Selisih Ongkir Shopee dengan J&T Hampir Dua Kali Lipat

Beberapa hari yang lalu, saya menjual barang preloved di Shopee. Karena baru pertama kali menjual barang, saya tidak bisa mengaktifkan fitur free ongkir. Namun karena banyak dari customer yang meminta free ongkir, jadi saya memutuskan mengaktifkan fitur “Saya akan menanggung ongkir“.

Saat saya sudah mengirimkan beberapa paket, saya melihat di fitur “penghasilan saya” ada 2 produk saya yang terjual memiliki selisih sub total ongkir dari resi yang saya terima dari J&T sebagai berikut:

  • Nomor pesanan: 220622HNV5JUQM, dikirim ke Kab. Bungo Dani, Jambi. Di resi J&T tertulis total biaya Rp36.000, tetapi di sistem Shopee saya dibebani ongkir sebesar Rp64.000 (selisih Rp28.000).
  • Nomor pesanan: 220623KR1E1QVQ, dikirim ke Kab. Banyuasin, Air Kumbang Sumsel. Di resi J&T tertulis total biaya Rp35.000, tetapi di sistem Shopee saya dibebani ongkir sebesar Rp73.000 (selisih Rp38.000).

Setelah saya menanyakan kepada pihak Shopee, pihak Shopee menjawab bahwa:

  • Ongkir sudah sesuai karena Shopee memiliki ketentuan tarif yang berbeda dengan jasa kirim.
  • Perhitungan ongkir pada no. pesanan sudah sesuai untuk tarif ongkir tipe reguler.
  • Ongkir dihitung berdasarkan pada tipe layanan pengiriman, lokasi dan berat paket. Padahal paket yang saya kirim berupa 1 pcs baju, yang berat keduanya tidak sampai 1 Kg, hanya 200-300 gram saja.

Pada saat customer membuat pesanan dan akan diproses, nominal ongkir tidak muncul. Sehingga saya tidak tahu berapa ongkir yang di-charge Shopee. Saya mengasumsikan, ongkir harusnya sesuai dengan yang di-charge pihak J&T. Selisih yang hampir 2x lipatnya, sangat tidak masuk di akal.

Virda Avianti
Sidoarjo, Jawa Timur

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian mengenai Kurir J&T Express di Shopee:
[Total:130    Rata-Rata: 2.2/5]

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan

21 komentar untuk “Selisih Ongkir Shopee dengan J&T Hampir Dua Kali Lipat

  • 29 Juni 2022 - (08:45 WIB)
    Permalink

    Perlu diketahui mbak, Shopee itu pakai sistem mereka sendiri untuk menentukan ongkir, yang harganya dipukul rata untuk semua ekspedisi, diambilnya harga termahal pula. Jadi kamu sudah nggak bisa nuntut selisih itu karena memang sistemnya begitu. Sebaiknya nggak usah pakai ongkir ditanggung penjual kalau jualannya di Shopee. Lebih baik cari tau caranya daftar gratis ongkir, itu sudah ada panduannya, kamu juga bisa gabung grup komunitas seller kalau butuh panduan, pasti banyak yang mau bantu langkah-langkahnya.

    24
    1
    • 29 Juni 2022 - (09:40 WIB)
      Permalink

      sebenernya saya bukan onlen shop kak. saya jual barang preloved pribadi. jadi nggak tau cara aktifin gratis ongkir.

      • 29 Juni 2022 - (20:56 WIB)
        Permalink

        Ada yang salah dengan kamu loh, pembeli meminta adakan fitur gratis ongkir, yg perlu kamu lakukan daftarkan toko kamu le program gratis ongkir di shopee, supaya pembeli kamu bisa dapat gratis ongkir kalau belaka di toko kamu, bukan malah kamu klik “saya akan menanggung ongkos kirim” rugi dong kamu nya kalau menanggung ongkos kirim, lama2 buntung bukan untung 😂😂, kamu bukan gak bisa aktifkan fitur gratis ongkir cuma memang ketika kita aktifkan harus tunggu bbrp hari untuk di setujui fiturnya

      • 1 Juli 2022 - (09:30 WIB)
        Permalink

        Banyak kok caranya di youtube tinggal cari aja gimana caranya ngaktifin gratis ongkir di shopee. Biar gak boncos juga ke kitanya kalau ngaktifin gratis ongkir, jangan pilih yang ongkir ditanggunh penjual bisa rugi.

