Barang Sengaja Tidak Dikirim Penjual di Akulaku, Pengajuan Refund Ditolak, Lalu Saya Harus Bagaimana?

Dear Akulaku, mohon bantuannya mengenai masalah yang saya alami saat ini.

Pada tanggal 15 Juni 2022, saya telah order pesanan berupa HP Xiaomi Redmi Note 11 Pro 5G, dengan warna HP Grey di toko Q cell mitra shop. Saya sudah membayarnya dengan cicilan limit kredit Akulaku. Setelah itu saya menghubungi toko tersebut melalui chat antara penjual dan pembeli.

Setelah saya chat, penjual mengatakan stok warna grey kosong. Namun penjual sudah memproses pembelian saya dengan mencantumkan nomor resi yang tidak valid dan status pembelian saya menjadi DIKIRIM.

Kemudian saya meminta penjual untuk mengirimkan saja warna HP yang tersedia. Akan tetapi penjual menolak, dengan alasan takut rating tokonya berkurang dan tidak akan mengirimkan paket HP yang saya order. Dia malah meminta saya mengajukan refund. Di sini yang saya sayangkan, kenapa penjual langsung memproses pembelian saya kurang dari 5 menit setelah saya order jika produknya kosong?

Keesokan harinya karena saya merasa tidak menerima paket tersebut, saya melakukan panggilan kepada CS Akulaku meminta saran dan masukan atas apa yang saya alami. CS Akulaku menyarankan saya untuk meng-klik tombol KONFIRMASI DITERIMA lalu mengajukan REFUND kepada penjual.

Lalu saya mengikuti arahan dari CS Akulaku tersebut. Saya klik tombol KONFIRMASI DITERIMA lalu saya mengajukan REFUND kepada Penjual. Setelah itu saya harus menunggu 3 hari lamanya untuk mendapatkan persetujuan dari penjual.

Setelah saya menunggu 3 hari untuk mendapatkan persetujuan dari penjual, ternyata pada hari ke-3 penjual menolak pengajuan refund saya dan di aplikasi Akulaku hanya tersedia tombol “Hubungi CS” dan “Batalkan Refund“. Kemudian saya melakukan panggilan lagi kepada CS Akulaku dan meminta bantuan untuk dibatalkan saja pesanan saya tersebut, karena saya tidak menerima paket apa pun dari penjual. Sementara billing tagihan sudah ditagihkan ke saya di aplikasi Akulaku.

Namun CS Akulaku meminta saya menunggu sampai 7 hari ke depan. Sementara batas waktu refund saya hanya 3 hari yang akan datang. Setelah itu refund akan dibatalkan otomatis oleh aplikasi Akulaku.

Mohon di bantu untuk permasalahan saya ini, berikut saya cantumkan bukti buktinya. Nomor Pesanan: 202206150442305072823. Nomor Refund: R202206160546463289367.

Bukti Chat Saya dan Penjual:

Bukti Ditolaknya pengajuan refund oleh penjual:

Terima kasih sebelumnya. Salam.

Anim Handoko
Bekasi, Jawa Barat

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian mengenai Akulaku Indonesia:
[Total:188    Rata-Rata: 1.5/5]
Tanggapan Akulaku terhadap Surat Saudara Anim Handoko

Jakarta, 24 Juni 2022 Kepada Yth. Redaksi Mediakonsumen.com di Tempat Dengan hormat, Terkait dengan surat pembaca konsumen dari Saudara Anim...
Baca Selengkapnya

63 komentar untuk “Barang Sengaja Tidak Dikirim Penjual di Akulaku, Pengajuan Refund Ditolak, Lalu Saya Harus Bagaimana?

  • 20 Juni 2022 - (15:06 WIB)
    Permalink

    ini jelas2 seller nakal, parah..belum pernah belanja di akulaku dan mgkin ga akan pernah kalo seperti ini..mending di toped, klo ada masalah proses ga ribet seperti aplikasi yg lain..mudah2an cepat kelar masalahnya kak..sabar y..

    32
    • 20 Juni 2022 - (15:13 WIB)
      Permalink

      Udah hal umum permainan seller di akulaku,anda akan dapat masalah dan disuruh bayar ,mending lapor kepolisian atas unsur penipuan,masih ajah ada yg berani kredit di akulaku

      26
      • 21 Juni 2022 - (09:09 WIB)
        Permalink

        Untung ga pernah order d Akulaku..jd pengalaman untuk lebih hati2 bertransaksi..
        Semoga ada solusi nya ya..

