Penipuan Berkedok Program Upgrade Kartu BCA Prioritas melalui Iklan Facebook

Halo selamat pagi para pembaca Media Konsumen,

Terima kasih telah mengizinkan saya share pengalaman saya. Pada hari Sabtu tanggal 04 Juni 2022, saya menjadi korban penipuan yang mengatasnamakan BCA dengan modus Program Upgrade Kartu BCA Prioritas. Berikut ini kronologinya:

Awalnya saya tertarik dengan iklan program upgrade kartu BCA prioritas yang saya lihat di Facebook. Kemudian setelah saya klik, link-nya mengarah kepada chat WA dengan nomor +1 (204) 400-4751 menggunakan profil logo BCA centang biru.

Setelah direspons, penipu mengirimkan link pendaftaran, yang setelah saya klik mengharuskan input nomor kartu ATM dan PIN mBCA. Kemudian saya input dan selanjutnya meminta kode OTP, saat itu tidak ada kode OTP yang masuk, sehingga saya konfirmasi kepada si penipu.

Setelah itu si penipu meminta saya stand by di chat WA untuk kode OTP-nya. Kemudian penipu mengirimkan isian berupa teks yang selanjutnya diminta untuk saya kirim ke nomor 69888 menggunakan nomor hp saya yang terdaftar di mobile banking BCA saya.

Selanjutnya saya mendapat balasan SMS yang berisikan kode OTP, kemudian saya masukan OTP tersebut ke link website yang sebelumnya diberikan.

Kemudian si penipu meminta konfirmasi apabila sudah berhasil, setelah saya konfirmasi sudah berhasil si penipu meminta KTP dan data-data pribadi lain. Di sini saya baru tiba-tiba sadar. Benar saja, setelah saya cek saldo rekening BCA saya seketika hilang total 32 juta rupiah, dengan 4 kali transaksi debit sebesar Rp10 juta sebanyak 3 kali dan Rp2 juta sebanyak 1 kali. Segera saat itu juga saya menghubungi HaloBCA resmi di 1500888 untuk melaporkan kejadian ini.

Saya hanya berharap uang yang sudah diambil penipu dapat kembali, karena itu adalah modal kerja yang susah payah saya kumpulkan selama ini. Mudah-mudahan dapat didengar dan diberikan solusi terbaik.

Achmad Nurdiansyah
Kabupaten Bandung, Jawa Barat

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian mengenai pengalaman ini:
[Total:48    Rata-Rata: 3/5]

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan

69 komentar untuk “Penipuan Berkedok Program Upgrade Kartu BCA Prioritas melalui Iklan Facebook

      • 8 Juni 2022 - (14:42 WIB)
        Permalink

        Dear pa Achmad. Kalo WA resmi dari BCA itu centang hijau, persis di sebelah profile picture. Bukan di profile picture-nya. Dan pasti ada tulisan bussines account dibawah nama di WA. Centang hijau itu dari aplikasi WA sendiri. Di gambar yang bapak kirim, itu sudah ada notifikasi di BCA, kalo ada yg mau membobol akun anda. Dan jangan pernah mengklik link apapun dari sumber yang tidak jelas.

          • 8 Juni 2022 - (23:55 WIB)
            Permalink

            Kejadiannya sama seperti saya . Klik link no kartu pin mbanking dan otp .. tapi saya sadar koq minta otp .. dari situ tidak saya lanjutkan 😁

      • 9 Juni 2022 - (07:33 WIB)
        Permalink

        Yg sabar boss.
        Uang yg hilang tdk akan kembali.
        Semoga jadi pelajaran buat pak boss dan rekan2 lainnya.
        Jangan lupa di hape kita ini ada aplikasi google. Bisa di cari2 dahulu infonya sebelum terlambat.
        Gile tu duit 32jt melayang gitu aja 🥀

      • 9 Juni 2022 - (08:28 WIB)
        Permalink

        Kadang kita sering sepelein notifikasi seperti… “Jangan bagikan kode OTP kepada siapapun, termasuk petugas Bank.”
        Jadiin pelajaran aja untuk kedepannya supaya hati-hati, penipu sekarang emang pinter².

