Surat Pembaca

Toko di Shopee Dihapus Tanpa Peringatan, Padahal Infonya Boleh Belanja di Toko Sendiri

Terima kasih kepada Media Konsumen yang sudah memuat surat saya. Sebelumnya saya ucapkan terima kasih kepada Shopee, karena sudah menjadi saluran berkat bagi ibu rumah tangga yang berusaha mencari penghasilan dengan berjualan online di Shopee.

Awalnya saya membuka toko di Shopee sebagai drop shipper, yang hanya menjualkan barang dari supplier langsung ke konsumen, dengan pengiriman barang dari supplier. Lambat laun semakin banyak persaingan dan berakibat banyaknya drop shipper yang berjualan dari supplier yang saya ambil, sehingga sering kehabisan barang kalau ada orderan masuk.

Pada akhirnya saya memutuskan untuk tidak berjualan secara dropship dan berusaha menyetok barang sedikit di rumah dan mengirim barang dari rumah sendiri. Karena ketidakpahaman akan sistem Shopee, barang yang sudah ada penjualan saya ganti nama dan ganti produk sesuai stok saya yang di rumah. Alhasil produknya dihapus oleh Shopee, karena menggunakan halaman lama untuk mengunggah produk baru.

Karena banyaknya persaingan penjualan di Shopee, akhirnya saya berinisiatif belanja di toko sendiri tujuannya hanya untuk mendapatkan rating. Hari berikutnya saat saya membuka toko saya, saya menemui akun saya tidak bisa untuk berjualan lagi. Saya mengajukan pemulihan akun di toko saya. Kemudian mengisi formulir yang disediakan Shopee. Semua sudah diisi sesuai petunjuk Shopee, tetapi tetap tidak bisa dipulihkan.

Sebelumnya saya benar-benar tidak paham akan sistem Shopee. Di sini saya mengungkapkan penyesalan saya dan benar-benar meminta maaf, kalau dianggap melanggar peraturan di Shopee. Saya memohon juga agar sebelum menutup pintu rezeki, alangkah baiknya diberi peringatan terlebih dahulu sebelum menutup toko, sehingga saya bisa memperbaiki kesalahan.

Selang lama dari itu saya mencoba chat admin Shopee dan menanyakan apakah boleh belanja di toko sendiri? Admin Shopee menjawab: “Boleh”. Saking kagetnya, saya menanyakan lagi boleh ya belanja di toko sendiri? Dan jawabnya sama: “Boleh”. Di sini saya mendapat pengharapan baru dan semangat sekali untuk memulihkan akun saya. Kemudian saya tanya, kenapa toko aku dihapus dan admin Shopee menginfokan akan diteruskan ke tim terkait melalui email.

Keesokan harinya saya mendapatkan email dari Shopee kalau akun aku tidak dapat dipulihkan, karena sudah melampau batas waktu 30 hari dari tanggal akun dihapus. Melalui surat ini, besar pengharapan saya agar Shopee dapat mengerti dan memberikan pengampunan untuk memulihkan akun saya. Saya meminta maaf apabila ada kata-kata yang kurang pas atau tidak berkenan.

Terima kasih banyak Shopee dan Media Konsumen.

Chandra Krisnawati
Semarang, Jawa Tengah

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Bagikan

Belum Ada Tanggapan Atas Surat Pembaca Ini

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pihak yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Komentar

  • Klo begini bukan orang lain yg menutup rejeki anda
    Tpi anda lah yg menutup rejeki anda sendiri

  • Saya sangat memahami masalah ibu.. karena saya pun jualan di shopee.. sulit nya mencari ratting, harga yang kian hancur, potongan yang tinggi, biaya iklan dll.. banyak sekali masalah yang kadang anak2 muda pun ngga kuat.. tapi ibu masih mau berusaha walau ter tatih2.. saya ga akan nyalahin ibu..
    Intinya yuk sama2 belajar.. ambil pelajaran dan hal positif nya.. jangan nyerah buat akun baru, mulai dari awal modal pengalaman yang udah terjadi.. ga ada yang ga mungkin bisa bangkit..
    Semangat bu.. di jaman sulit ini jarang ada yang perduli dengan masalah kaum bawah.. tetap kuat..

