Samsung Galaxy S20+ “White Screen”

Saya pengguna Samsung Galaxi s20+ sejak November 2020. Pada tanggal 1 Oktober 2022, secara mendadak HP saya mengalami kedip layar dan diikuti oleh layar putih kosong dan panas berlebih di bagian bawah layar. Saya melayangkan keluhan yang ditujukan ke Samsung Electronics Indonesia.

Di sana saya mengajukan permintaan penggantian komponen layar telepon seluler saya, serta tidak bersedia membayar biaya perbaikan. Dikarenakan saya merasa kerusakan ini bukan kesalahan penggunaan. Keyakinan saya berdasarkan dari banyaknya keluhan serupa di seri S20 tidak hanya di Indonesia, tetapi juga di seluruh dunia.

Setelah beberapa hari, saya menerima tanggapan dari pihak Samsung, dan pihak Samsung menyampaikan bahwa saya diharuskan membayar Rp1.811.603 untuk biaya penggantian komponen, dan Samsung menanggung Rp2.123.146.

Saya tidak bersedia membayar biaya tersebut, karena sudah jelas ini bukanlah kesalahan pengguna. Apalagi kendala ini muncul kebanyakan setelah melakukan pembaruan perangkat lunak. Saya tidak dapat menampilkan produk yang bermasalah, karena produk saat ini berada di service center Samsung tanpa kejelasan lebih lanjut

Saya minta PT Samsung Electronics Indonesia bisa memberikan solusi yang tidak merugikan konsumen. Mengingat perangkat yang bermasalah di sini bukanlah perangkat yang berharga RP3-4 juta, tetapi perangkat berharga belasan juta rupiah. Dan solusi kepada beberapa konsumen ada yang dibebaskan dari biaya penggantian, dan ada yang diharuskan membayar sejumlah uang.

Yeremia
BSD, Tangerang Selatan

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan

34 komentar untuk “Samsung Galaxy S20+ “White Screen”

  • 21 Oktober 2022 - (08:08 WIB)
    Permalink

    Gara2 seri ini saya kapok beli samsung, mending merek mi aja beli 2 juta dijual masih laku 1-1.5 juta setelah dipake beberapa tahun

    lah ini beli belasan juta mentok laku harga setengahnya pun enggak. secara fungsi sama dengan android lainya dengan harga 20% dari flagship samsung

    nah waktu itu s20 ini overheat tapi semua normal tapi aku pikir ini cacat, buru2 deh dijual belum ada setahun dimana2 dutawar mentok cuma 7 juta, sumpah nyesek bangeeett

    dari situ saya udah blacklist produk samsung apapun sih karena hp china jauh lebih murah dengan kekuatan gak jauh beda

    24
    2
      • 23 Oktober 2022 - (10:26 WIB)
        Permalink

        Xiaomi ga menjamin bagus juga redmi 11t baru beli sebulan layar bergaris + sidik jari rusak padahal jarang pakai

    • 22 Oktober 2022 - (15:15 WIB)
      Permalink

      Lah gua beli xomay redmi 2 pada tahun 2016 baru 2 minggu mampus services center banyak belid2…. bro inget Hp buatan manusia bayak lose Qc pasti ada aja barang gagal yg lolos pasaran. Gak satu brand aja yg gini… blm lama brand mobil listrik aja masalah. Jadi ya untung2an aja dpt barang yg bagus.

      1
      2
  • 21 Oktober 2022 - (09:07 WIB)
    Permalink

    beli ponsel flagship, tentu harapannya mendapatkan produk kualitas terbaik dan bisa digunakan untuk jangka panjang.
    kenapa buruk sekali QC produk Samsung sekarang ya

    13
    1
    • 21 Oktober 2022 - (22:26 WIB)
      Permalink

      Mau tanya..itu ketahuan white screen nya akibat karna kebanyakkan upgrade perangkat lunak atau software nya darimana?apa pihak service center samsung mengakui itu setelah dilakukan pengecekan handphone?