    • 29 Juni 2022 - (17:19 WIB)
      Permalink

      Kendala serupa jg saya alami sih mbak.. jd tuh buyer pernah beli di shopee jne trucking cm 500.000 kurang lebihnya. Trus pas mau repeat order barang yg sama harga ongkir jd 1.795.000 (awal 1.9 jt) ya buyer chat saya kirimin screen shot. Akhirnya saya minta buyer untuk pindah ke tokopedia saja. Karena sistem shopee (yg error tersebut). Anehnya memang ketika saya chat shopee cm di read doang dan tidak ada action. Buyer 1 minggu coba lg jg masih bgitu. Arahkan ke marketplace lain mgkn bs jadi solusi. Ongkir jgn ditanggung sendiri bs boncos kak

    • 30 Juni 2022 - (07:44 WIB)
      Permalink

      Saya sedikit cerita saja awal2 jualan di shopee..sampe sekarang pun masih jualan ya dan bahkan belum genap 100 transaksi alias masih free admin krn belum genap 100 transaksi..buat pemula langkah pertama ya wajib banget baca rules ya biar paham. Untuk case anda sayapun pernah lakukan pas waktu pertama banget ada transaksi malah saya pake minimum transaksi yg mana belakangan saya hapus krn sdh terdaftar di program bebas ongkir yg tidak di bebankan di seller. Nah untuk ongkir yg di tanggung penjual alias seller saya cuma aktifkan bbrp expedisi saja yaitu yg hemat..alias termurah so saya pun sdh jaga2 kali2 ada selisih ongkir tapi ambil resiko terendah dong..tapi hasilnya sesuai tuh..perlu di perhatikan pada saat upload iklan jgn diisi bagian p x l x t. Ini berkaitan dengan volume paket bukan ukuran barang kamu..cukup isikan berat barang saja maka kmu tidak akan di kenakan ongkos volume coba deh di cek lagi iklan2 kamu dan perhatikan di bagian pengiriman..semoga bisa bantu ya dan tidak terjadi kesalahan lagi kedepannya. 🙂

  • 29 Juni 2022 - (09:08 WIB)
    Permalink

    iya memang lebih mahal, biaya layanan berlipat dan banyak keluhan lainnya

    tapi tapi

    di shopee kan bisa siram2 pohon sambil goyang

    Wwkwkwkwkwkkwkwwkkwkwk

    dahlah pakai yang lain aja

    14
    3
  • 29 Juni 2022 - (09:20 WIB)
    Permalink

    Aktifkan saja gratis ongkir extra, itu sudah cukup. Fatal kl sampai mengaktifkan fitur “Saya akan menanggung ongkir“.

  • 29 Juni 2022 - (12:06 WIB)
    Permalink

    Perbedaan ongkir di marketplace dan website resmi ekspedisi itu hal lumrah karena tiap marketplace dan ekspedisi punya kesepakatan masing2, cek aja di web sicepat harga dibukalapak/dan web berbeda karena ada kesepakatan tertentu.

  • 29 Juni 2022 - (19:21 WIB)
    Permalink

    kenapa gak aktifin gratis ongkir xtra aja ? j&t kan banyak di sidoarjo bisa diaktifin kalau pakai j&t sebelum dijual coba bikin simulasi berat barangnya dulu kalau sudah di paking berat timbangannya berapa ? beratnya harus sama setelah diserahkan ke kurir….

  • 29 Juni 2022 - (19:28 WIB)
    Permalink

    Kan sudah dibilang ama engkoh berkali kali , gunakanlah ploduk ploduk dalam negli. Contohnya sihijau atau simerah gampang toh.. 💗

  • 30 Juni 2022 - (06:33 WIB)
    Permalink

    Perlu diketahui di Shopee seller berakad dgn pihak Shopee, seller tidak berakad dgn pihak kurir, jadi ketentuan biaya-biaya termasuk potongan ongkir ikut ketentuan Shopee, jadi sangat mungkin ada selisih tersebut dan wajar Shopee mengambil keuntungan.
    Jadi pastikan memahami ketentuan-ketentuan yg ada sebelum mengaktifkan fitur apapun yg tersedia atau ditawarkan di marketplace manapun.
    tetap semangat berwirausaha, mbak.

    • 8 Juli 2022 - (07:45 WIB)
      Permalink

      update.

      masalah sudah diselesaikan oleh pihak shopee, kelebihan ongkir saya sudah dikembalikan.

  • 1 Juli 2022 - (01:23 WIB)
    Permalink

    Daftar “gratis ongkir xtra” sist
    kalo
    “Saya akan menanggung ongkir“
    auto bangkrut!!!
    pesanan pertama langsung kapok

    nos_bogor

  • 1 Juli 2022 - (01:59 WIB)
    Permalink

    Tokomu belum terdaftar ikut program gratis ongkir ya, jangan mengaktifkan promo ongkir toko di seller center, karena biaya ongkir seller yg menanggung, gratis ongkir sudah program dari Shopee nya.

 Apa Komentar Anda mengenai Kurir J&T Express di Shopee?

Ada 21 komentar sampai saat ini..

Selisih Ongkir Shopee dengan J&T Hampir Dua Kali Lipat

oleh Virda dibaca dalam: 1 menit
21