Lambatnya CS tiket.com dan Malaysia Airlines Terkait Perubahan Jadwal yang Tidak Nyaman

Kepada Yth. tiket.com dan Malaysia Airlines,

Sebelum saya membuat keluhan atas ketidaknyamanan ini, saya sudah mencoba untuk mencari tahu atas Aturan Kompensasi Pembatalan Penerbangan. Berdasarkan Pasal 7 ayat (3) huruf b Permenhub 89/2015 yaitu:

Maskapai dalam melakukan pengalihan ke penerbangan berikutnya atau penerbangan milik maskapai lain harus membebaskan penumpang dari biaya tambahan, termasuk peningkatan kelas pelayanan (up grading class) atau apabila terjadi penurunan kelas/subkelas pelayanan, maskapai wajib mengembalikan sisa uang kelebihan dari tiket yang dibeli.

Saya sudah memenuhi syarat atas ketidaknyamanan perubahan penerbangan nomor pemesanan 1210892067.

Jadwal awal Malaysia Airlines:

CGK – BKK 4 November Keberangkatan Pukul 04:25 Ketibaan Pukul 13:25
BKK – CGK 13 November Keberangkatan 17:05 Ketibaan Pukul 23:30

Perubahan Jadwal :

Perubahan keberangkatan
CGK – BKK 4 November Keberangkatan 09:40 Ketibaan 16:05

Ketidaknyamanan ini masih bisa saya terima, meski sangat menimbulkan ketidaknyamanan jadwal perjalanan saya di Bangkok yang harus saya batalkan.

Perubahan kepulangan: BKK – CGK 13 November Keberangkatan 17:05 Ketibaan 14 November 08:30 Bermalam di Bandara. Tentu hal ini sangat tidak nyaman karena harus menunggu 11 jam tengah malam di bandara.

Yang saya sesalkan membeli Malaysia Airlines di tiket.com adalah:

  1. Malaysia Airlines tidak membantu sama sekali yang ada mempersulit hak saya atas Pasal 7 ayat (3) huruf b Permenhub 89/2015 saat meminta bantuan perubahan jadwal di airport.
  2. CS tiket.com sangat lambat menangani keluhan saya dengan hasil sangat mengecewakan. Saya telah berusaha meminta perubahan jadwal sesuai hak saya atas Pasal 7 ayat (3) huruf b Permenhub 89/2015 pada tanggal 3 November. Sebelum keberangkatan hingga tanggal keberangkatan, saya sudah mengkhawatirkannya karena status segmen 1 dan 2 akan segera flown. CS Hanya menjanjikan eskalasi ke pihak maskapai hingga 4 hari penerbangan berikutnya saya menghubungi tiket.com ditawarkan jadwal sebagai berikut:

– 5 MH 785S 15NOV BKK KUL 1105 1425
– 6 MH 723S 15NOV KUL CGK 1625 1730

Tentu saja jadwal tersebut semakin membuat tidak nyaman karena akan menambah pengeluaran lain-lain dan saya menolak akan penawaran ini.

Anehnya adalah mereka masih bisa menyodorkan jadwal dengan kode urutan itinerary dari GDS yang artinya mereka sebenarnya bisa menahan seat tapi tidak sesuai dengan tanggal yang sudah saya ajukan yaitu:

Rute : BKK – KUL – CGK
Tanggal = 14 Nov 2022
Jam : Berangkat 11:05 Bangkok(BKK) – Tiba 17:30Jakarta(CGK)

Urutan angka 5 dan 6 biasanya adalah lock itinerary dan akan diteruskan ke maskapai untuk reissued. Yang artinya kemungkinan tiket.com bisa membantu lock seat tanggal 14 Nov 2022, jam berangkat 11:05 Bangkok(BKK) – Tiba 17:30 Jakarta (CGK) untuk bisa di-reissued oleh Malaysia Airlines. Akan tetapi CS-nya sangat lambat, hanya dengan jawaban template. Entah apa mereka mengerti akan arti GDS dan diberikan akses untuk bisa membantu masalah seperti ini.

Saya tidak tahu kendala teknisnya apa, karena travel agent bisa lock itinerary sampai dikabulkan oleh Malaysia Airlines.

Sampai tulisan ini saya buat saya mendapati jadwal yang saya minta tanggal 14 Nov 2022 jam berangkat 11:05 Bangkok(BKK) – Tiba 17:30 Jakarta(CGK) sudah tidak ada lagi. Hal ini sangat mengecewakan karena saya sudah memberitahukan tiket.com beberapa hari lalu untuk secepatnya segera dibantu atas ketidaknyamanan ini.

Saya paham dan sadar sepenuhnya akan risiko membeli sesuatu secara online seperti ini akan sulit melakukan pengaduan dan akan saya catat baik-baik menjadi pengalaman selanjutnya untuk lebih hati-hati memilih OTA yang bisa membantu masalah konsumen dengan sepenuh hati.

Tevan Andhita Pratama
Jakarta Utara

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian mengenai Malaysia Airlines:
[Total:1    Rata-Rata: 2/5]
Tanggapan tiket.com atas Surat sobat tiket Tevan

Halo sobat tiket, Sehubungan dengan surat pembaca di Media Konsumen tanggal 13 November 2022 yang ditulis atas nama sobat tiket...
Baca Selengkapnya

Satu komentar untuk “Lambatnya CS tiket.com dan Malaysia Airlines Terkait Perubahan Jadwal yang Tidak Nyaman

  • 13 November 2022 - (10:57 WIB)
    Permalink

    Tampaknya CS OTA bukan lulusan Pariwasata, ga pernah belajar Ticketing jadi ga ngerti kode2 begituan. Itulah kelemahan OTA.

 Apa Komentar Anda mengenai Malaysia Airlines?

Ada 1 komentar sampai saat ini..

Lambatnya CS tiket.com dan Malaysia Airlines Terkait Perubahan Jadwal …

oleh Tevan dibaca dalam: 2 menit
1