  • 21 Oktober 2022 - (09:24 WIB)
    Permalink

    Waktu itu di MK vertical green sekarang white screen. Ponsel mahal memang gak jamin bandel. Mending iphone kalo yg mahal

    9
    2
  • 21 Oktober 2022 - (10:00 WIB)
    Permalink

    Saya masih setia S8 & S9.. dan itupun beli 2nd. Lancar jaya.
    Samsung kecepetan ngeluarin flagship, ampir sama deh 11-12 dengan apple.
    Intinya kedua brand tersebut ‘ketakutan’ atas merajalela brand Xiomi yg begitu membahana sejagat raya.

    Seharusnya pihak samsung recall produknya dan ganti layar seperti halnya kasus seri S7 di baterai.

    7
    1
  • 21 Oktober 2022 - (19:18 WIB)
    Permalink

    Ponsel saya pun mengalami seperti yg bapak ceritakan, tp type ponsel kita berbeda. Kalau saya Samsung A9 Pro, baru 7 bulan pemakaian. Sekarang ada kedip terang di bagian bawah ketika menuju layar mati. Saya fikir LCD nya, tp ini penyakitnya timbul tenggelam. Kadang berkedip sendiri, kadang tidak. Agak ngeri2 sedap kalau liat, karna cahayanya kyk cahaya kilat

      • 23 Oktober 2022 - (09:55 WIB)
        Permalink

        Kalau udh 2 thn bukannya garansinya dahh hbs yaa??
        Saya yg baru 7 bln saja, garansinya di tolak sama SS karna yg saya garansikan termasuk barang lama. Walaupun beli nya baru.
        Dan harga sparepartnya 1.300.000 blm biaya service, dengan biaya segitu nambah dikit dpt HP baru ???

        • 23 Oktober 2022 - (12:04 WIB)
          Permalink

          Makanya mohon maaf saya bilang dia nggak tau diri.

          Hp dia udah 2 tahun, ada trouble di hp nya minta dibenerin tapi gak mau bayar. Ngadu di media Konsumen.

          Seperti memperlihatkan kebodohannya sendiri.

          Semoga banyak orang kaya yang tidak seperti itu.

          • 28 Oktober 2022 - (09:44 WIB)
            Permalink

            just my 4 cents.

            let’s assume anda sudah expense 15million + for a phone, what did you expect?
            2 tahun usia pakai? if it already 4 or 5 years, saya no problem dengan masalah seperti ini. in facts, handphone saya yang lainnya rata” 4-5 tahun without any significant problem. even my Iphone 6s was from 2014 and saya masih bisa gunakan sampai detik ini.

            mungkin anda biasa beli handset di range 1-2 jutaan yang kalau 2 tahun rusak and you consider it as bad luck.

            my point is, this kind of faults happen not just with me. but many others did experience similar things.

            saya berani untuk raise issue ini karena saya sudah research sebelumnya mengenai kerusakan serupa. which happen not just with me, tapi terjadi di banyak handset dalam series S20 di banyak negara. which indicate ada manufacturing deffect pada device series ini.
            even dalam bulan ini saja di media konsumen ada beberapa complain serupa.

        • 23 Oktober 2022 - (12:09 WIB)
          Permalink

          Dari kejadian yg anda alami, anda masih lebih sabar dan bijak pak.

          Btw saya bukan pegawai, sales dll dari Samsung ya, saya hanya nggak habis pikir dgn hp yg sudah 2 tahun pas ada trouble pengen dapet servis gratis.