      • 21 Juni 2022 - (19:37 WIB)
        Permalink

        Sy pernah seperti itu, seller klik kirim tapi resi nya gak valid. Sy tunggu cukup lama, blm di refund, akhirnya sy langsung ke ktr akulaku di Sahid Sudirman. Dengan dibantu oleh teman sy yg lawyer, sore nya dana sy.di transfer. Foto copy semua bukti chat. Bw ke ktr nya. Seller akulaku memang sdh terkenal nakal.

      • 22 Juni 2022 - (13:58 WIB)
        Permalink

        Kalau saya di posisi anda gk bkal mau klik konfirmasi brg di terima selagi brgnya blm kita terima, jelas2 itu menguntukkan pihak seller ngrasa dia sdah di atas angin & cs akulaku hrus bertanggung jawab krna dia yg ngsih solusi tersebut.

      • 25 Juni 2022 - (13:59 WIB)
        Permalink

        Satulagi korban akulaku, marketplace yg bagus buat para penipu. Kalau mau komplain mesti ribet harus telp di nomer premium call, no resi fake pun di loloskan g ada cek & ricek sama sekali dari akulakunya.

    • 20 Juni 2022 - (15:13 WIB)
      Permalink

      Betul bos… tikped baik bener dalam mengahi permasalahan. Gak perlu telfon CS, komunikasi ada di halaman kusus, antara pembeli dan penjual bisa diskusi disitu. Dan saya pernah retur barang rusak yg awalnya ditolak toko, tapi karna kebijaksanaan tokopedia, retur otomatis, karna secara bukti nyata, saya (pembeli) berada di pihak yg benar. Salut tokopedia

      9
      3
      • 20 Juni 2022 - (23:45 WIB)
        Permalink

        @zuhri Tergantung penjualnya pak. Ada yang sengaja mempersulit. Kebijaksanaan Tokped juga tidak begitu bijak dalam menangani keluhan pembeli, waktu di berikan penjual untuk membalas setiap step itu 2 hari, lewat dari hari sabtu minggu 4 hari. Pembeli harus nunggu 4 hari untuk menunggu jawaban dari penjual ya atau tidaknya. ckckckck. Bukan pembelinya judes, tapi penjual yang memang tidak koperatif.

      • 21 Juni 2022 - (00:22 WIB)
        Permalink

        Itulah sebabnya saya ga pernah ambil barang via aplikasi akulakunya, kelewat banyak seller penipu, mending tetep lewat tokped tapi bayar cicil akulaku, dijamin jauh lebih aman, dan cs profesional kalau ada kendala, jauh ga kaya cs akulaku

    • 20 Juni 2022 - (15:19 WIB)
      Permalink

      Seller di akulaku ya memang penipu semua.
      Akulaku jg sama, kok masih ada aja ya yg pake akulaku.
      Dikasih kredit tpi gak bisa dipake di marketplace lain, wkwkwkw ngelawak, mending Kredivo dipake belanja dimana aja bisa.

      18
      • 23 Juni 2022 - (10:21 WIB)
        Permalink

        Kata siapa ga bs dipake di MP lain? Di jd.id bisa, blibli bisa kok asal telpon akulaku kita sama dgn tlp di jd.id sm blibli

    • 20 Juni 2022 - (15:23 WIB)
      Permalink

      Iya ka terimakasih supportnya.. sbelumnya sy tidak pernah mendapatkan seller yg seperti ini..
      Sblumnya saya lancar saja order di akulaku.
      Tp mungkin pas lg apesnya dapet seller sperti ini.

      • 20 Juni 2022 - (21:15 WIB)
        Permalink

        Saran saya gak usah dibayar cicilan di akulaku nya..saya juga pernah kena kasus nya sama..sampai 1 bulan lebih pihak akulaku tidak ada jalan keluar…cicilan suruh dibayar..Ahir nya saya gak pakai akulaku lagi karna siapa juga yg mau bayar barang gak ada..harga barang nya waktu itu kurang lebih 3jtan..palik blacklist bi setelah Balck list buka lagi black list bayar pokok clear masalah..

  • 20 Juni 2022 - (15:14 WIB)
    Permalink

    klik konfirmasi barang diterima, padahal sebenarnya belum diterima?
    sampai disini saja sudah amat sangat janggal.
    mana ada prosedur refund semacam itu.

