Surat Pembaca

Barang Sengaja Tidak Dikirim Penjual di Akulaku, Pengajuan Refund Ditolak, Lalu Saya Harus Bagaimana?

Dear Akulaku, mohon bantuannya mengenai masalah yang saya alami saat ini.

Pada tanggal 15 Juni 2022, saya telah order pesanan berupa HP Xiaomi Redmi Note 11 Pro 5G, dengan warna HP Grey di toko Q cell mitra shop. Saya sudah membayarnya dengan cicilan limit kredit Akulaku. Setelah itu saya menghubungi toko tersebut melalui chat antara penjual dan pembeli.

Setelah saya chat, penjual mengatakan stok warna grey kosong. Namun penjual sudah memproses pembelian saya dengan mencantumkan nomor resi yang tidak valid dan status pembelian saya menjadi DIKIRIM.

Kemudian saya meminta penjual untuk mengirimkan saja warna HP yang tersedia. Akan tetapi penjual menolak, dengan alasan takut rating tokonya berkurang dan tidak akan mengirimkan paket HP yang saya order. Dia malah meminta saya mengajukan refund. Di sini yang saya sayangkan, kenapa penjual langsung memproses pembelian saya kurang dari 5 menit setelah saya order jika produknya kosong?

bukti pesanan
bukti pesanan diproses

Keesokan harinya karena saya merasa tidak menerima paket tersebut, saya melakukan panggilan kepada CS Akulaku meminta saran dan masukan atas apa yang saya alami. CS Akulaku menyarankan saya untuk meng-klik tombol KONFIRMASI DITERIMA lalu mengajukan REFUND kepada penjual.

Lalu saya mengikuti arahan dari CS Akulaku tersebut. Saya klik tombol KONFIRMASI DITERIMA lalu saya mengajukan REFUND kepada Penjual. Setelah itu saya harus menunggu 3 hari lamanya untuk mendapatkan persetujuan dari penjual.

Setelah saya menunggu 3 hari untuk mendapatkan persetujuan dari penjual, ternyata pada hari ke-3 penjual menolak pengajuan refund saya dan di aplikasi Akulaku hanya tersedia tombol “Hubungi CS” dan “Batalkan Refund“. Kemudian saya melakukan panggilan lagi kepada CS Akulaku dan meminta bantuan untuk dibatalkan saja pesanan saya tersebut, karena saya tidak menerima paket apa pun dari penjual. Sementara billing tagihan sudah ditagihkan ke saya di aplikasi Akulaku.

Namun CS Akulaku meminta saya menunggu sampai 7 hari ke depan. Sementara batas waktu refund saya hanya 3 hari yang akan datang. Setelah itu refund akan dibatalkan otomatis oleh aplikasi Akulaku.

Mohon di bantu untuk permasalahan saya ini, berikut saya cantumkan bukti buktinya. Nomor Pesanan: 202206150442305072823. Nomor Refund: R202206160546463289367.

Bukti Chat Saya dan Penjual:

bukti chat di akulaku

Bukti Ditolaknya pengajuan refund oleh penjual:

Terima kasih sebelumnya. Salam.

Anim Handoko
Bekasi, Jawa Barat

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Bagikan

Tanggapan Atas Surat Pembaca Ini

Tanggapan Akulaku terhadap Surat Saudara Anim Handoko

Jakarta, 24 Juni 2022 Kepada Yth. Redaksi Mediakonsumen.com di Tempat Dengan hormat, Terkait dengan surat pembaca konsumen dari Saudara Anim...
Baca Selengkapnya

Komentar

    • Itu mungkin yang jualan CS nya, harap berpikir jernih sebelum bertindak, kenapa klik selesai padahal resi tidak valid dan barang belum diterima?

  • wahh ini mahh bener2 nipu...barang kosong malah kasih resi,tandai TOKOnya hati2,

  • Dear Media Konsumen dan Pembaca Surat terbuka atas keluhan saya ini.

    Sebelumnya saya ucapkan terimakasih atas bantuanya untuk follow up mengenai keluhan saya ini.
    Saya konfirmasikan pada hari ini Rabu, 22 Juni 2022 sekitar jam 12.00 bahwa CS akulaku telah berhasil membatalkan pesanan saya dan billing tagihan saya sudah tidak ada di aplikasi Akulaku.
    Alhamdulillah.

    Untuk pembeli yang mengalami kendala serupa dengan kendala yang saya alami, jngan segan untuk bertanya di komentar ini, barangkali ada yang bisa membantunya.

    Terimakasih,
    Salam
    A. Handoko

  • Saya juga mengalami hal yang sama bagaimana ini agar limit saya balik lagi, saya belom menerima barang tapi barang statusnya Terkirim