        Semoga uang segitu bisa ke ganti, walaupun bukan dari si penipu.🙏

    • 8 Juni 2022 - (18:26 WIB)
      Permalink

      Kalo centang biru akun asli itu centang biru nya di pinggir nama/nomor telepon akun tersebut bukan di foto profil, karena foto profil itu bisa pakai foto siapa saja.

    • 9 Juni 2022 - (05:27 WIB)
      Permalink

      Iya ini saya juga pernah kena pak..tapi bedanya ini orangnya sendiri yang WA saya mengaku dari pihak BCA..Rentetannya sama seperti yg bapak paparkan..saya tersadar saat ada SMS masuk 2x dari bank BCA Asli berupa kode OTP dan pemeritahuan bahwa mobile banking saya telah di akses dari device (handphone/laptop) yang berbeda..saat itu saya jadi was2 dan langsung telp HALO BCA..langsung dilakukan pemblokiran pada no. Rekening dan Atm saya…
      Besokkannya saya langsung ke kantor cabang untuk memperbaharui rekening dan kartu ATM saya.
      Ngeri banget ini.

    • 13 Juni 2022 - (07:56 WIB)
      Permalink

      Yang sabar Pak. Artinya bapak harus lebih waspada lagi & jangan tergiur dengan tawaran yg gak jelas dari nomor yg gak jelas. Kode otp itu untuk digunakan secara pribadi. Gak boleh di berikan kepada siapapun & dengan cara apapun.
      InsyaAllah uang yg hilang diganti oleh Allah dengan yg lebih baik lagi Pak.

  • 8 Juni 2022 - (12:28 WIB)
    Permalink

    entah penipu nya yg pintar atau nasabahnya yg……………. ah sudahlah takut kena UU ite kalo berkata kasar 🤭🤭🤭

    yg jelas mana ada bca iklan di facebook buat upgrade kartu apalagi sekelas bca prioritas yg minimal saldonya rata rata harus diatas puluhan juta darisitu aja harusnya berpikir si

    21
  • 8 Juni 2022 - (12:44 WIB)
    Permalink

    Kasihan sih, ikut prihatin, melas sekali, andaikan saya konglomerat mas, tidak usah minta bca tak ganti, tak transfer. Tp krn saya bukan konglomerat, saya minta ijin numpang 😀 😀 😀 😀 😀

    • 8 Juni 2022 - (12:46 WIB)
      Permalink

      Saya doakan semoga bapak jadi konglomerat ya … klo sudah jadi konglomerat jangan lupa transfer 🙂

      7
      1
    • 12 Juni 2022 - (08:53 WIB)
      Permalink

      Sekarang penipuan pakai iklan pak. Biar cepet dapat sasaran. Iklan cuman 100 ribu bisa dapat banyak. Yah mau gimana lagi

  • 8 Juni 2022 - (12:56 WIB)
    Permalink

    – Nomer WA +1 ini nomer amerika kalau indonesia +62
    – Centang biru hanya pada gambar bukan tanda official
    – BCA prioritas kl tidak salah harus ada dana minim 250jt (tabungan) atau 500jt (gabungan tabungan, giro, deposito) dengan nama yang sama
    – BCA prioritas tidak bisa mengajukan hanya dari undangan resmi pihak cabang tempat membuka tabungan.
    – Kalau minta uang kembali kelihatannya sulit karena ini bukan kesalahan bank
    – Semoga ada solusi dan anda diberi ketabahan

    11
      • 8 Juni 2022 - (13:08 WIB)
        Permalink

        next time harus lebih berhati2 lg pak. kalo ada apa2, kunjungi ke tempatnya langsung. hindari mengisi2 form di situs tak dikenal. aplg kasih tau OTP. semoga cepat ketangkep pelakunya.

