Persetujuan Kartu Kredit BNI Dibatalkan Sepihak, dengan Alasan yang Dirahasiakan

Pada tanggal 1 November 2022, saya mengajukan aplikasi kartu kredit BNI melalui marketing. Pada akhirnya, setelah proses selama kurang lebih 2 minggu, pada tanggal 13 November 2022 saya mendapat email e-statement BNI. Yang menandakan aplikasi saya disetujui dengan nomor kartu kredit yang tertera di e-statement yaitu: 4512-49**-****-4858. Saya juga sudah kroscek ke marketing yang membantu saya dan benar berdasarkan report beliau, aplikasi saya dikonfirmasi telah disetujui.

Seharusnya setelah persetujuan ini, kartu masuk ke dalam tahap pengiriman. Namun karena sampai tanggal 21 November 2022 belum ada tanda-tanda pengiriman, saya berinisiatif menelepon customer service BNI di 1500046, untuk menanyakan status pengiriman kartu kredit BNI tersebut.

Setelah diinvestigasi, ternyata berdasarkan penjelasan customer service tersebut, persetujuan kartu saya dibatalkan sepihak oleh Bank BNI. Investigasi menyebutkan bahwa setelah e-statement saya muncul, kartu yang telah disetujui tersebut masuk ke bagian audit collection serta risk management Bank BNI untuk dibatalkan persetujuannya serta pengiriman kartunya.

Karena saya ingin tahu lebih dalam kenapa bisa terjadi pembatalan itu, saya menanyakan alasannya. Namun customer service tidak ada kuasa untuk mengetahui alasan pembatalan itu juga karena masalah confidential.

Singkat cerita, pada tahun 2020 saya juga pernah disetujui dari aplikasi kartu kredit BNI, dan kartu juga sudah saya terima langsung. Namun pada waktu itu karena saya merasa limit yang diberikan mengecewakan, akhirnya H+1 setelah saya terima kartu tersebut, saya langsung melakukan proses penutupan ke bagian customer service Bank BNI di 1500046. Setelah kurang lebih proses selama 5 hari kerja, kartu kredit tersebut berhasil ditutup.

Pada akhirnya, saya bercerita ke marketing yang membantu saya terkait persoalan ini. Beliau mempunyai prediksi kenapa persetujuan kartu kredit Bank BNI saya tersebut dibatalkan sepihak, yaitu karena kemungkinan ada masalah tunggakan iuran tahunan dari kartu kredit BNI, yang pernah langsung diajukan untuk ditutup setelah H+1 saya terima pada tahun 2020 tersebut. Sebenarnya saya sulit untuk yakin bahwa itu adalah inti masalahnya, karena masih sebatas prediksi. Namun jika memang benar, maka saya berniat baik untuk menyelesaikan masalah tunggakan tersebut.

Maka atas dasar penjelasan saya di atas, saya meminta bagian Collection/Risk Management Bank BNI menghubungi saya untuk menjelaskan apa yang terjadi sebenarnya di belakang, sehingga kartu kredit BNI saya bisa dibatalkan persetujuannya, dan menjelaskan apa yang harus saya lakukan ke depannya.

Terima kasih.

Imam Kriswanto
Tangerang Selatan, Banten

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan

19 komentar untuk “Persetujuan Kartu Kredit BNI Dibatalkan Sepihak, dengan Alasan yang Dirahasiakan

  • 27 November 2022 - (09:41 WIB)
    Permalink

    sudah punya kartu kredit bank lain juga? apakah ada tunggakan atau pemakaian nya berapa % tiap bulan dari limit? BNI memang sering kasus begini, sudah disetujui tapi mentok dan dibatalkan oleh bagian risk management. biasanya berdasarkan history dan data keuangan terkini nasabah, seperti pemakaian kartu kredit lainnya yang dimiliki terlalu besar atau tunggakan dll ..

    3
    1
  • 27 November 2022 - (10:24 WIB)
    Permalink

    Loo brp% pembayaran d CC lainnya berpengaruh juga t dg pengajuan CC d Bank lainnya, kalo pembayarannya lancar meskipun MP apa tetap diperhitungkan juga..

    1
    1
    • 27 November 2022 - (10:41 WIB)
      Permalink

      ada pengaruhnya, jika pemakaian tinggi bisa dianggap gestun, bisa juga dianggap riskan karena potensi gagal bayar lebih besar

      3
      1
  • 27 November 2022 - (10:55 WIB)
    Permalink

    Kartu kredit ditolak aja baper, bank laen masih banyak. Kalo kpr ditolak baru tuh baper, kan dah keluar duit, apply kartu kredit ngga pake duit aja ngapain masukin ke ati, wkwwkwk

    6
    5
  • 27 November 2022 - (12:31 WIB)
    Permalink

    Harusnya TS bersyukur dan lebih tenang hidup tanpa kartu kredit, knp sepertinya ngebet bget Sama Kartu kredit dan limitnya lngsung minta besar Lagi..

