Toko di Shopee Dihapus Tanpa Peringatan, Padahal Infonya Boleh Belanja di Toko Sendiri

Terima kasih kepada Media Konsumen yang sudah memuat surat saya. Sebelumnya saya ucapkan terima kasih kepada Shopee, karena sudah menjadi saluran berkat bagi ibu rumah tangga yang berusaha mencari penghasilan dengan berjualan online di Shopee.

Awalnya saya membuka toko di Shopee sebagai drop shipper, yang hanya menjualkan barang dari supplier langsung ke konsumen, dengan pengiriman barang dari supplier. Lambat laun semakin banyak persaingan dan berakibat banyaknya drop shipper yang berjualan dari supplier yang saya ambil, sehingga sering kehabisan barang kalau ada orderan masuk.

Pada akhirnya saya memutuskan untuk tidak berjualan secara dropship dan berusaha menyetok barang sedikit di rumah dan mengirim barang dari rumah sendiri. Karena ketidakpahaman akan sistem Shopee, barang yang sudah ada penjualan saya ganti nama dan ganti produk sesuai stok saya yang di rumah. Alhasil produknya dihapus oleh Shopee, karena menggunakan halaman lama untuk mengunggah produk baru.

Karena banyaknya persaingan penjualan di Shopee, akhirnya saya berinisiatif belanja di toko sendiri tujuannya hanya untuk mendapatkan rating. Hari berikutnya saat saya membuka toko saya, saya menemui akun saya tidak bisa untuk berjualan lagi. Saya mengajukan pemulihan akun di toko saya. Kemudian mengisi formulir yang disediakan Shopee. Semua sudah diisi sesuai petunjuk Shopee, tetapi tetap tidak bisa dipulihkan.

Sebelumnya saya benar-benar tidak paham akan sistem Shopee. Di sini saya mengungkapkan penyesalan saya dan benar-benar meminta maaf, kalau dianggap melanggar peraturan di Shopee. Saya memohon juga agar sebelum menutup pintu rezeki, alangkah baiknya diberi peringatan terlebih dahulu sebelum menutup toko, sehingga saya bisa memperbaiki kesalahan.

Selang lama dari itu saya mencoba chat admin Shopee dan menanyakan apakah boleh belanja di toko sendiri? Admin Shopee menjawab: “Boleh”. Saking kagetnya, saya menanyakan lagi boleh ya belanja di toko sendiri? Dan jawabnya sama: “Boleh”. Di sini saya mendapat pengharapan baru dan semangat sekali untuk memulihkan akun saya. Kemudian saya tanya, kenapa toko aku dihapus dan admin Shopee menginfokan akan diteruskan ke tim terkait melalui email.

Keesokan harinya saya mendapatkan email dari Shopee kalau akun aku tidak dapat dipulihkan, karena sudah melampau batas waktu 30 hari dari tanggal akun dihapus. Melalui surat ini, besar pengharapan saya agar Shopee dapat mengerti dan memberikan pengampunan untuk memulihkan akun saya. Saya meminta maaf apabila ada kata-kata yang kurang pas atau tidak berkenan.

Terima kasih banyak Shopee dan Media Konsumen.

Chandra Krisnawati
Semarang, Jawa Tengah

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian mengenai Jualan online di Shopee:
[Total:74    Rata-Rata: 2.6/5]

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan

59 komentar untuk “Toko di Shopee Dihapus Tanpa Peringatan, Padahal Infonya Boleh Belanja di Toko Sendiri

  • 20 Agustus 2022 - (10:00 WIB)
    Permalink

    kesalahan 1. tujuannya hanya untuk mendapatkan rating 2. toko dibatasi dari maret baru komplain sekarang

    memang dilarang beli produk sendiri karena shopee pasti ada sistem yang mendeteksi.

    kedepannya saya sarankan sebelum mencoba aplikasi apapun baca Syarat & Ketentuan yg berlaku. Jadi tidak gampang bilang belum paham sistemnya, gatau ini itu, ga tau ono ini.

    semoga ada penyelesaian dari shopee yaa semangatt bu.

