin duit yang udah di kasih ke penipu..?? Saya kurang faham, mohon pencerahan ya..!!

  • Rada susah sih. Meskipun udah lapor ke kepolisian juga transaksi tersebut menurut bank adalah sah karena sudah ada pemberian OTP. Bank sudah berkali-kali menegaskan bahkan sering diiklankan kalau mereka tidak pernah meminta PIN, OTP ataupun password nasabah.

  • Hingga saat ini, iklan itu masih bertebaran di IG dengan akun yang berbeda2. Heran juga iklan kayak gini bisa lolos.

  • Halo, Bapak.
    Semoga khasus berhasil ditangani.
    Ketahuilah, nomer +1 dll selain +62 (Indonesia) itu biasa digunakan untuk khasus penipuan. Nomer tersebut bisa mereka dapatkan melalui aplikasi numero e-sim.
    Dan untuk penyelidikan seharusnya bisa dilacak dari mesin EDC atau DEBIT dimana itu terdaftar (dari hasil mutasi transaksi).

  • Lha.. bukannya kartunya upgrade nya di kantor bca nya? Koq upgrade via online?

  • Halo para pembaca media konsumen semua,
    Sebelumnya saya berterima kasih atas tanggapan dan komentar atas kejadian yang saya alami ini

    Dengan ini pun saya mengklarifikasi bahwa kasus ini sudah di tanggapi oleh pihak bank dalam hal ini BCA dan sudah ada penyelesaian yang dilakukan

    Pelajaran untuk kita semua khususnya saya pribadi bahwa saat ini para penipu masih berkeliaran dan mungkin selalu memperbaharui modus penipuannya, sehingga waspada dan selalu merasa curiga bila ada promosi atau tawaran tawaran yang rasanya terlalu mudah dan menggiurkan

    Demikian yang bisa sya sampaikan, sampai bertemu di tulisan saya yang lain

  • Inalilahi ponakan saya ke scam habis di kuras sejumlah 113jt ludes dalam sekejap oleh pelaku seperti punya hipnotis.... ?