  • 21 Oktober 2022 - (20:32 WIB)
    Permalink

    sangat disayangkan,,seharusnya pihak Samsung Indonesia peduli dgn keluhan dari produknya…Xiaomi memang kalah nama dari Samsung,,tapi kualitasbagus

    2
    5
  • 22 Oktober 2022 - (07:06 WIB)
    Permalink

    Sejujurnya memang aga gapok sie pakai samsung dan dikibulin sama service center. Sy pernah 2017 beli hp baru di cibinong city mall resmi baru 2bulan kena layarnya sy bawa ke service senter disuru bayar biaya 950rb sy nolak kan hp baru usia 2bulan dan bukan kesalahan jatuh. Oke akhirnya dia mau ganti, baru selang 1bulan dari penggantian, eh layar lagi kena, padahal ga ada jatuh ga ada kebentur ga ada kena apapun, bawa ke service senter diminta 850rb diskon 100rb katanya, sy ga mau krn baru 1bln ganti, masa ud rusak dan baru 3bln dari pembelian, tp service center kekeuh harus bayar kalau engga ya ga bisa diganti, krn byk pekerjaan yg sy save di hp, akhirnya sy ngalah, sy bayar 850rb. Eh 1bln kemudian kena lagi layarnya. Sy ganti lg 850rb. Total buat ganti layar aja 1,7jt. Aga nyesel kenapa mau aja sy bayar segitu, parah sie memang samsung jaman now. Service senternya nyari duit bgt.

    3
    2
  • 22 Oktober 2022 - (09:52 WIB)
    Permalink

    Allhamdulillah, S9+ sama S22+ punya saya sampai saat ini tidak memiliki kendala setiap upgrade. Padahal hp sering jatuh , mungkin elektronik itu kalau pas nasib kita mujur pakai lama juga awet tapi kalau pas apes ya kadang masa garansi habis lebih 1 minggu rusak… saya juga pernah beli elektronik brand dunia dan harganya 3xlipat dari brand cina tapi rusak baru 1tahun lebih 1 minggu rusak juga

    1
    1
    • 23 Oktober 2022 - (07:50 WIB)
      Permalink

      Klo punya duit belasan juta mending beli iPhone, kualitasnya josss, harga jual second juga tinggi.. bahkan seri iphone 5 aja masih hidup nyala normal sampe sekarang

      1
      2
  • 22 Oktober 2022 - (11:05 WIB)
    Permalink

    Jgn ambil resiko beli hp high end merk ini….sudah dipastikan hampir 99,999% layarnya slalu bermasalah…entah itu tint,tompel,blink,greenscreen, ga ngerti knapa merk ini slalu cacat di bagian layar amolednya terutama untuk kelas high nya yaitu seri S & note nya

    2
    2
  • 22 Oktober 2022 - (15:10 WIB)
    Permalink

    Saya cuma saling sharing aja, kebetulan saya User Samsung dah 10 tahun lebih tipe yg saya pakai selalu Seri Note terahkir sampai Saat ini. Beberapa seri note yg saya alami kerusakan bawaan pabrik rata2 layar sih dari note 8 sampai note 20 ultra. Tapi semua dlm garansi 1 tahun pas kerusakan di ganti part lcd baru dan port charger jg. Semua free biaya gak keluarin duit sama sekali dan fast respons 2 hari kelar. Menurut saya servis samsung bagus.

    Yg saya pertanyakan Gadget / Hp embak itu masih dlm gransi resmi gak? Harusnya klo masih garansi gak akan di mintain uang.

    Bilamana di luar garansi pihak samsung mau namggung ½ ya bagus lah timbang kena biaya 100% .

    Sampai saat ini saya beralih ke s21 ultra bary 2 minggu aman2 aja. Oh ya istri saya pakai s20 ultra gak dri 2020 allhamdulullah aman2 aja….

  • 22 Oktober 2022 - (20:46 WIB)
    Permalink

    Lah, kan masa garansinya udah habis.
    Jadi kerusakan di luar garansi bukan tanggungan pabrik.

    Cobalah bijak.

  • 23 Oktober 2022 - (07:40 WIB)
    Permalink

    Saya alhamdulillah pake Samsung dan Xiaomi ga pernah ada kendala apapun. Ga pernah rusak juga.
    Kendalanya hilang dicuri orang doang, ?.