    41
    6
    • 20 Agustus 2022 - (13:45 WIB)
      Permalink

      Kok kocak itu namanya fraud

      Online sop manapun tidak diperkenankan melakukan kecurangan dalam bentuk apapun.

      25
      1
      • 20 Agustus 2022 - (18:56 WIB)
        Permalink

        Ya kalau sampai diizinkan… Jadi enak dong naikkan rating/bintang di semua produk kita?

        15
      • 21 Agustus 2022 - (07:33 WIB)
        Permalink

        Order di toko sendiri emang di perbolehkan….yang gak di perbolehkan itu order ke toko sendiri….saya juga kalau order barang di toko sendiri…nggak pakai akun orang lain

      • 21 Agustus 2022 - (16:04 WIB)
        Permalink

        Baru paham jualan pintar tapi ngak tahu ada hal hal yg tabu.. setahu saya yg bisa jualan di online itu tidak semua orang.. hanya tertentu yg paham.

    • 20 Agustus 2022 - (18:47 WIB)
      Permalink

      Cs ny salah ngasih info, g boleh lah blnja d toko sendiri, knp? Jatuhnya klau belanja d toko sendiri fo (fake order) hanya utk naikin rating dgn cara bukan pembelanjaan sbnernya dr konsumen.

    • 21 Agustus 2022 - (17:26 WIB)
      Permalink

      Di setiap platform selalu ada namanya edukasi penjual, untuk menghindari fraud2 semacam ini, agar penjual tidak bisa seenaknya menggunakan alasan tidak mengerti sistem (kalau tidak, semua penjual bisa seenaknya sendiri dengan alasan sy kurang mengerti sistem dan teknologi). Lagipula dimana-mana tidak ada platform marketplace yang mengizinkan seller untuk belanja sendiri dari tokonya, bukan hanya Shopee. Bahkan sebenarnya, memanfaatkan kerabat/ rekan untuk membantu belanja demi rating juga bisa disebut sebagai fraud.
      Sarannya, semoga lain kali seller bisa meluangkan waktu untuk membaca perlahan edukasi penjual agar tahu apa saja yang dilarang. Bahkan bila sudah baca sekali pun, harus tetap rajin jika ada update kebijakan, karena itu kita yakin kita tidak pernah menyalahi aturan. Semoga kendalanya dapat segera teratasi, ya.

    • 20 Agustus 2022 - (15:08 WIB)
      Permalink

      Jgn beli sm diri sendiri lah, minta bantuan tmn kek atau saudara kek yg beda alamat sm kita, uang nya gantiin atau kasih barang nya trs suruh kasih rating.

      17
      3
    • 21 Agustus 2022 - (02:17 WIB)
      Permalink

      Tetep salah sih mbaknya. Secapek2nya dia jawab ptanyaan yang sama tetep ga boleh kasi informasi yang menyesatkan / mis-informasi. Kalo masih ada nama CS nya yang jawab begitu, dan dilaporkan ke atasannya pasti bakal kena teguran / sanksi itu CS nya.

      5
      1
  • 20 Agustus 2022 - (10:25 WIB)
    Permalink

    Buka toko sendiri,beli di toko sendiri,kirim ke alamat sendiri…๐Ÿ˜๐Ÿ˜๐Ÿ˜

    32
    4
    • 20 Agustus 2022 - (15:33 WIB)
      Permalink

      Wah masak g’ mikir ini order termasuk order fiktif, banyak yg lakuin ini buat sekedar naikin rating, atau bahkan ada yg sengaja buat cari keuntungan dengan dapat cashback dari voucher.. Jangan kan satu akun dengan akun beda tapi 1 hape aja kedetek fiktif soalnya imei sama.