    19
    1
    • 20 Juni 2022 - (15:29 WIB)
      Permalink

      Iya begitu keadaanya, seperti yg saya tulis di atas, sblum melakukan hal tersebut sy sudah telfon cs akulaku. Dan atas saran cs akulaku makanya saya ikutin langkahnya ka.

      6
      2
        • 20 Juni 2022 - (23:33 WIB)
          Permalink

          Udah jelas2 nipu itu, seller bakal menolak refund dengan alasan tidak ada barang yang direfund, sedangkan nanti seller minta bukti refund, buyer nya bingung..

      • 22 Juni 2022 - (15:59 WIB)
        Permalink

        Kesalahan terbesar anda disitu sebenernya… Kalo belom diterima, jangan klik sudah diterima, walaupun direktur utama akulaku yang nyuruh .. itu namanya bohong dan segala sesuatu yang ada kebohongan didalemnya nggak baik.

    • 20 Juni 2022 - (17:58 WIB)
      Permalink

      Kok aneh sih CS akulakunya, kalo di sh””””” kan kalo pesanan blm diterima ngga boleh klik pesanan diterima dulu supaya bisa menang kalo mau refund barang!!

      • 20 Juni 2022 - (21:07 WIB)
        Permalink

        Sudah banyak kasus beginian di Akulaku a.k.a tukang tipu. Ini yg baru ketahuan di Media Konsumen. Mungkin korban lain dari si Akutipu sudah banyak. Kemungkinan ada yg mengadu ke chanel lain seperti ke detik.com atau banyak juga yg cuman pasrah doank dan ga mengadu kemana mana. Kasus yg banyak terjadi di Akutipu barang sudah dibayar tapi tidak dikirim sama penjual. Sedangkan tagihan ke Akutipu tetap berjalan.

  • 20 Juni 2022 - (16:54 WIB)
    Permalink

    Setahuku QCell adalah seller lama loh sejak jaman marketplace LAZADA TOP 1. Dan di lazada dia seller tersebut menyandang trust seller. Sempet beli HP Asus Zenfone 5 3 biji sama Zenfone 6 4 biji di QCell. Entah itu Qcell yang sama apa enggak yah .

    • 20 Juni 2022 - (19:53 WIB)
      Permalink

      Si penulis sudah melampirkan chat dg penjual yang terindikasi modus penipuan itu min, tolong dibantu penyelesaiannya dan bersih-bersih aplikasi akulaku dari seller fiktif biar kita pengguna akulaku tidak khawatir. Sekian dan terimakasih

    • 21 Juni 2022 - (03:30 WIB)
      Permalink

      Saya ada install aplikasi akulaku, yang gambarnya tulisan al, dibawah tulisan 25 juni
      Langsung uninstal,..
      Aplikasi HORRORRR…!!

  • 20 Juni 2022 - (18:41 WIB)
    Permalink

    Saran saya sih gak usah di bayar klo barang gak di terima kalo gak laporin aja kepolisi tindatakan penipuan biar sekalian akulaku nya kena sangsi

  • 20 Juni 2022 - (20:18 WIB)
    Permalink

    Punya limit di akulaku mending datang ke konter hp, kreditnya di blibli bisa diambil langsung, dapat barang di depan mata no tipu- tipu

    6
    1
    • 20 Juni 2022 - (20:44 WIB)
      Permalink

      Waduh parah nih, kena jebakan betmen lagi, perasaan cara ini skema penipuan ini sudah terjadi berkali kali, ini bkn kali pertama loh saya denger kasus ini, akhirnya pihak akulaku nyuruh klik tombol selesai.saya pikir sih pihak seller menggunakan cara menipu ini karena tau sistimnya parah seperti ini.dan ilegal loh itu cara penyelesaian CS saat nyuruh klik selesai pdhl brang belum di terima.
      Kalo kita laporkan polisi kyknya bisa kita ngaduin pihak akulaku.dengan tindak penipuan dan persengkongkolan.krna toh refundnya sndri ga di balik balikin jg.
      Lmyn loh bs mnta ganti rugi milyaran.
      Saran saya siapapun orgnya, kalo brang belum sampai jngan pernah klik brang sdah sampai, karena akhirnya malah kita yang dirugikan.
      Namun karena sudah terlanjur klik brang di terima, saya sarankan kasih bintang satu, terus tulis”jgn beli di toko ini tukang tipu, ga amanah, hape ga dikirim kirim”
      Lmyn kn, moga aja dengan itu tokonya g ada yg mau beli,

