Surat Pembaca

Seller Penipu di Shopee

Saya memesan barang berupa Panci Presto di Shopee, pada tanggal 12 Desember 2022, melalui akun seller: https://shopee.co.id/serbagunastore01, dengan nomor pesanan #221212FC6G1CDV. Namun barang yang diterima beda/tidak sesuai, hanya berupa bros, padahal sesuai deskripsi seharusnya barang adalah panci presto.

Saya tidak mempermasalahkan nominal, tapi dilihat dari reviews penjual/toko hal ini sudah sering terjadi. Hal yang menjadi perhatian saya adalah mengapa Shopee sebagai marketplace yang aman menjadi tempat untuk ajang penipuan pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab?

Jujur, harga barang tidak seberapa, tapi sudah berapa banyak pembeli lain yang tertipu selain saya. Mengapa Shopee tetap membiarkan hal ini terjadi? Saya sudah laporkan, tapi tidak ada tindakan Shopee lebih lanjut dan berkesan membiarkan, sehingga menjadikan Shopee sarang bagi seller penipu untuk terus melakukan aksinya.

Apa tidak ada punishment dari Shopee untuk menindak oknum terkait dan mungkin masih banyak toko serupa lainnya?

Afriana Dyah Ratnapuri
Jakarta Timur

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Bagikan

Belum Ada Tanggapan Atas Surat Pembaca Ini

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pihak yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Komentar

  • @shopee tolong dong seller macam gini dilarang jualan di platformnya bukan hanya makan satu korban aja

  • Logic pleaseee.. mana ada panci presto harga segituuuu.. jangan maunya barang wah tapi harga recehan.. ada harga ada kualitas emaaaaak! Makanya, pakelah pikirannya, coba ditanya dalam hati, bener ga sih, apa iya sih, so, seperti yg gw bilang.. logic pleaseee..!

    Teliti lagi sebelom membeli, rating toko, review, judul / deskripsi barang.. cari toko yg recommended, cari referensi.. dan balik lagi.. logic please.. mana ada barang wah harga receh emaaaak..

  • coba laporkan iklan produk dan tokonya sebagai spam dan penipu, mungkin shopee kedepannnya bikin sistem untuk iklan yang dpt review serendah itu auto disuspend

    inget review adalah mekanisme terakhir sebagai referensi calon pembeli dalam menyaring iklan dari penjual penipu

    ini masih gampang harusnya reviewnya rendah banget, beda lagi dengan yg tanpa review (saya pribadi pernah kejadian, untung ditoko hijau komplain saya disetujui untuk refund full dan pengembalian barang) atau sblmnya dispam review bagus

    • selain jg harus waspada soal kemasukakalan harga barang

      banyak dishoper barang yang harus puluhan juta dijadiin 1 juta bilangnya cuci gudang, dengan gambar bukan real product hanya copy paste dari penjual resmi yang emang harga barangnya puluhan juta (mesin 3d printer)

      • harga panci presto segitu ya ga msuk akal, jauh bgt dri harga pasar..hadeuhh..klau dpt bneran jg pling panci yg trbuat dri plastik..wkwkwk

  • Yg begini biasa nya misteri box maka nya sebelum buat pesan baca dulu deskripsi dulu jgn asal pesen

    • Pembeli online kan rata rata bawah semua banyakan utk shopee. Jd sebaiknya dihapus sihsifat misteribox Dan giveaway itu dilaranf di Indonesia sifatnya Judi. Ada uu nya

  • Itu giveaway berbayar..
    Coba lagi aja beli yg serupa kali aja beruntung,,
    D shopee, Lazada, Bukalapak dll banyak kok..
    Ada yg kasih nama giveaway, ada yg kasih nama asli barangnya, tp d diskripsi terselip giveaway atau misteri box...

    • Setelah dilihat2 model jualan misteri boks seperti ini memang direstui oleh banyak marketplace. Sebagai marketing gimmick atau clickbait menurut saya sah2 aja selama tidak ada unsur penipuan / menjerumuskan. Yg susah dijustifikasi itu apakah barang yg diterima akan selalu sesuai dengan harga yg dibayar.

      Ada bagian2 yg memang harus diawasi / ditertibkan misalnya judul, foto, deskripsi produk; jenis barang, batasan harga. Ini kerjaan buat marketplace sebetulnya. Kalo mau dibiarin ya terserah tapi kalo ada yg komplain ya diterima aja, jangan di-bully.

    • Shopee, Lazada, bukalapak haha ya mereka ini marketplace paling wkwk .. target market mereka kalangan bawah to buat misteri box yg Sifat my Judi Dan berharap utk dapet. Ini dilarang uu. Mereka bertiga marketplace aja melegalkan yg dilarang uu.

  • Terbukti setelah masuk ke Media Konsumen toko tersebut sudah kena moderasi. Sangat disayangkan ada komentar yang menyudutkan penulis. Padahal tujuan penulis baik. Tapi ya sudahlah kemungkinan memang buzzer yang dibuat untuk meramaikan.

    • Ane suka nih koment, emang udh mendarah daging netizen +62 klo ngeliat orang suse paling cepet ngehujat..?, dibalik ini emang murni kesalahan TS ngebeli barang yg harganye gak ngotak same yg dijual, padahal bisa jd pembelajaran bwt marketplace2 bwt ngilangin atau disortir nih penjual2 anj*ng kyk begini.. ?

      • Biasa lahh.... negara kita susah buat maju karena suka saling menyalahkan, menyudutkan dan membully satu sama lain. Sudah mendarah daging.

  • Dear TS@ Aduuh... Budayakan "??????? ?????? ??????? ???????" Karna Review dari Buyer Lebih "REAL" di banding keterangan di "Deskripsi produk"
    Terus dari harganya saja sudah gak masuk akal kenapa gak curiga dari awal sebelum beli ?
    Banyak Loh kek gitu. ????? ???????? ???????? ?????????? MERAJARELA di sopi
    Dari Drone, HP, EMAS, BarHal(BarangMahal) DLL
    Sengaja di kasi lengkap deskripsi nya kasi Keterangan "CUCI GUDANG" Padahal penipuan berkedok Misteri BOX
    Lapor aja pembaca yg lain bisa lebih teliti dari musibah ini