  • 27 November 2022 - (13:14 WIB)
    Permalink

    Dulu pengajuan KK anda di BNI sudah pernah approved kemudian Anda tutup karena Anda tidak puas dengan limitnya. Kemungkinan Bank penerbit tidak mau terulang kedua kali kasus yang sama sehingga persetujuan KK anda dibatalkan.

    Track record di Bank sangat berpengaruh terhadap pengajuan KK atau fasilitas kredit di Bank. Apalagi jika ada utang di Bank lain yang macet, tentu akan sulit untuk mendapatkan persetujuan fasilitas utang baru.

    Pembatalan KK bukan sesuatu hal yang penting dan perlu di ekspos di media, itu kebijakan Bank. Jangankan KK, fasilitas kredit yang pakai jaminan saja bisa di tolak oleh Bank, jika track record calon nasabah tidak memenuhi persyaratan bank.

    • 27 November 2022 - (20:10 WIB)
      Permalink

      betul, kemungkinan karena dulu kartu tidak pernah dipakai langsung ditutup. makanya kalo mau tutup minimal dipakai dibayar dulu. BNI takutnua nanti ini kartu kredit sampai langsung ditut up lagi

      • 28 November 2022 - (08:50 WIB)
        Permalink

        Ngebet amat pengen punya hutang….
        Menolak / ACC adlh kebijakan bank
        Tak perlu lah masuk MK…
        Semoga yg punya hutang segera terselesaikan dgn bijak amin

      • 4 Desember 2022 - (09:32 WIB)
        Permalink

        Harusnya bersukur ditolak Krn
        1. BNI debt collectornya terkenal paling jahat dibanding bank lain
        2. Limit yg diberikan kecil , istilahnya kalo limit duit segitu doang mending ngutang aja Ama teman / sodara
        3. Hidup tanpa hutang trasa lebih nikmat

        Btw, cuma ditolak kartu kredit aja gak usah sedih apalagi dendam, ditolak cewek nah itu baru sedih, dendam, akhirnya ke dukun

  • 27 November 2022 - (17:13 WIB)
    Permalink

    anda saja dulu bisa nutup seenaknya kan setelah kartu sampai..

    kenapa bank harus ngasih alasan ke anda kalo mreka membatalkan ? itu kan juga hak mereka

    anda gak seberharga itu buat dikasih penjelasan. anda bisa seenaknya bank pun juga punya hak sama mutlak. seharusnya cuman seperti itu gak perlu tayang di medkon juga

  • 27 November 2022 - (22:22 WIB)
    Permalink

    Seharusnya anda merasa senang ditolak oleh BNI, karena kartu kredit itu manfaatnya cuma sedikit. Bunga tinggi dan selalu tergoda untuk berbelanja, karena tinggal gesek, padahal barang yang dibeli belum terlalu dibutuhkan. Telat bayar tagihan karena lupa langsung kena denda. Karena manfaatnya cuma sedikit, saya menutup kartu kredit BNI dan malah hidup saya jadi tenang karena saya tidak perlu lagi memikirkan tagihan setiap tanggal 6 setiap bulannya.

    • 28 November 2022 - (04:55 WIB)
      Permalink

      padahal kartu kredit itu gak kena bunga sama sekali lho. asal ngga bayar minimum atau gak telat.

    • 28 November 2022 - (07:45 WIB)
      Permalink

      Kalau limit gak sesuai ya jangan maen tutup aja, giliran pihak bank menolak mengirim untuk pengajuan kedua, anda ga terima ?
      Kalau limit tidak sesuai harapan ya dipake dulu, 6 bulan kemudian baru pengajuan naik limit, BNI silver itu minimal 6jt, kalau gold minimal 10jt, emang si bapak minta limit berapa? 50jt? ? Pengajuan KTA aja kalau gitu

  • 28 November 2022 - (09:29 WIB)
    Permalink

    dulu saya mengajukan CC BNI sampe 3 x, terakhir disetujui, limit 4 jt. lalu saya pakai, selalu jadi limitnya naik trus sampe limit maksimal, sekarang sudah saya tutup, mengingat ekonomi sudah membaik dan tidak membutuhkan lagi…gpp slow aja, coba lagi atau bank lain

 Apa Komentar Anda mengenai Kartu Kredit Bank BNI?

Ada 19 komentar sampai saat ini..

Persetujuan Kartu Kredit BNI Dibatalkan Sepihak, dengan Alasan yang Di…

oleh Imam dibaca dalam: 1 menit
19