Surat Pembaca

Produk yang Diblokir oleh TikTok Shop

Dear Media Konsumen, terima kasih telah bersedia menayangkan surat ini. Surat ini saya tujukan kepada TikTok Shop. Saya sudah bersabar, tetapi makin lama makin banyak produk saya yang diblokir dan poin pelanggaran toko saya makin lama makin tinggi. ID Seller saya: IDLCAQWL7B.

Saya seller yang berjualan aksesoris handphone, terutama casing/case Hp dan tempered glass. Sebelum saya berjualan di TikTok Shop, saya telah berjualan di Lazada, Shope, Bukalapak, Tokopedia dan tidak pernah sekalipun kena pelanggaran karena produk palsu. Karena memang barang-barang tersebut diimpor dari China dan tanpa menggunakan merk tertentu.

Akan tetapi ketika di TikTok Shop, satu persatu produk saya ada yang kena poin pelanggaran (padahal ada beberapa produk yang sudah terjual).

Saya menuliskan di sini, karena saya bingung mau lapor ke mana lagi?

  1. Produk yang saya jual tidak ada menggunakan merk apa pun, hanya merek HP untuk judul produk. Contoh: “Xiaomi Redmi Note 11 Pro Case TEMPERED GLASS CASE CAMERA PROTECION Case Casing Hp Xiaomi Redmi Note 11 Pro 5G“. Apakah saya harus minta izin kepada Xiaomi Indonesia untuk menaruhnya di judul produk saya? Sementara saya tidak menjual unit handphone, melainkan aksesoris handphone.
  2. Ketika saya upload sebuah produk, judul produk, foto serta deskripsi produk itu sama semua di 5 marketplace ( Lazada, Shope, Tokopedia, Bukalapak, TikTok Shop ) dan di TikTok Shop beberapa bahkan sudah tayang (sudah lolos QC) dan terjual, lalu tiba-tiba kena blokir oleh sistem.
  3. Saya sudah berusaha mengajukan banding, sudah memberikan foto asli produk, tetapi sudah 1 minggu ini beberapa produk saya tidak ada respons apa pun.
  4. Jikalau ada beberapa produk yang ada watermark tertentu, sebaiknya berikan notifikasi agar produk tersebut diperbaiki (meski ada beberapa produk pula yang tidak ada watermark tetap diblokir karena memakai judul awal Xiaomi/iPhone/Samsung).
  5. Sekali lagi saya tekankan, saya tidak menjual Mystery Box. Saya tidak menjual unit handphone. Saya menjual aksesoris handphone dan berfokus dengan aksesoris handphone, terutama casing/case Hp dan tempered glass, anti gores (anti gores saja kena blokir dan kita ajukan banding pertama ditolak karena katanya tidak valid).

Ferry
Jakarta Barat

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Bagikan

Belum Ada Tanggapan Atas Surat Pembaca Ini

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pihak yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Komentar

  • Yang koment2 ini seller tiktok bukan? Bapak2 petuah yg merasa suhu nih ya ane ksh tau. Ente jualan di marketplace kan ente bilang aturan nya beda2 ya. Ente2 bener, kaga salah..

    Nah tapi gimna klo aturan masuk kamar mandi, aturan isi bensin, aturan kerja. Beda2 ga? Ngeluh juga kan? Jangan terlalu meremehkan orang pak, si TS lg kesulitan dan lapor ke Tiktok platform demi terjadinya transaksi, ini malah pada sok suhu. Ampun warga indo

  • Dari aturan nya jelas. Tiktok kalo fake order buat reputasi aja nih duit kaga bisa cair, lu order 200jt ke toko sendiri, habis duit lu, toko lu banned.

    E commerce lainnya spt shopee lazada tokopedia. Fake order disono asal kaga nipu dan bukan merugikan orang, fine2 aja, dan klopun kedeteksi, toko doang ilang, saldo lu ttp cair.

    Mikir ga sih sampe situ bapak2 yg ngerasa suhu nih. Apa emg bukan penjual online? Pantes kaga nyambung

  • Saya sebagai seorang pembeli, langsung search templeated glass. Merek handphone sy search diakhir kalimat. Jadi search "Templeated glass Samsung Zlip 3" BUKAN Samsung Zlip 3 Templeated Glass. Bodoh itu klo search merk duluan karena yg mau dibeli templeated glass bukan handphone.

    • Sebagai pembeli juga kesel klo ada penjual yg tidak sesuai judul. Apalagi males bgt klo pas emang pengen beli handphone eh yg nongol jual templeated glass. Sumpah ganggu bgt pedagang seperti itu. Dan wajar klo pembeli akan melaporkan penjual untuk di banned.

  • sama seperti kami.. tiba2 saja produk di ban.. pdhl kami menjual produk makanan, yg katanya kategori salah, tp tdk dijelaskan kesalahannya di mana dan tdk bs edit kategori yg bersangkutan..

    info ke CS cm disuruh banding kedua kali.. pdhl begitu ditolak, produk akan di bekukan selamanya dan wajib buat produk baru.. lah kami susah payah mengumpulkan testimoni
    bila salah kategori, sebaiknya bs di edit kategori yg mnrt tiktok sesuai kan beres.. lagian kategori nya jg sudah sesuai

    susah banget memang jual d tiktok bagi kami.. krn di online shop kami yang lain lancar2 saja..