Kerugian Akibat “System Error” Saat Pembelian di tiket.com

Pada tanggal 13 Oktober 2022 siang hari, saya membantu teman saya untuk pembelian tiket pesawat di tiket.com, untuk penerbangan rute PNK-CGK maskapai Lion Air pukul 17:00 WIB. Pada saat pembayaran, muncul pesan error. Saya coba dengan pembayaran dengan kartu kredit Mandiri, BCA dan transfer Bank Mandiri, tapi hasilnya sama, muncul pesan error.

Saat sore hari muncul notifikasi di  menu “Your Order” di tiket.com, dengan tanpa kode booking dan masuk pesan di email saya bahwa pembayaran berhasil. Saya coba hubungi helpdesk tiket.com berharap dapat bantuan terhadap order saya nomor 1211729202.

Petugas helpdesk menyarankan saya untuk melakukan pemesanan ulang kembali. Saya coba kembali melakukan pemesanan, dengan hasil sama tidak bisa dibayarkan, muncul pesan error yang sama dan tidak ada lagi notifikasi di tiket.com dan email saya yang masuk. Saya putuskan menunggu sampai besok paginya (tanggal 14 Oktober 2022).

Karena teman saya sangat membutuhkan kepastian tiket pesawatnya, saya putuskan beli tiket pesawat via aplikasi lainnya. Betapa kagetnya saya, tiba-tiba muncul notifikasi di email saya tanggal 14 Oktober 2022 pukul 12.52 WITA, bahwa pembayaran saya berhasil, dengan nomor order berbeda: 1212920563. Kemudian terbit kode booking penerbangan HXVQFC untuk penerbangan rute PNK-CGK maskapai Lion Air pukul 17:00 WIB, selisih 5 jam terbit tiket dengan waktu take off pesawat. Aturan refund sudah tidak berfungsi, sehingga tiket pesawat tersebut hangus.

Beberapa hal yang perlu diperhatikan:

  1. Waktu pemesanan saya tanggal 13 Oktober 2022 siang hari, dengan terbitnya tiket kode booking selisih selama +/- 24 jam, sangat lama.
  2. Helpdesk menyarankan melakukan pemesanan ulang ,sehingga kemungkinan pemesanan kedua atau ketiga saya berhasil tanggal 13 Oktober 2022 sore hari. Namun notifikasi pembayaran berhasil tanggal 14 Oktober 2022 pukul 13.52 WITA dan tiket keluar pukul 13.53 WIB, terlalu lama dan ini indikasi system error di tiket.com.
  3. Saya telah melaporkan keluhan ini via chat kepada helpdesk tiket.com, tapi tanpa solusi dan jalan keluar atas kerugian material saya.

Harapan saya melalui jalur ini, tiket.com bisa memberikan solusi yang baik atas masalah/kerugian saya yang diakibatkan atas lamanya terbit notifikasi pembayaran dan tiket pesawat kepada pelanggan/mungkin disebabkan system error di tiket.com.

Demikian dan saya ucapkan terima kasih kepada Media Konsumen atas kesempatan menggunakan jalur ini. Berikut terlampir history chat saya dengan helpdesk tiket.com.

Erwin Riswantoro
Balikpapan, Kalimantan Timur

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian mengenai tiket.com:
[Total:46    Rata-Rata: 2.5/5]
Tanggapan tiket.com atas Surat sobat tiket Erwin Riswantoro

Halo sobat tiket, Sehubungan dengan surat pembaca di Media Konsumen tanggal 17 Oktober 2022 yang ditulis atas nama sobat tiket...
Baca Selengkapnya

9 komentar untuk “Kerugian Akibat “System Error” Saat Pembelian di tiket.com

  • 17 Oktober 2022 - (09:55 WIB)
    Permalink

    Coba di cek pada attachment yang tiket Pak.
    Tanggalnya semua 11 November 2022, sedangkan sekarang masih di Oktober.

    “Kemudian terbit kode booking penerbangan HXVQFC untuk penerbangan rute PNK-CGK maskapai Lion Air pukul 17:00 WIB, selisih 5 jam terbit tiket dengan waktu take off pesawat. Aturan refund sudah tidak berfungsi, sehingga tiket pesawat tersebut hangus.”

    Tidak hangus statusnya karena kan masih penerbangan untuk tanggal 11 November booking itu.

    Sepertinya ini ada salah pemilihan tanggal booking ?

    • 20 Oktober 2022 - (21:43 WIB)
      Permalink

      Jangan gagal paham. Tiket memang tdk hangus. Cuma dia sudah pesan 2 x tiket penerbangan dg pesawat dan tujuan yg sama. Karena menganggap yg satu itu nggak berhasil. Ternyata berhasil. Jadi rugi kan satunya?

      • 20 Oktober 2022 - (22:56 WIB)
        Permalink

        Tetep bakal gagal paham, soalnya dia komplain atas tiket yg masih lama penerbangannya. Jadi isi komplainnya gak sesuai. Kalau memang dobel pesen, coba lihat tgl terbangnya, bener apa nggak. Karena yg dia lampirkan tiket tgl 11 Nov 2022, masih bulan depan. Jadi dia salah pesen apa nggak…

  • 19 Oktober 2022 - (00:13 WIB)
    Permalink

    Salah pilih tanggal kayaknya ini, jangan terburu-buru pesan tiket pesawat.. yg saya lihat di gambar penerbangan 11 November 2022..

  • 20 Oktober 2022 - (06:39 WIB)
    Permalink

    Pernah juga pesan tiket buru2, akhirnya salah pilih tanggal, makanya jadi pelajaran saat pesan tiket harus dicek ulang tanggal dan tujuan…
    Ajukan refund aja, bisa kembali 80% atau reschedule nambah biaya sedikit…

  • 20 Oktober 2022 - (07:07 WIB)
    Permalink

    “Kemudian terbit kode booking penerbangan HXVQFC untuk penerbangan rute PNK-CGK maskapai Lion Air pukul 17:00 WIB, selisih 5 jam terbit tiket dengan waktu take off pesawat. Aturan refund sudah tidak berfungsi, sehingga tiket pesawat tersebut hangus.”

    Selisih 5 jam terbit tiket dengan waktu take off pesawat dihitungnya dari mana? Anda kan pesan tiket untuk penerbangan hari Jumat tanggal 11 November 2022 (bulan depan) ?

  • 20 Oktober 2022 - (22:44 WIB)
    Permalink

    Jadinya mau tertawa tapi takut dosa. Kesalahan ada pada diri sendiri ternyata tidak disadari,

 Apa Komentar Anda mengenai tiket.com?

Ada 9 komentar sampai saat ini..

Kerugian Akibat “System Error” Saat Pembelian di tiket.com…

oleh erwin dibaca dalam: 1 menit
9