Surat Pembaca

Selisih Ongkir Shopee dengan J&T Hampir Dua Kali Lipat

Beberapa hari yang lalu, saya menjual barang preloved di Shopee. Karena baru pertama kali menjual barang, saya tidak bisa mengaktifkan fitur free ongkir. Namun karena banyak dari customer yang meminta free ongkir, jadi saya memutuskan mengaktifkan fitur “Saya akan menanggung ongkir“.

Saat saya sudah mengirimkan beberapa paket, saya melihat di fitur “penghasilan saya” ada 2 produk saya yang terjual memiliki selisih sub total ongkir dari resi yang saya terima dari J&T sebagai berikut:

  • Nomor pesanan: 220622HNV5JUQM, dikirim ke Kab. Bungo Dani, Jambi. Di resi J&T tertulis total biaya Rp36.000, tetapi di sistem Shopee saya dibebani ongkir sebesar Rp64.000 (selisih Rp28.000).
  • Nomor pesanan: 220623KR1E1QVQ, dikirim ke Kab. Banyuasin, Air Kumbang Sumsel. Di resi J&T tertulis total biaya Rp35.000, tetapi di sistem Shopee saya dibebani ongkir sebesar Rp73.000 (selisih Rp38.000).

Setelah saya menanyakan kepada pihak Shopee, pihak Shopee menjawab bahwa:

  • Ongkir sudah sesuai karena Shopee memiliki ketentuan tarif yang berbeda dengan jasa kirim.
  • Perhitungan ongkir pada no. pesanan sudah sesuai untuk tarif ongkir tipe reguler.
  • Ongkir dihitung berdasarkan pada tipe layanan pengiriman, lokasi dan berat paket. Padahal paket yang saya kirim berupa 1 pcs baju, yang berat keduanya tidak sampai 1 Kg, hanya 200-300 gram saja.

Pada saat customer membuat pesanan dan akan diproses, nominal ongkir tidak muncul. Sehingga saya tidak tahu berapa ongkir yang di-charge Shopee. Saya mengasumsikan, ongkir harusnya sesuai dengan yang di-charge pihak J&T. Selisih yang hampir 2x lipatnya, sangat tidak masuk di akal.

Virda Avianti
Sidoarjo, Jawa Timur

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Bagikan

Belum Ada Tanggapan Atas Surat Pembaca Ini

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pihak yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Komentar

  • Tokomu belum terdaftar ikut program gratis ongkir ya, jangan mengaktifkan promo ongkir toko di seller center, karena biaya ongkir seller yg menanggung, gratis ongkir sudah program dari Shopee nya.