Top Up Saldo DANA Tidak Masuk Lagi! Apakah Uang Saya Tidak Akan Balik Lagi Seperti Sebelumnya?

Pada tanggal 1 September 2022 pukul 13.49, saya top up saldo DANA (lagi). Setelah beberapa bulan lamanya saya tidak melakukan top-up, dikarenakan tidak adanya solusi dari pihak DANA pada kasus saya sebelumnya.

Saya top-up dari BNI sebesar Rp737.000, ke akun teman saya (yang kebetulan rekan 1 ruangan di tempat kerja). Status di m-banking sudah tertulis sukses, tapi di akun DANA penerima masih belum masuk saldonya. Saya sudah mengkonfirmasi bank BNI lewat Call Center dan pihak bank menyatakan bahwa transaksi tersebut sudah sukses.

Namun setelah dicek kembali oleh penerima, ternyata saldonya masih belum masuk juga. Sehingga saya ingin mengajukan refund secepatnya, mengingat nominal yang diberikan sangat besar bagi saya yang berpenghasilan rendah.

Saya sudah mencoba menelepon call center DANA, tapi tidak ada satu pun CS yang mengangkat telepon saya, dengan alasan sedang melayani consumer lain. Selama panggilan saya diberikan pilihan apakah mau tetap menunggu atau tidak. Saya pun memilih menunggu dan menekan angka 1 sebagai tanda bahwa saya mau menunggu.

Namun setelah deringan kedua pun tak kunjung ada yang mengangkat dan saya melakukan hal yang sama hingga bahkan 5x. Akhirnya saya pun mencoba mengajukan komplain ke email customer care DANA. Yang jadi permasalahannya adalah, apakah uang saya akan kembali atau akan lenyap kembali seperti beberapa bulan yang lalu?!

Pada tanggal 14 April 2022 saya men-top-up DANA sebesar Rp280.000 ke nomor yang sama melalui m-banking yang sama yaitu BNI, tapi hingga detik ini masih belum masuk saldonya. Kedua, tanggal 17 April 2022 saya top-up lagi sebesar Rp50.000 ke nomor yang sama melalui Alfamart dan di setruknya telah dinyatakan berhasil. Namun lagi-lagi saldonya masih belum masuk hingga saat ini.

Saya telah mengajukan komplain dengan cara yang sama, tapi hasilnya nihil. Karena pihak DANA hanya merespons “Kami akan memproses, mohon tanda terima top up dilampirkan“ berulang-ulang kali. Padahal saya sudah melakukan perintahnya yaitu mengirimkan bukti screenshot dan screen recording berulang kali, bahkan dengan waktu yang berbeda agar memang terbukti bahwa saldonya belum masuk.

Hingga pada akhirnya pada tanggal 30 April 2022 pihak DANA sama sekali tidak memberikan solusi atau bahkan mengembalikan uang saya sedikit pun dan hanya berkata bahwa saldonya telah masuk. Padahal hingga detik ini pun, saldo tersebut masih belum masuk ke akun penerima. Sehingga mau tidak mau saya mengikhlaskan uang tersebut.

Sekarang hal ini terjadi lagi dengan nominal yang jauh lebih besar, apakah DANA akan memberikan solusi atau mengembalikan uang saya kali ini? Atau uang saya akan hilang dengan percuma lagi? Nomor pelaporan saya ke DANA ID Tiket: 14448369.

Cindy Putri Mellinda
Palembang, Sumatra Selatan

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Bagikan

Tanggapan Atas Surat Pembaca Ini

Tanggapan DANA terhadap Keluhan Ibu Cindy Putri

Kepada Yth. Redaksi Media Konsumen Di Tempat Perihal: Tanggapan terhadap Keluhan Ibu Cindy Putri Mellinda di Media Konsumen, “Top Up...
Baca Selengkapnya

Komentar

  • Saya sudah dari tgl 27 Agustus top up dana melalui brimo..tapi sampai sekarang belum masuk juga saldo saya..gimana ne pihak dana tanggung jawabnya..asyik2 suruh tunggu..masih diprose sama pihak resolusi..tapi belum juga ad kepastian tentang top up saldo saya..mana uang itu buat bayar sewa rumah..gimana saya mau bayar sewa rumah kalau saldo say gak masuk2

  • Dari tgl 27 Agustus saya top up dana melalui brimo..dan sampai sakarang saldo saya belum bertambah juga..saya suda coba telpon call center..jawabannya hanya mohon kesabaranyan..dan begitu juga email yang saya terima..mohon kesabarannya keluhan sedang diproses oleh pihak resolusi.. asyik2 begitu saja..tidak ad titik penyelesaiannya..padahan uang itu buat bayar sewa rumah..dah gak2 lagi deh pake jasa dari dana lagi??