Keluhan Saat Membeli Buku di Gramedia.com

Saya melihat iklan Gramedia Book Fair, sehingga memutuskan browsing dan membeli komik Tintin. Kebetulan anak saya meminta lengkap, dan akan saya buat hadiah ulang tahunnya mendatang. Karena itu saya pun berburu dan mencari koleksi lengkapnya.

Pada tampilan Gramedia.com, ke-24 judul ini ada semua tersebar di berbagai toko berbeda (tertulis semua STOK TERSEDIA). Karena itu saya akhirnya transaksi pada tanggal 7 Juli 2022 pada 3 cabang berbeda (Banyumas, Surabaya dan Palembang). Nomor Pesanan: FG071VULIBYE54, tanggal pemesanan: 07 Juli 2022.

Akhirnya malam ada 1 toko cabang Banyumas yang menginfokan bahwa 2 stoknya tak ada. Saya pun mencari di toko lain, biarlah menanggung ongkos kirim lagi, karena memang mau koleksi lengkap.

Ternyata siang ini tanggal 9, saya mendapat kabar dari cabang Palembang seluruh pesanan saya 7 buku dibatalkan!! Masih ada pesanan lainnya yang belum jalan/tidak, entah ada bukunya tidak. Hanya 1 buku “Tintin di Congo” yang saya terima hari ini.

What?! Begini cara Gramedia menjual bukunya buat kolektor yang mencari lengkap? Kalau begini caranya lebih baik seluruh pesanan saya dibatalkan, jangan separuh-separuh, di sini ada, di sana tak ada. Padahal jelas-jelas stoknya tertulis TERSEDIA.

Bukan masalah harga dan ongkir, memang dana bisa dikembalikan, tapi bagi pecinta buku, kelengkapan edisi yang diutamakan. Saya benar-benar merasa dirugikan oleh nama besar Gramedia, tapi pelayanan tidak memuaskan dan stok tidak tepat. Kalau tidak ada barangnya, ya tulis stok kosong, jangan menipu konsumen bertransaksi, mengira bisa membeli lengkap seluruh seri, tapi kenyataannya tidak ada bukunya.

Tolong deh, pesanan saya sekalian dibatalkan semua. Saya kembalikan saya seri Tintin yang saya terima, daripada tidak lengkap gini, mengecewakan dan merugikan sekali. Nama besar Gramedia, tapi stok dan ketersediaan buku saja tidak benar.

Olivia
Surabaya, Jawa Timur


Update (18 Juli 2022): Terkait surat pembaca di atas, penulis memberikan klarifikasi dan apresiasi atas tanggapan dari pihak Gramedia.com sebagai berikut:

 

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian mengenai Gramedia.com:
[Total:24    Rata-Rata: 2.7/5]

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan

8 komentar untuk “Keluhan Saat Membeli Buku di Gramedia.com

  • 12 Juli 2022 - (10:44 WIB)
    Permalink

    Terlepas dari Gramedianya yang tidak update stok, komik Tintin ini memang susah sekali bu untuk dapat lengkapnya. Bisa jutaan lakunya kalau lengkap 24 buku, banyak kolektornya. Saya dulu juga kolektor komik ini, saya jual di Tokopedia untung berlipat². Pernah beli edisi bahasa Perancis di Belgia, saya jual disini perbiji laku 750rb. Banyak kolektornya komik ini.

    • 12 Juli 2022 - (11:59 WIB)
      Permalink

      Lah ini beli 24 judul juga pakai uang loh..juga jutaan totalnya. Makanya namany berburu. Saya cek dulu waktu itu ketersediaan stok nya, tiap judul ada stok nya baru saya transaksi. Jadi masalah karena ternyata stok Gramedia ternyata semua tidak sesuai. Dan seenaknya membatalkan, dan bilang tak bisa di cancel yang lainnya, hanya kembalikan uang. Lah ini kan sama dengan beli Harry Potter 1-7, akhirnya hanya tidak dapat lengkap. Padahal di display nya lengkap. Gramedia sebagai toko buku besar yang mau merambah penjualan online ternyata sangat tidak profesional. Pernah juga sebelumnya saya pesan buku Mitologi Yunani yang dikirim Mitologi Mesir..kalau belum siap jualan online ya jangan jualan online. Jangan PHP dan pasang promo apalagi kalau pelayanannya sama sekali tidak memuaskan.

      • 12 Juli 2022 - (13:52 WIB)
        Permalink

        Setuju dengan pernyataan ibu, mohon maaf saya beli dulu jaman cuma 20ribuan. Laku 2jutaan. Ya emang kalau buat koleksi nanggung kalau ga lengkap. Semoga ada solusi dan tanggapan dari Gramedia ya bu.

    • 13 Juli 2022 - (00:43 WIB)
      Permalink

      @Munzir
      Beda pak kalo di FC. ini salah satu komik “The Legend”.
      Saya aja udah nyerah sampe cari ke perpustakaan jadul udah pada disikat sama kolektor. Mau kondisi komiknya udah buluk pun dibelinya.

      Di ebay satu komik tintin ini tembus USD 1,500 karena masuk kategori memorable item.

      @Olivia
      Good luck bu. Semoga keberuntungan memiliki komik lengkap tintin dipihak ibu.

  • 14 Juli 2022 - (00:48 WIB)
    Permalink

    SKU-nya ada banyak ribuan mana hapal pegawai gudangnya kalau stoknya kosong udah diloakin? lagian nyari buku judul jadul mau dibuat apa sih ? pengarangnya udah mati… di PHK gak dikasih pesangon.

 Apa Komentar Anda mengenai Gramedia.com?

Ada 8 komentar sampai saat ini..

Keluhan Saat Membeli Buku di Gramedia.com

oleh Olivia Olivia dibaca dalam: 1 menit
8