  • 1. Di marketplace manapun pasti diharamkan beli di toko sendiri, kalau pengin rating naik suruh pacar, saudara, teman, atau yang lainnya yang tidak se-alamat buat bantuin beli. Soal mekanismenya kan bisa diatur.
    2. Kasus nya sdh lama kok baru lapor?
    3. Kalau ada kasus macam ini, biasanya tidak akan dapat support, tapi ujung-ujungnya malah kena bully

    Tapi apapun masalahnya, semoga cepat selesai, dan bisa jualan lagi
    Tetap semangat

  • Sebenernya di syarat dan ketentuan sudah ditulis kalo GA BOLEH..

    Tapi herannya admin shopee bilang boleh ? ini menunjukkan kalo mimin shopee sebobrok yang kukira
    Hmmm...

  • Seperti yg sudah -sudah,,, kebanyakan CS memang agak "PEMALAS", kitapun bisa jadi sama "PEMALAS"ny karena tak mau baca S&K.
    Sebenarnya sih 'boleh -boleh" saja belanja di toko sendiri, asal tidak pakai voucher apapun dari Shopee, bagaimanapun juga dg belanja ditoko sendiri, Shopee tetap dapat keuntungan (asalkan tidak pakai voucher apapun dari Shopee), tapi jadinya kita memerlukan modal yg lebih banyak lagi, dan secara etika apakah itu Elok??? Sedangkan kita bekerja untuk mencari keuntungan yg berkah!
    Kenapa anda masih ngotot untuk membuka akun lama anda, kan bisa buat akun baru untuk buka toko baru, apa karena anda sudah keluar modal banyak untuk belanja di toko anda sendiri demi menaikkan rating toko?(kemungkinan sih iya).
    Semoga dg kejadian ini kita bisa belajar...
    Bekerjalah dengan benar, sedikit keuntungan yg berkah itu lebih baik.
    Jangan patah semangat untuk berusaha, namanya ingin sukses pastinya di awal-awal banyak sekali rintangan dan ujian. Ambil hikmahnya, terus melangkah maju dan tetap semangat. Semoga anda bisa jadi pengusaha yg sukses.

  • Udah curang, licik melakukan fake order yg sama hal nya dgn penipuan trus bikin tulisan seakan2 terdzolimi? asal anda tau ya fake order begini bs dipidana loh. Dulu ada kasus fake order gojek apa grab gitu. Dan sengaja ngelakuin itu biar dpt pointdan bonus. Ketahuan dan ketangkap polisi. Berjualan lah yg jujur kalau mau duit nya berkah

  • Setau aku sistem d shopee beli brg di toko sendiri pasti ditolak saat mau CO, soalnya aku udah pernah coba hanya utk make sure apakah bisa COD atau ga, krn buyer aku bbrp blg ga bs COD, aku coba lah belanja tp sistem shopee nolak gt, dr situ aku tau oh ok ga bs nge cek juga bisa COD atau ga, trus aku minta lah sepupu aku yg beda kota utk nge cek kan trnyata bisa COD katanya, dia tunjukkan bukti SS nya, so yg salah buyer aku dong dia ga paham cara belanja COD kali, nah intinya hrusnya saat CO ga bs saat itu juga. Lucu sih klo sistem shopee smpe bs meloloskan pembelian dg alamat yg sama. Kecuali kalau alamat beda mah lain cerita

  • Kalau ibu order di atau dari toko ibu sendiri ke toko lain itu boleh..
    Tapi kalau ibu order dari toko ibu ke toko ibu sendiri itu ga boleh..
    Karena sama saja ibu melakukan kecurangan.
    Karena itu ibu dijewer.. biar lain kali berjualan dengan jujur..
    Yuk buka toko baru dan mulai berjualan dengan cara yang benar..
    Jangan berharap toko yang lama diaktifkan lagi.. anggap saja itu sebagai pembelajaran.. ?