        • 8 Juni 2022 - (19:15 WIB)
          Permalink

          Padahal di kolom komentar iklan FB tsb udah banyak yg nulis klo iklan tsb penipuan… turut prihatin, semoga bisa terselesaikan

      • 8 Juni 2022 - (13:19 WIB)
        Permalink

        Lain kali lebih hati² mas, itu aja yg bs saya sampaikan. Turut prihatin, semoga diganti rezeki yg lebih dr Allah

    • 8 Juni 2022 - (14:28 WIB)
      Permalink

      gak ada lah GODHAM GODHIM GODHUM , semua ini datang dan puncanya adalah KESOMBONGAN dan NARSIS , sehingga akal sehat ditutupi. untuk apa BCA Solitaire kalau memang LEVEL nya belum sampai SOLITAIRE.

      Solitaire pasti diberikan oleh BCA kalau sudah sampai level tersebut , ataupun nasabah Prioritas. kalau belum sampai ya pasti tidak akan di undang Prioritas atau bahkan Solitaire.

      Karena pengen pamer , “wah si anu hebat ada atm prio or bahkan atm solitaire” , gak perlu kita naikkan gengsi.

      ya pastinya BCA tidak akan punya liability utk membayar kelalaian cust. perihal fraud ini pastinya, dan anggap uang belajar kali ini 30-an juta. anggap kursus kilat jadinya.

      PS. jangan mudah tamak , gengsi , bangga , emosian , karena gampang nutupin logika.

      Salam Solitaire.

      12
      • 8 Juni 2022 - (16:06 WIB)
        Permalink

        Bener banget ini yang bapak sembilan satu satu bilang,
        Memang saya sombong dan ingin narsis makanya bisa dibodohi

        5
        4
    • 12 Juni 2022 - (22:12 WIB)
      Permalink

      Turut prihatin atas kejadian yang menimpa ya pak, sabar aja kalo Nulis keluhan di MK, karna banyak Netijen jahat komentarnya

  • 8 Juni 2022 - (14:11 WIB)
    Permalink

    saya sangat apresiasi kejujuran nya untuk mengakui telah/memberikan/mengisi OTP..
    meski sulit semoga ada jalan keluar nya

    15
  • 8 Juni 2022 - (15:00 WIB)
    Permalink

    Bca prioritas itu minimal saldo mengendap 500jt lbh..bingung ngapain ts pakai bca prioritas..itu pun harus ke cabang gedung besar

  • 8 Juni 2022 - (15:27 WIB)
    Permalink

    Pernah di tlpn juga no si penipu,sempat di tawarin bebas biaya admin juga,untung saya inget kalo no BCA 1500888,langsung gw end.
    Slamet Slamet.
    Dlm hati gw.

  • 8 Juni 2022 - (15:36 WIB)
    Permalink

    apa kalau foto profil saya di WA saya kasi centang biru, SI DIA mau balas ya, karena udah official….. kelihatannya karena tinggal kasi centang biru orang lain mau lakuin apa pun

  • 8 Juni 2022 - (15:51 WIB)
    Permalink

    Semua data pribadi yang sifatnya rahasia Bpk serahkan semuanya kpd orang yang tidak dikenal. Bisa buat pelajaran untuk kita semua.

  • 8 Juni 2022 - (16:12 WIB)
    Permalink

    Intinya sih kalo udah kode otp diminta pasti penipuan. Kode otp tidak bisa dikasih ke pihak mana pun termasuk karyawan perusahaan terkait. Itu saja . Otp hanya untuk pemilik akun entah ol shop bank aplikasi apa pun itu . Ga bakal di ganti ma bca kalo itu. Kesalahan user pasti alasanya udah

  • 8 Juni 2022 - (17:36 WIB)
    Permalink

    Jangan mudah percaya by wa/telpon atau lainnya.. Krn skrg penipuanmakin canggih dan beragam, apalagi pelakunya juga gk ketangkap.. Makin merajalela dia/komplotan nya

  • 8 Juni 2022 - (17:56 WIB)
    Permalink

    Pelajaran memang mahal harganya.
    Tapi yang ini mahal banget set dah.