    Samsung flagship ini bagus di kamera banget kalo menurut saya.

    • 23 Oktober 2022 - (12:13 WIB)
      Permalink

      Fiance saya cinta bgt sama produk Samsung, dari hp, tv, smartwatch, mesin cuci Alhamdulillah semuanya awet .. apalagi hpnya dari 2016 sampe sekarang belum rusak…

  • 23 Oktober 2022 - (15:00 WIB)
    Permalink

    Saran dari saya nih ya, daripada ambil hape flagship merk Samsung lagi. Mending, beralih ke merk lain aja yang flagship nya engga kalah bagus dari Samsung kaya seperti Huawei, OnePlus atau Google Pixel. Harganya 11-12 sama merk Samsung tapi gw berani bilang kualitas nya ga mengecewakan lah, soalnya, banyak temen gw pake tuh merk hape yang gw sebutin dan rata² pada bertahan lama semua hapenya…
    Samsung yang sekarang itu udah bukan seperti Samsung yang jaman dulu. Samsung keluaran diatas 2020 rata-rata emang udah banyak masalah sekarang ini, beda dengan rilisan yang 2020 kebawah yang kualitas nya masih bisa diacungi jempol. Kalo mau flagship yang benar-benar flagship dan Android, mending ambil ketiga merk yang saya saranin itu aja, dijamin puas. Atau, kalo emang mau flagship yang benar-benar premium, ambil Apple iPhone aja sekalian.

    • 29 Oktober 2022 - (02:02 WIB)
      Permalink

      Dari 2013 Hingga Skrng Selalu Pakai Samsung Tidak Pernah Kejadian Rusak. Selalu di Jual / Kasih Saudara Karena Bosan / Pengen Ganti yg Baru, Bukan Karena Rusak.
      Skrng Pakai Galaxy A7 2018 (Beli Bln Maret Th 2019) & Galaxy S20 FE (Beli Bln Oktober Th 2020), Serta Ada 1 Hp Asus Zenfone 4 (Beli Bln Mei Th 2019). Utk Samsung Masih Lancar Jaya Tdk Ada Kendala, Malah Asus yg Udah Mulai Kurang, Terutama Daya Tahan Baterai Pdhl Paling Jarang di Pakai.
      Kebetulan Ketik Komentar ini Pakai Galaxy S20 FE. ???

      • 29 Oktober 2022 - (02:03 WIB)
        Permalink

        Dari 2013 Hingga Skrng Selalu Pakai Samsung Tidak Pernah Kejadian Rusak. Selalu di Jual / Kasih Saudara Karena Bosan / Pengen Ganti yg Baru, Bukan Karena Rusak.
        Skrng Pakai Galaxy A7 2018 (Beli Bln Maret Th 2019) & Galaxy S20 FE (Beli Bln Oktober Th 2020), Serta Ada 1 Hp Asus Zenfone 4 (Beli Bln Mei Th 2019). Utk Samsung Masih Lancar Jaya Tdk Ada Kendala, Malah Asus yg Udah Mulai Kurang, Terutama Daya Tahan Baterai Pdhl Paling Jarang di Pakai.
        Kebetulan Ketik Komentar ini Pakai Galaxy S20 FE. ???

  • 20 Januari 2023 - (10:20 WIB)
    Permalink

    sama gan ane samsung s20 ultra kena defect layar white screen juga

    kena 2.2jt ini total malahan jadi nya

    gara2 update one ui

    dah la last time ini ane pake samsung, FLAGSHIP ? its a shit man

    balik ke iphone aja dah

    di laporin kompas detik sama Media Konsumen jg ga ngefek.

    padahal dari s8 sd flip3 ane pake aman

    s20 series yg terbukti defect mah di diemin aja bodo amat

 Apa Komentar Anda mengenai Samsung S20+?

Ada 34 komentar sampai saat ini..

Samsung Galaxy S20+ “White Screen”

oleh Yeremia dibaca dalam: 1 menit
34