      • 21 Juni 2022 - (18:58 WIB)
        Permalink

        Sama kejadiannya dengan yang saya alami di transkasi ke 2 di aku laku, ekspedisi sudah saya hubungi, seller juga saya hubungi, costumer service aku laku sudah saya hubungi, gak ada penyelesaian status pesanan di akui oleh J&T sejak tanggal 1 juni hingga hari ini masih berada di gudang kecil di daerah pesanggrahan, tapi di notifikasi aku laku barang tertulis terkirim, ada perbedaan versi J&T dan aku laku, saya ajukan refund juga ditolak, sampai saya ikut comment di sini karena barang pesanan memang belum saya Terima, tapi ada unsur pemaksaan oleh system aku laku konfirmasi barang sdh diterima, ,, semoga aku laku dapat segera memperbaiki kendala
        dan melakukan perubahan system supaya di percaya lagi oleh masyarakat,

  • 20 Juni 2022 - (20:52 WIB)
    Permalink

    Terimakasih kaka2 semua atas supportnya, tadi sore saya di telfon cs akulaku dan saat ini sedang di bantu proses refund nya, di minta menunggu 3×24 jam. Dan akan saya tunggu.
    Di sini saya mempunyai bukti²nya rekaman mulai dari call pertama sampai dngan CS akulaku mau bantu proses refund ny.

  • 20 Juni 2022 - (21:23 WIB)
    Permalink

    Mudah mudahan. Cepat selesai urusan nya Mas. Kita bantu dengan Do’a. dan tetap SEMANGAT. 🙏.

  • 21 Juni 2022 - (03:25 WIB)
    Permalink

    Berani jg beli di akulaku??…..
    Mau 400an transaksi E-commerce, 92% ditoko ijo, lalu BL,.. lalu LZD (tp kurang dari 3%)

  • 21 Juni 2022 - (07:50 WIB)
    Permalink

    Website ini HARUS DILIHAT OLEH SELURUH MASYARAKAT INDONESIA. Akugalaku DONE uninstall. !!!!

    2
    1
  • 21 Juni 2022 - (08:21 WIB)
    Permalink

    Bukan maen bahaya bngt seperti tindak penipuan ini,, ada dijebak Suruh klik tombol “Terima paket” yg jelas2 paket blm dikirim..
    Jngn sekali2 beli barang di Akulaku lgi deh.. Ak juga pernah beli hp di AL,, aman sih jo nya sampai,, tapi pelayanan gk memuaskan,, kapok

  • 21 Juni 2022 - (11:21 WIB)
    Permalink

    Saya juga pernah mengalami hal seperti itu..
    Makanya saya dah kapok belanja online diAkulaku

  • 21 Juni 2022 - (15:01 WIB)
    Permalink

    Ternyata masih ada yang berani belanja dan kredit di akulaku haha.. sy dikasih limit disana aja lgs telp CS dan minta tutup akun. Setelah baca reviewnya ngeri. CS = none.. isinya robot bot.. cicilan di klik ga akan mgkn batal, akun di hack harus bayar, toko nakal cicilan tetep bayar.. bahkan barang ga dikirim aja cicilan tetep bayar wkekek ngakak ga tuh aplikasi

    • 22 Juni 2022 - (07:28 WIB)
      Permalink

      Itu mungkin yang jualan CS nya, harap berpikir jernih sebelum bertindak, kenapa klik selesai padahal resi tidak valid dan barang belum diterima?

  • 22 Juni 2022 - (12:37 WIB)
    Permalink

    Dear Media Konsumen dan Pembaca Surat terbuka atas keluhan saya ini.

    Sebelumnya saya ucapkan terimakasih atas bantuanya untuk follow up mengenai keluhan saya ini.
    Saya konfirmasikan pada hari ini Rabu, 22 Juni 2022 sekitar jam 12.00 bahwa CS akulaku telah berhasil membatalkan pesanan saya dan billing tagihan saya sudah tidak ada di aplikasi Akulaku.
    Alhamdulillah.

    Untuk pembeli yang mengalami kendala serupa dengan kendala yang saya alami, jngan segan untuk bertanya di komentar ini, barangkali ada yang bisa membantunya.

    Terimakasih,
    Salam
    A. Handoko

 Apa Komentar Anda mengenai Akulaku Indonesia?

Ada 63 komentar sampai saat ini..

Barang Sengaja Tidak Dikirim Penjual di Akulaku, Pengajuan Refund Dito…

oleh Anim Handoko dibaca dalam: 1 menit
63