    Next biasakan curiga ke siapapun ya pak.
    Kedepannya mungkin penipu lebih canggih lagi caranya

  • 8 Juni 2022 - (18:00 WIB)
    Permalink

    Iklan penipuan prioritas BCA ini muncul sangat banyak sekali pada beberapa waktu terakhir ini. Baik di Facebook maupun Instagram. Saya laporin satu persatu sampai capek. Tapi sejauh ini oleh FB dan IG laporan saya dibiarkan begitu saja, tidak ada satu akun pun yg ditutup, mungkin karena mereka (FB dan IG) sudah terima bayaran iklan jadi sengaja dibiarkan.

    Semua akun cloningan itu pasti menawarkan syarat mudah utk upgrade ke prioritas. Memakai gambar dengan centang biru. Dan memberikan link no WA yg kalau di pencet pasti menggunakan kode telpon (+1). Ada beberapa yg level ecek-ecek sih masih pakai nomer hp biasa.

    Sepertinya BCA lagi diserang secara masif, makanya sampai BBCA nya tidak bisa naik-naik.

  • 8 Juni 2022 - (18:34 WIB)
    Permalink

    Semoga kembali ya uang anda walaupun bisa di bilang imposible karena kesalahan ada pada anda. Lain kali waspada aja mas bro jaman sekarang penipuan pakai segala macam cara.

    6
    1
    • 8 Juni 2022 - (19:14 WIB)
      Permalink

      Puaskah dengan memberikan komen seperti itu ?

      Klo memang puas, baik saya memang goblok

      4
      4
      • 9 Juni 2022 - (12:35 WIB)
        Permalink

        skrg sy jd paham knp penulis merupakan bca prioritas. sangat sabar sekali menghadapi netizen. tidak berbalas pantun jahat. benar2 teladan.

  • 8 Juni 2022 - (19:07 WIB)
    Permalink

    Biasakan membaca pak. Sebab setiap ada SMS OTP selalu diiringi peringatan..jangan berikan kepada siapapun..
    Kok diberikan juga

    • 8 Juni 2022 - (19:13 WIB)
      Permalink

      Bukan tidak aware jga mengenai ini pak, kadang ketika saya buat aktivasi bca mobile misalnya ke CS BCA cabang manapun diharuskan memasukan kode OTP

      Saya pun dalam kasus ini bukan memberikan Kode OTP ke penipu pada chat namun input nya ke website yang saat itu saya pikir itu website resmi

      Tapi untuk memuaskan jawaban kepada bapak, ya saya tidak membaca dan curiga sebelumnya

      Jadi saya memang salah

      3
      4
      • 8 Juni 2022 - (20:07 WIB)
        Permalink

        Turut prihatin atas musibah ini, semoga diberikan rezeky yg berlipat kali ganda dari peristiwa ini dan dipermudah segala urusannya. Amin

        11
  • 8 Juni 2022 - (20:48 WIB)
    Permalink

    sumpah gw abis jailin penipu itu, cuma bedanya dari iklan Instagram. rame bgt sampe emosi dia.

    karna kalo mau upgrade kartu itu pasti harus ke Cabang buat dapetin kartu baru yg prioritas.

  • 8 Juni 2022 - (22:37 WIB)
    Permalink

    Turut prihatin pak, mau sumpah serapah juga percuma sudah terjadi pak. saya kira tidak akan kembali sih pak karena secara sah dan sadar memberikan akses kepada penipu. semoga diberikan rezeki dari yang lain.

    Kedepannya lebih hati hati. Kode Indonesia itu +62 bukan +1.

  • 8 Juni 2022 - (23:23 WIB)
    Permalink

    Ya sudahlah relakan uang segitu banyaknya. Gak bakal kembali karna itu dianggap sah transaksinya oleh bank. Dan itu akun harus diblokir kalau gak nanti diambil lagi duitnya. Pelajaran yg mahal. Harusnya tau lebih dahulu kalau nasabah prioritas harus punya saldo brp…. Dan jangan isi isi otp, norek, dll di link yg diberikan. Bank gak pernah suruh isi link

 Apa Komentar Anda mengenai pengalaman ini?

Ada 69 komentar sampai saat ini..

Penipuan Berkedok Program Upgrade Kartu BCA Prioritas melalui Iklan Fa…

oleh Achmad dibaca dalam: 1 menit
69