      10
      1
    • 20 Agustus 2022 - (13:25 WIB)
      Permalink

      Anda polos sekali, bu ๐Ÿ™‚
      Yang jelas belanja ditoko sendiri tidak akan mungkin diperbolehkan secara aturan umum marketplace.
      Belanja di toko orang lain saja kadang bs dianggap fraud kl lg apes, misalnya pas berbagi wifi sama

      14
      2
      • 20 Agustus 2022 - (20:35 WIB)
        Permalink

        Besok besok kalau mau melakukan itu lebih kreatif yah. Misal suruh tante, bibi paman atau saudara yang beli jangan pake akun sendiri, sampai di sini pasti paham. Good joob. Semangat jualannya. Semoga rejekinya banyak.

        4
        1
    • 20 Agustus 2022 - (18:09 WIB)
      Permalink

      Order ke toko sendiri termasuk fake order semua mp melarang itu, kecuali anda memasarkan di medsos ada yg pesen biar aman pakailah mp untuk transaksi, dengan catatan pakai akun orang lain untuk ordernya๐Ÿ˜๐Ÿ˜๐Ÿ˜

  • 20 Agustus 2022 - (11:17 WIB)
    Permalink

    Jangan cuma berpegang pada “katanya” ya Bu, carilah ketentuan hitam di atas putih yang dibuat marketplace secara publik karena itu lebih berkekuatan hukum tetap.

    Jangankan secara aturan, belanja di toko sendiri (untuk alasan dongkrak rating) adalah absurd dan tidak elok secara etika. Jika ibu ingin berbuat begitu, gunakan kelemahan sistem marketplace yang pintar-pintar bodoh.

    Caranya, gunakan akun terpisah untuk jualan dan belanja. Masing-masing akun menggunakan profil berbeda (foto, nama, nomor ponsel, nomor KTP, alamat, dst). Pasang dua akun di dua ponsel berbeda. Masing-masing ponsel jangan sharing kartu SIM yang sama (misal switch kartu), jangan menggunakan jaringan WiFi yang sama, dan minimalisasikan daftar kontak yang identik. Gunakan fake location di salah satu ponsel.

    Jika cara di atas terlalu ribet dan techy, anda bisa bekerja-sama dengan saudara terpercaya yang jauh secara domisili. Kirimkan dia uang untuk belanja di toko anda, dan siapa tahu dia bisa dapat untung dari program cashback. Hahaha…

    28
    2
  • 20 Agustus 2022 - (12:00 WIB)
    Permalink

    Lo punya toko sendiri, tapi Lo belanja di toko lu itu, ya itu namanya Fraud lah pea.

    19
    6
  • 20 Agustus 2022 - (12:06 WIB)
    Permalink

    Wkwkwkwk belanja di toko sendiri, jadi ngeri ni jaman sosial media, banyak orang problematik, hal sepwle dan gak masuk akal di besar2 kan, buat para usahawan, hati2 sama orang problematik makin banyak,

    12
    1
  • 20 Agustus 2022 - (12:53 WIB)
    Permalink

    Capek deh ๐Ÿคฆ๐Ÿคฆ๐Ÿคฆ๐Ÿคฆ๐Ÿคฆ๐Ÿคฆ๐Ÿคฆ

    4
    1
    • 20 Agustus 2022 - (14:49 WIB)
      Permalink

      Kalo mau belanja barang sendiri suruh saudara, teman dll biar ga ketauan triknya ๐Ÿ˜ kalo item barang 100 pcs ke atas cocok & umum pake trik ini ๐Ÿ˜… atau barang baru upload di taro di barang yg sudah habis tapi sudah terjual banyak jadi yg melihat berpikir barangnya sudah banyak yg beli ๐Ÿ˜‚

  • 20 Agustus 2022 - (13:18 WIB)
    Permalink

    Dari jaman bahula, di market place apapun, belanja di toko sendiri adalah dilarang.
    Selain ada fake rating, juga bisa jadi pemanfaatan promo.

    6
    2
  • 20 Agustus 2022 - (13:41 WIB)
    Permalink

    Ngide nya ngadi ngadi aje, ibarat ngide bunuh diri biar tidak jadi beban keluarga tapi mengharapkan masuk surga..
    Semoga tidak hanya mendapatkan pengampunan dari shopee saja tapi mendapatkan pencerahan juga ya mbak.

