Surat Pembaca

Akun GoPay Diblokir Sepihak dengan Tuduhan Melakukan Aktivitas Mencurigakan

Sebelumnya terima kasih kepada Media Konsumen sudah menerbitkan tulisan saya. Sebelumnya saya tidak tahu kesalahan apa yang sudah saya lakukan, yang mengakibatkan saya tidak bisa menerima dan mentransfer ke sesama pengguna GoPay. Karena terakhir tanggal 18 November 2022 saya melakukan pembayaran untuk pembelian kopi, dan transaksi sukses.

Pada tanggal 22 November 2022, ada konsumen saya yang ingin membayar belanjaan dan mentransfer via GoPay, tetapi beberapa kali dicoba tidak bisa. Akhirnya saya mencoba untuk tes transfer, dan benar saja memang tidak bisa. Saya langsung membuat laporan ke GoPay.

Setelah menunggu cukup lama, sore harinya laporan saya ditanggapi. Namun saya kaget karena fitur GoPay saya dibekukan, dengan alasan sudah melakukan kejahatan yang melanggar pasal 17 di peraturan Gojek. Namun setelah saya baca peraturan 17, saya tetap tidak mengerti letak kesalahan saya .

Akun GoPay saya memang sering dipakai untuk transfer pembayaran kue titipan, arisan, jajan keluarga, menerima pembayaran konsumen (itu pun jarang sekali). Karena saya dagang kue dan warung kelontong, dan itu bisa dihitung dengan jari transfernya, dengan nominal puluhan ribu rupiah.

Jika hal demikian dianggap kecurangan, terus apa gunanya fitur transfer? Kini banding saya ditolak dengan alasan yang sangat tidak masuk akal. Mohon kiranya manajemen Gojek jangan terlalu arogan dan semena-mena, kalian besar karena kami juga para pengguna Gopay.

Terima kasih,

Alex Brawijaya
Jakarta Utara

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Bagikan

Belum Ada Tanggapan Atas Surat Pembaca Ini

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pihak yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Komentar

  • Ada sesuatu yang terjadi antara 18-22 November, coba anda periksa di riwayat transaksi. Peraturan no. 17 hanya mengatur soal pemblokiran akun secara umum, sehingga tidak cukup dipakai sebagai alasan pihak Gojek. Anda layak mendapatkan penjelasan lebih terperinci, karena setiap kasus dan kendala adalah personal tidak bisa diwakili oleh jawaban prosedural dan template.

    Biasanya setelah ada pengaduan seperti ini, akan ada feedback dan follow up dari pihak Gojek. Semoga bisa diselesaikan dengan baik. Jika tidak ada itikad baik dari Gojek untuk mencari titik temu dari masalah ini, anda punya hak penuh untuk menyuarakan ketidak-adilan ini, menolak menggunakan setiap layanan Gojek, dan merekomendasikan keluarga serta kenalan untuk menggunakan layanan serupa selain Gojek.

    • Saya juga berkali2 minta kejelasan di bantuan dan email ke cs gojek, letak kesalahan saya dan minta detdilnya, tapi yg jawab hanya robot tanpa ada tlp, atau kejelasan saya...ini kesanya gojek cm minta data2 saja..

  • Sama, saya juga pernah kayak gitu, tau tau saldo terblokir....hubungi cs percuma buang waktu, , ,hati hati jgn simpan saldo byk di goay

  • Pindah ke yang lain aja, aneh tanpa bukti fisik
    yng jelas tokp*d dan gop*y Maen blokir aja.. sya jga dah gak pake si ijo, masih banyak cara pake selain si 2 itu

    • Ok. Terimakasih berbagi pengalaman nya ? dimana-pu kita harus waspada termasuk media online ☺️

      • Jngn sisakan saldo anda di gopay, dll nya..
        Bgus gunakan hanya menerima pembayaran jngan untuk transaksi pembayaran..
        Pembayaran bgus pakai bank aja lebih aman..

        • Iya, saya selalu utamain Bank, terkadang custumer mintanya pakai gopay, jika mau belanja sembako

    • Saya juga sebenarnya males pakai ginian, krn tuntutan usaha saja, jd mau ga mau ikut melek teknologi, ...

  • Kemaren saya gitu juga, cuman kata cs dan saya cek email emang ada 17 kali percobaan kirim uang dari akun saya. Akhirnya dibuka juga kok.

  • Saya pengguna gopay aktif buat belanja
    Jadi waswas sewaktu waktu simpen buat dagang sembako. Tau tau hilang
    Jadi ga nyaman juga kalau tiba tiba di blokir sewaktu waktu

  • Dulu gojek/gopay saya ada isinya pas di Semarang.. pas pindah ke Sulawesi dan ada gojek di Sulawesi.. saya instal kembali gojek .. disuruh bikin akun baru lagi, sue bener .. pindah kota saldo hilang semua

  • Registrasi merchant QRIS aja bro. Lebih aman dan bisa menerima pembayaran dari aplikasi pembayaran manapun. Saat ini semua transaksi pembayaran akan dipusatkan melalui QRIS. Sebagai contoh QR BCA (yang sebelumnya bnyk digunakan oleh pengguna untuk menerima pembayaran) telah ditutup pada bulan November 2022 sebagai upaya mendukung pembayaran non-tunai melalui QRIS.

  • Menjengkelkan..seolah olah kita adalah penjahat.tapi bisa kok d buka lagi.yg pnting sabar..kirim pengaduan via email.sertakan screenshot transaksi terakhir ama tanggal brapa tahu klo akun kita d blokir..sy dl jg kblokir dan solusinya itu..kalau telpon k CS yg ada malah stress sndiri..cs malah seolah olah d jadikan tumbal ocehan dan umpatan customer karna kterbatasan wewenang dia ..yg sabar ya..silahkan d coba??