  • 20 Agustus 2022 - (13:46 WIB)
    Permalink

    laporan media konsumen terlucu yang pernah saya baca ๐Ÿคฃ,saya baru buat akun demi bisa komen

    12
    1
  • 20 Agustus 2022 - (14:21 WIB)
    Permalink

    Dilarang membeli barang di toko sendiri dengan alasan apapun, karena anda dianggap melakukan kecurangan. Kalau ingin curang, main dengan cara cantik.

  • 20 Agustus 2022 - (15:01 WIB)
    Permalink

    Logika nya egak jalan soal chat dg cs, klo anda tahu itu tdk boleh anda harus menangkalnya ,atau anda jgn g baca SnK .
    Sama j dg bunuh diri.

    2
    1
    • 20 Agustus 2022 - (17:46 WIB)
      Permalink

      CS nya jawab sambil bercanda kali itu, dipikir ini orang kok lugu sekali tanya seperti ini.

  • 20 Agustus 2022 - (15:21 WIB)
    Permalink

    saran saya tutup aja kolom komentarnya, ini namanya kebodohan yang di pertontonkan

  • 20 Agustus 2022 - (15:46 WIB)
    Permalink

    Ga usah tanya kali kallo itu. Di logika aja. Masa beli di toko sendiri buat naikin rating ga tau boleh apa tidak di nalar saja bisa toh wajar tidak nya

  • 20 Agustus 2022 - (15:49 WIB)
    Permalink

    Bisa borong deh…belanja di toko sendiri, untung dinikmati sendiri,ratting naik sendiri, akhirnya akun wassalam sendiri….

  • 20 Agustus 2022 - (15:57 WIB)
    Permalink

    Jelas jelas ga dibolehin lha bu… lagian naikin rating gmn caranya mau dapet rating tinggi kecuali yg belanja ratusan orang dari bedaยฒ akun kemungkinan besar bs dapet rating tinggi seller plus. Shopee emang ketat peraturan nya yg baru. Bnyk toko ato pembeli akun nya tiba-tiba jg ga bisa jualan ato di blokir karena sering dipakai transaksi gestun itu…

    5
    1
  • 20 Agustus 2022 - (17:01 WIB)
    Permalink

    Duhh duhh … Kayanya Kaka nya kurang paham deh dengan kebijakan shop**ee jelas akun dibekukan kk. Sy aj Mau belanja makanan kucing di toko Kaka sy gak bisa katanya akun sy terdeteksi kecurangan. Apa no Ade sy ada di daftar TLP sy atau bagaimana. Pdhl sy belanja di toko sy barang nya makanan kucing dan bener buat kucing sy. Dr pada belanja ke toko lain kan mending belanja di toko sodara ! Memang proteksi nya luar biasa nyusahin pembeli juga.

    • 21 Agustus 2022 - (08:02 WIB)
      Permalink

      Order di toko sendiri ya boleh lah!

      Boleh, cuma ya mikir juga dong.. masa pakai hp yang sama, alamat yang sama, nama yang sama, transfer dari rekening yang sama, itu namanya bunuh diri!

  • 20 Agustus 2022 - (17:02 WIB)
    Permalink

    Heran deh..

    Kalimat anda “menutup pintu rejeki”
    Se akan akan kamu itu ter dzalimi..
    Banyak orang yg berkata seperti itu padahal karena kesalahan diri sendiri..

    • 22 Agustus 2022 - (15:32 WIB)
      Permalink

      Wkwkwkwk yg jual dia sendiri yg beli dia sendiri, klo punyak sendiri kenapa mesti beli jan tinggal ambil gk usah bayar jga gk apa2 salam akal sehat wkwkwkwk

 Apa Komentar Anda mengenai Jualan online di Shopee?

Ada 59 komentar sampai saat ini..

Toko di Shopee Dihapus Tanpa Peringatan, Padahal Infonya Boleh Belanjaโ€ฆ

oleh Candra dibaca dalam: 2 menit
59